Insight

Permudah Pekerjaan Anda Dengan Menggunakan Power Tools yang Sesuai Berikut Ini!

power tools adalah

Saat melakukan pekerjaan pada bidang bengkel otomotif, perlu adanya peralatan kerja yang dapat mempermudah pekerjaan yang sulit dikerjakan secara konvensional. Peralatan kerja yang dapat mempermudah pekerjaan tersebut adalah Power tools.

Power tools merupakan peralatan kerja yang dapat meringankan beban kerja manusia, umumnya power tools terdiri dari peralatan yang digunakan secara hand tools dengan diberi sistem tenaga sehingga dalam penggunaannya manusia hanya mengoperasikan alat tersebut melalui tombol.

Jenis peralatan power tools pun beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas jenis jenis power tools yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Sebelum membahas lebih lanjut. Anda dapat menemukan berbagai pilihan power tools terbaik dengan kualitas dan harga yang sesuai di Indotrading!

Power Tools Adalah 

Power tools merupakan jenis alat yang dapat membantu pekerjaan manusia  yang sumber penggeraknya  diperoleh dari energi listrik maupun tenaga dari udara bertekanan (pneumatik). Penggunaan peralatan bertenaga (power tools) pada proses pekerjaan di bengkel otomotif sangat bermanfaat dalam hubungannya mempercepat proses kerja, lebih efisien dalam penggunaan waktu dan tenaga manusia.

Menggunakan power tools sesuai dengan jenis pekerjaannya sangat mempermudah pekerjaan. Sebagai contoh pada pekerjaan di bengkel otomotif umum dijumpai pekerjaan yang berhubungan dengan pembentukan dan pemotongan logam. Untuk pekerjaan semacam ini dapat dengan mudah dilakukan apabila menggunakan power tools dibandingkan dengan hand tools.

Jenis Jenis Power Tools

Untuk memudahkan Anda dalam mengetahui jenis jenis dari power tools, berikut adalah jenis jenisnya:

1. Mesin Bor Tangan

power tools adalah

Mesin Bor Tangan merupakan jenis power tools yang digunakan untuk membuat lubang pada permukaan tembok, kayu, ataupun plat logam.

Jenis power tools yang satu ini digunakan dengan sumber tenaga yang berasal dari arus listrik (bisa arus listrik bolak balik AC maupun arus listrik yang diperoleh dari baterai).Mesin bor tangan sendiri merupakan jenis dari bor listrik yang memiliki kapasitas diameter pengeboran yang cukup terbatas.

Jika Anda membutuhkan mesin bor tangan berkualitas, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

2. Mesin Gerinda Tangan

power tools adalah

Gerinda tangan merupakan jenis power tools yang berfungsi untuk memotong atau menggerus yang bertujuan untuk mengikis dan menghaluskan bagian-bagian pada logam dan besi. Gerinda tangan juga dapat digunakan untuk membersihkan bekas-bekas sambungan las yang masih kotor dan belum rapi. Power tools ini umum digunakan untuk keperluan bengkel mobil, motor, dan bengkel las. 

Jika Anda membutuhkan mesin gerinda tangan berkualitas, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

3. Mesin Gerinda Duduk

power tools adalah

Mesin gerinda duduk merupakan jenis power tool yang berfungsi untuk melakukan pemotongan pada benda kerja. Cara kerja dari gurindam ini adalah dengan membuat kontak antara mata gerinda yang berputar dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan sampai akhirnya benda kerja terpotong. Pada proses penggunaannya ketika mata gerinda yang berputar kontak dengan metal akan keluar percikan bunga api karena tingkat friksi (gesekan yang tinggi). Untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja saat menggunakan gerinda potong, anda sebaiknya memakai alat pelindung diri.

Mesin gerinda duduk sendiri didesain untuk dapat menghasilkan kecepatan sekitar 11000 – 15000 rpm. Dengan kecepatan tersebut dapat menggerus permukaan logam sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Jika Anda membutuhkan mesin gerinda tangan berkualitas untuk kebutuhan power tools, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

4. Kompresor Angin

power tools adalah

Kompresor angin adalah jenis power tools yang digunakan untuk memberikan tekanan udara atau gas. Umumnya Kompresor akan memberikan suplai udara bertekanan pada alat alat yang bekerja menggunakan tekanan udara seperti, air gun dan air impact.

Kompresor berguna untuk menjaga tekanan udara tetap konstan. Kompresor memiliki regulator tekanan udara otomatis yang memungkinkan untuk menghentikan kerja dari kompresor jika tekanan udara maksimum dalam tabung kompresor telah tercapai.

Jika Anda membutuhkan kompresor angin berkualitas untuk kebutuhan power tools , Anda dapat menemukannya di Indotrading!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kompresor Listrik Terbaik yang Bisa Dibeli

5. Spray Gun

power tools adalah

Spray gun merupakan power tools yang bekerja dengan memanfaatkan udara bertekanan (pneumatik). Power tools yang satu ini berfungsi untuk mengatomisasi cat pada suatu permukaan yang menggunakan udara bertekanan.

Hasil akhir dari pengecatan dengan spray gun akan lebih sempurna daripada dengan pengecatan secara konvensional. Metode penyemprotan menggunakan spray gun jauh lebih cepat dari pada aplikasi dengan metode penguasan menggunakan kuas maupun metode pengolesan menggunakan kain kaos.

Jika Anda membutuhkan spray gun berkualitas untuk kebutuhan power tools , Anda dapat menemukannya di Indotrading!

6. Heat Gun

power tools adalah

Heat gun merupakan power tools yang bekerja dengan memancarkan hawa ataupun udara panas. Fungsi dari heat gun sendiri adalah untuk seperti membengkokkan besi, melepaskan sticker dinding, merekatkan lem, melepaskan cat, serta melepas baut yang berkarat.

Jika Anda membutuhkan Heat gun berkualitas untuk kebutuhan power tools, Anda dapat menemukannya di Indotrading!

Baca Juga: Simak Cara Menggunakan Bearing Heater yang Aman untuk Mesin Anda!

7. Air Sander

Air sander merupakan jenis power tools yang digunakan untuk meratakan bidang datar.  Jenis power tools yang satu ini digunakan untuk mempermudah dalam meratakan permukaan yang ingin dicat. Air sander bekerja menggunakan tenaga dari udara bertekanan (pneumatik). Alat ini sangat umum digunakan pada produksi perbaikan body.

Itulah pembahasan mengenai macam macam power tools yang perlu diketahui guna mempermudah pekerjaan. Agar power tools yang Anda miliki dapat tertata rapi, Anda dapat menyimpannya pada kotak perkakas.

Jika Sudah menemukan power tools yang sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan, Anda bisa mendapatkan berbagai power tools dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top