Insight

Begini Perbedaan Purchasing dan Procurement Menurut Para Ahli

perbedaan puchasing dan procurement

Ketika berbisnis, Anda harus mengetahui perbedaan purchasing dan procurement menurut para ahli untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana proses operasional bisnis Anda ke depannya.

Purchasing dan procurement adalah dua hal yang saling terkait dalam bisnis namun sebenarnya dua kegiatan ini berbeda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memulai dengan memahami kedua proses bisnis ini.

Pengertian Purchasing Menurut Para Ahli

perbedaan purchasing dan procurement 1

Menurut beberapa ahli, purchasing adalah:

 Welee (2010)

Menurut Weelee purchasing adalah procurement yang mengacu pada barang atau jasa apa pun. Purchasing mencakup aktivitas seperti memesan, mempercepat, menerima barang, dan pembayaran ke pemasok.

Christopher & Schooner (2007)

Purchasing adalah konsep yang lebih luas, dan mencakup procurement sebagai bagiannya. Purchasing lebih komprehensif dan biasanya mencakup segala sesuatu mulai dari memilih pemasok atau vendor hingga negosiasi kontrak.

Semua jasa atau barang yang digunakan oleh firma atau perusahaan harus diadakan. Procurement hanyalah satu bagian dari keseluruhan proses purchasing dan proses ini akan melibatkan pembayaran kepada perusahaan lain atau perusahaan untuk jasa atau barang.

Tetapi di sisi lain, purchasing adalah keseluruhan sistem bagaimana Anda mendapatkan barang atau jasa itu, dan juga bisa melibatkan tindakan seperti menyewakan atau menukar barang.

Purchasing dimulai ketika salah satu karyawan memiliki kebutuhan (yang merupakan identifikasi persyaratan), hingga saat kebutuhan terpenuhi. Purchasing bisa melibatkan banyak negosiasi antara Anda dan pemasok.

Purchasing juga dapat mengarah pada perjanjian kontrak jangka panjang atau kesepakatan procurement. Pada akhirnya, procurement adalah membeli suatu produk sedangkan purchasing juga mencakup semua aktivitas yang terkait dengan perolehan produk ini.  Proses purchasing utama meliputi:

  • Negosiasi harga
  • Penempatan pesanan
  • Konfirmasi pembelian
  • Penjadwalan tanggal pengiriman
  • Pemberitahuan pengiriman
  • Faktur
  • Pembayaran vendor
  • Menerima barang

Nah, karena detail yang paling kompleks telah diselesaikan pada saat Anda mencapai tahap purchasing, penting untuk menyusun proses purchasing dalam kerangka kerja yang sederhana, dan dipikirkan dengan matang. Tidak seperti procurement, proses purchasing tidak boleh asal disesuaikan karena situasi selalu berfluktuasi dan Anda harus tetap mengikuti standar yang berlaku.

Baca juga : 5 Aplikasi Online Shop Bikin Level Bisnismu Naik

Pengertian Procurement Menurut Para Ahli

perbedaan purchasing dan procurement 2

Menurut beberapa ahli, procurement adalah :

Budiharjo Hardjowijono (2008)

Procurement adalah transaksi sederhana, ketika perusahaan membayar dan menerima barang atau jasa. Procurement dapat dianggap sebagai bagian dari purchasing.

Turban (2010)

Procurement pada dasarnya adalah istilah umum mengenai berbagai proses yang dilakukan untuk memperoleh barang dan jasa penting. Procurement adalah procurement yang melibatkan berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan purchasing.

Procurement juga sangat terkait dengan banyak aspek penting dari bisnis, seperti identitas merek, tujuan jangka panjang, dan wawasan pasar.

Strategi procurement yang sukses sangat penting untuk menetapkan keuntungan jangka panjang, serta kerjasama yang sukses dengan pemasok dan vendor. Beberapa proses procurement utama meliputi:

  • Mengidentifikasi supplier potensial
  • Menyaring persyaratan perusahaan menjadi spesifikasi eksplisit yang dapat dengan mudah dipahami oleh pemasok
  • Riset pasar
  • Menerima dan menilai kutipan dan prospek
  • Pengembangan dan manajemen kontrak
  • Manajemen hubungan pemasok

Baik mengidentifikasi kebutuhan bisnis internal, memilih vendor, menegosiasikan kontrak, atau memantau pasokan pasar, strategi procurement yang berhasil memungkinkan perusahaan untuk menjaga tujuan bisnis dan filosofinya secara keseluruhan.

Perbedaan Purchasing dan Procurement Menurut Para Ahli

perbedaan purchasing dan procurement 3

Purchasing vs Procurement adalah pilihan populer di pasar bisnis. Berikut adalah Perbedaan utama antara purchasing vs procurement

Definisi

Perbedaan utama antara keduanya terletak pada istilah. Procurement, seperti yang dinyatakan sebelumnya, adalah istilah yang lebih luas mencakup perancangan, pemrosesan, procurement, negosiasi, dan penetapan standar.

Sementara purchasing adalah istilah yang sederhana dan ringkas mencakup penyediaan uang untuk produk atau barang. Dapat disimpulkan bahwa purchasing merupakan salah satu aspek procurement.

Istilah

Perbedaan utama lainnya antara purchasing vs procurement adalah, bahwa purchasing dianggap lebih kasual dan informal. Procurement di sisi lain akan dianggap sebagai istilah bisnis yang lebih formal.

Proses

Purchasing merupakan jenis proses yang dilakukan setiap hari. Orang akan membeli barang yang diinginkan, apakah barang itu murah atau kecil dan mahal atau besar. Namun, sebaliknya, istilah procurement akan lebih banyak digunakan di perusahaan atau diucapkan dalam bisnis.

Membeli adalah suatu tindakan dan merupakan kata kerja sedangkan procurement adalah kata benda yang sebaliknya.

Perbandingan Purchasing vs Procurement

Di bawah ini adalah 5 perbandingan teratas antara Purchasing vs Procurement:

Definisi

  • Purchasing adalah istilah sederhana dan ringkas yang mencakup penyediaan uang untuk suatu produk atau barang.
  • Procurement mencakup strategi manajemen rantai pasokan ujung ke ujung yang mencakup negosiasi kontrak, dan memperoleh layanan atau bekerja dari sumber eksternal, barang, bahan mentah.Proses procurement akan ditindaklanjuti untuk memastikan kontrak dipenuhi sesuai dengan ketentuan.Sasaran atau tujuan procurement adalah pengendalian pengeluaran, penghematan biaya, dan efisiensi alur kerja.

Konteks

  • Istilah yang sederhana dan ringkas mencakup pemberian uang untuk suatu produk atau barang, seperti yang dinyatakan sebelumnya.
  • Istilah yang lebih luas seperti merancang, memproses, mencari sumber, bernegosiasi, dan memperbaiki standar.

Faktor dan Aspek

  • Istilah purchasing umumnya akan mencakup pembelian barang atau objek.
  • Procurement secara umum akan memasukkan aspek pengembangan spesifikasi, administrasi kontrak, riset pasar pemasok, pemasaran, negosiasi, analisis nilai, aktivitas purchasing, dan pengendalian persediaan, penerimaan, dan toko.

Cakupan

  • Purchasing adalah bagian dari proses procurement.
  • Procurement mencakup istilah purchasing sebagai bagian dari prosesnya, sebagaimana dijelaskan di atas.

Proses

  • Berada di bawah kategori procurement, proses purchasing secara umum adalah melakukan pembelian barang dan jasa. Proses ini seringkali merupakan langkah terakhir dalam proses pengadaan yang menyeluruh, puncak dari pengambilan keputusan yang kompleks dan analisis yang telah diselesaikan selama operasi pengadaan lainnya.
  • Dalam keseluruhan proses rantai pasokan, fungsi procurement berhenti setelah perusahaan memiliki barang. Agar bisnis dapat memperoleh keuntungan, biaya procurement barang harus kurang dari jumlah yang dapat Anda jual untuk barang tersebut, dikurangi biaya apapun yang terkait dengan pemrosesan dan penjualannya.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Bisnis yang Mudah

Nah, karena purchasing adalah sejenis proses dalam proses procurement yang menyeluruh, baik istilah purchasing vs procurement biasanya digunakan secara bergantian. Dalam dunia bisnis, praktik penggunaan terminologi ini hamper sama, namun, seringkali membingungkan, dan harus dihindari.

Procurement akan berurusan dengan negosiasi, aktivitas pencarian sumber, pemilihan layanan strategis, dan barang yang biasanya lebih penting bagi suatu kepemilikan. Purchasing adalah proses bagaimana jasa dan barang akan dipesan.

Sementara strategi procurement umumnya akan berusaha untuk merampingkan operasi tersebut dengan mendefinisikan setiap aspek manajemen rantai pasokan dan menetapkan protokol untuk daftar permintaan purchasing, proses persetujuan, pengeluaran otomatis, dan opsi pengiriman.

Sudah tahu ya mengenai perbedaan purchasing dan procurement menurut para ahli? Nah, buat Anda yang mempunyai bisnis, cobalah untuk melakukan pembelian dan pengadaan di Indo Trading. Startup business to business (B2B) ternama di Indonesia ini telah bekerjasama dengan banyak sekali perusahaan dalam melakukan purchasing dan procurement. Segera hubungi kami Indo Trading untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

To Top