Insight

Praktis, Ini 3 Keunggulan Genset Portable & Cara Menggunakannya!

genset portable

Keunggulan genset portable, indotrading.com — Saat ini, genset menjadi salah satu alat yang diandalkan banyak orang untuk menanggulangi pemadaman listrik mendadak oleh PLN. Genset mempunyai bermacam-macam tipe dan model. Namun, salah satu yang populer di masyarakat adalah genset portable. 

Sesuai namanya, keunggulan genset portable berukuran ringkas, praktis, dan mudah dibawa. Sekalipun berukuran compact, namun dari segi tenaga, jenis genset yang satu ini sangat efektif untuk menunjang kebutuhan listrik cadangan bagi usaha kecil dan rumah tangga. Selain itu, genset ini juga sangat membantu Anda ketika Anda sedang melakukan aktivitas outdoor seperti berkemah atau hiking. Sebelum membeli merk genset portable terbaik pilihan Anda, mari simak terlebih dahulu keunggulan dan cara menggunakannya berikut ini, yuk!

Apa Itu Genset Portable?

Genset Portable umumnya berukuran kecil dan ringkas sehingga dari segi bobot sangatlah ringan dan mudah untuk dipindahkan. Karena ukurannyapun terbilang lebih kecil daripada genset konvensional, genset portable juga kerap disebut dengan genset mini. Genset mini didesain agar mudah digunakan untuk berbagai keperluan acara di dalam maupun luar ruangan. 

Beberapa genset mini tersedia untuk menyuplai listrik dengan kapasitas kecil sampai kapasitas sedang. Jika Anda sedang mengadakan event-event tertentu dan membutuhkan backup listrik, maka genset jenis ini sangat cocok sebagai sumber daya  alternatif.

Baca juga: 7 Merk Genset Andalan untuk Mengatasi Listrik Padam pada Bisnis Industri dan Rumah Tangga

Keunggulan Genset Portable

genset portable

Genset portable yang modern umumnya menerapkan teknologi generator inverter terbaru untuk menghasilkan listrik. Dengan begitu, Anda akan memperoleh kemudahan dan kenyamanan ketika menggunakannya baik di rumah, kantor, atau  tempat lain. Generator inverter sendiri merupakan energi listrik portable yang memiliki desain ringan, praktis, hemat bahan bakar, rendah emisi, serta powerful. Berikut adalah sejumlah keunggulan genset mini yang perlu Anda ketahui.

1. Ringan dan Praktis

genset portable

 

Genset mini sangat unggul dari segi ukuran. Pasalnya, bobotnya 25% hingga 50% lebih ringan daripada genset model konvensional. Desain tersebut dapat Anda lihat sendiri dari penempatan alternator yang menyatu dengan unit generator sehingga membuat generator portable menjadi lebih ringan dan berukuran lebih kecil ketimbang model mesin genset lainnya. 

2. Memiliki Kualitas Listrik yang Bagus

Keunggulan dari genset ini juga memiliki distorsi daya listrik yang kurang dari 2,5%. Dilengkapi microchip untuk mengontrol pengontrol gelombang (inverter). Inilah sebabnya, mengapa genset yang satu ini dapat menghasilkan kualitas listrik yang setara atau lebih baik dibandingkan daya listrik di rumah Anda sebelumnya.  Selain itu, lonjakan daya genset portable sangat kecil sehingga lebih aman saat digunakan.

3. Hemat Bahan Bakar

Genset jenis ini bisa menghemat penggunaan bahan bakar hingga 20% dengan pemakaian beban listrik ringan sampai medium. Kemampuan ini disebabkan adanya teknologi eco-throttle. Yaitu, suatu teknologi yang dapat menyesuaikan bahan bakar dengan level kerja mesin, termasuk tegangan listrik pada beban awal. Jadi, bahan bakar genset akan menjadi lebih efisien dengan tingkat waktu kinerja yang lebih lama.

Itulah beberapa keunggulan genset protable yang bisa Anda jadikan referensi. Dengan keunggulan tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan lagi dengan memilih genset portable. Perlu diingat bahwa di Indotrading saat ini jual genset dengan berbagai tipe dan merek.

Cara Menggunakan Genset Portable

Untuk menggunakan genset ini, Anda bisa mengikuti tahap-tahap penggunaannya berikut ini: 

  • Baca buku manual produsen sebelum menggunakan genset.
  • Ikuti semua instruksi di buku manual.
  • Baca dan ikuti instruksi keselamatan.
  • Baca dan ikuti petunjuk sebelum menggunakan genset.
  • Gunakan di tempat outdoor (terbuka) atau di area yang berventilasi cukup baik.
  • Bersihkan puing atau runtuhan di dekatnya.
  • Gunakan kabel daya yang benar.
  • Matikan sebelum mengisi bahan bakar atau memperbaiki.
  • Simpan genset setelah digunakan pada tempat yang kering, dan pastikan Anda telah memisahkan dengan kabelnya.
  • Lakukan perawatan secara teratur, seperti membersihkan debu pada body genset.

Baca juga: 10 Exhaust Fan Terbaik yang Bisa Hadirkan Udara Bersih dan Segar untuk Hunian Anda

Tidak terlalu sulit bukan, cara menggunakan genset jenis ini? Jika Anda membutuhkan genset yang satu ini untuk kebutuhan usaha rumahan atau keperluan lainnya, segera klik website Indotrading.com untuk mendapatkan supplier genset portable terbaik yang bisa Anda pilih!

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=Ags3j6YmOuc” lightbox=0 lightboxsize=1 lightboxwidth=960 lightboxheight=540 autoopen=0 autoopendelay=0 autoclose=0 lightboxtitle=”” lightboxgroup=”” lightboxshownavigation=0 showimage=”” lightboxoptions=”” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 autoplay=0 loop=0 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://news.indotrading.com/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

 

To Top