Economy and Business

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Hore sudah gajian! Siapa sih yang tak menanti hari dimana gaji bulanan mengisi kocek rekening? Bisa dibilang, gajian merupakan momen yang ditunggu banyak karyawan setelah bekerja selama sebulan penuh. Nah berbicara soal gajian, tak bisa dipungkiri bahwa saat ini masih banyak orang yang belum bisa mengatur keuangan dan terus menerus merasa kalau gaji bulanan hanya numpang lewat saja, atau bahkan tak cukup hingga akhir bulan. Jika begitu, maka tentunya memang ada yang salah dengan pola pengaturan gaji bulananmu. Lalu, bagaimana sih cara menyiasatinya agar gaji bulanan tak hanya sekedar numpang lewat? Saatnya kamu belajar untuk menata kembali pemasukan dan pengeluaran keuanganmu dengan 10 tips mengatur gaji yang ampuh di bawah ini. Yuk simak informasinya!

Tips Mengatur Gaji Bulanan

1. Susun Anggaran Pengeluaran Bulanan

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Kesalahan pengelolaan yang acap kali dilakukan banyak orang adalah ketika tidak adanya rancangan anggaran pengeluaran yang jelas dan terkadang menghabiskan pengeluaran untuk hal-hal kecil tanpa dilakukan perhitungan. Padahal, belanja kecil-kecilan tersebut jika diakumulasikan jumlahnya akan menjadi besar dan cukup berimbas pada stabilitas keuangan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu untuk mencatat deretan kebutuhan atau pengeluaran rutin di setiap bulannya, seperti belanja kebutuhan pokok, belanja pakaian, belanja kebutuhan rumah tangga, transportasi yang biasanya dihabiskan, dan lain sebagainya. Jika sudah, saatnya kamu melakukan evaluasi rencana anggaran belanja, dengan memangkas hal-hal yang sebenernya tidak terlalu esensial.

2. Belanja Sesuai Kebutuhan

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Pernahkah kamu pergi ke supermarket dan tiba-tiba membawa belanjaan yang seabrek sampai tak tahu bagaimana cara membawanya? Padahal, barang-barang dan makanan yang kamu beli sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Nah, agar kamu terhindar dari ‘lapar mata’ atau perilaku konsumtif yang membabi buta, ada baiknya untuk kamu membuat daftar belanjaan yang akan kamu beli untuk kebutuhan bulanan, agar kamu punya tujuan yang jelas ketika pergi ke supermarket dan mengontrol nafsu belanjamu.

3. Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Setelah menyusun daftar kebutuhan apa saja yang perlu dibeli, saatnya kamu mempertimbangkan pengeluaran-pengeluaran bulanan lainnya, seperti membayar tagihan bulanan, mulai dari tagihan listrik, tagihan telepon, cicilan barang, cicilan kartu kredit, dan lain sebagainya. Membayar tagihan dengan tepat waktu bertujuan agar kamu tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-harimu serta dapat meminimalisasi bunga atau denda-denda lainnya jika membayar tagihan tidak tepat waktu. Dengan begitu, kamu bisa lebih matang lagi dalam menyusun anggaran bulananmu.

4. Buat Dua Rekening Bank

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Agar kamu bisa lebih mengatur keuangan bulanan dan gajimu, ada baiknya agar kamu memiliki dua rekening yang berbeda. Rekening yang pertama adalah rekening bank utama yang kamu gunakan untuk melakukan seluruh transaksi dan menerima gaji. Pilih rekening yang sesuai dengan payroll kantormu atau bank yang popular digunakan.

Rekening yang kedua bisa kamu gunakan untuk menabung dan investasi. Oleh karena itu, pilih rekening yang memiliki biaya administrasi yang rendah. Ada baiknya juga untuk kamu tidak mengaktifkan M-Banking untuk rekening bank satu ini agar kamu tida mudah tergiur untuk mengambil uang.

5. Alokasikan 20% Gaji untuk Tabungan

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Sebagai bentuk perencanaan, sebaiknya kamu mulai menyisihkan 20% gaji-mu untuk tabungan. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan kondisi keuangan yang sehat dan manajemen keuangan yang lebih baik. Selain itu, dengan memiliki tabungan, kamu bisa merencanakan masa depan lebih baik lagi dan memiliki dana yang siap sedia jika ada kondisi darurat.

6. Jangan lupa untuk berinvestasi

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Hal lainnya yang juga cukup penting untuk kamu perhatikan adalah investasi. Jika kamu memiliki kelebihan atau sisa dari gaji bulananmu, ada baiknya untuk menggunakan dana tersebut untuk berinvestasi, seperti membeli Reksa Dana, saham, atau bisa juga emas. Dengan begitu, uangmu akan diam di tempat dan akan sangat menguntungkan kamu di masa depan.

7. Gunakan Aplikasi Pengelola Keuangan

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Seiring dengan berkembanganya teknologi, saat ini sudah ada banyak aplikasi untuk smartphone yang bisa dengan mudah kamu gunakan untuk membantumu mencatat, mengelola, dan merencakan keuangan dengan lebih baik lagi. Fitur yang dihadirkan pun beragam, seperti adanya fitur untuk memudahkan kamu untuk membedakan akun pengeluaran dan pemasukan, target tabungan, mengelompokkan berbagai pengeluaranmu, hingga fitur sinkronisasi Google Drive yang memudahkan kamu untuk dapat membuka aplikasi dengan menggunakan berbagai macam gawai dan berbagi catatan dengan keluarga.

8. Lebih Bijak Gunakan Kartu Kredit

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Kartu kredit memang merupakan fitur pembayaran yang sangat bermanfaat dan menawarkan banyak kemudahan, termasuk saat untuk mencicil barang. Namun, jangan sampai kamu terjerat kedalam hutang yang tak berujung ya! Kamu harus benar-benar bijak dalam menggunakan kartu kredit dan menghindari hal-hal yang akan membuatmu terlilit bunga yang besar, seperti menarik uang di ATM,tak tergiur tawaran merchant, membayar tagihan secara penuh, dan tentunya membatasi kepemilikan kartu kreditmu sebanyak satu atau dua buah saja.

9. Kurangi jajan yang berlebihan

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Edison Malaga, 436th Force Support Squadron Eagle Lanes Bowling Center Ice Cream Man, is riding the ice cream truck around base and housing all summer long selling a variety of 11 flavors of frozen desserts. (U.S Air Force photo/ Airman 1st Class Shen-Chia Chu)

Ibarat peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”, begitulah ungkapan yang tepat untuk poin yang satu ini. Mungkin kamu tidak menyadari betapa besarnya uang yang kamu habiskan untuk jajan-jajan kecil setiap hari bersama teman-teman. Misalnya saja, jika kamu membeli kopi ‘kekinian’ setiap hari kerja, berapa besar jumlah uang yang kamu gelontorkan selama sebulan. Lumayan banget kan sebenarnya kalau dialokasikan untuk tabungan?

10. Lakukan Perbandingan Setiap Bulannya

10 Tips Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Sekadar Lewat

Hal terakhir yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatur keuanganmu adalah dengan melakukan perbandingan antara anggaran yang kamu miliki dengan pengeluaran yang kamu keluarkan selama sebulan. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis perencanaan anggaran dan melakukan revisi jika dibutuhkan.

Baca juga: 10 Bisnis Kuliner dengan Target Pasar Kaum Millenial

Memiliki manajamen keuangan yang baik akan membiasakan diri kamu untuk selalu patuh terhadap alokasi anggaran yang sudah kamu buat. Dengan begitu, usaha dan kerja keras yang sudah kamu lakukan tidak hanya sekadar lewat begitu saja, tetapi bisa bermanfaat untuk masa depanmu. Yuk, ubah kebiasaan kamu dengan melakukan tips mengatur gaji di atas!

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top