Insight

Penting! Inilah Tips-Tips Memilih Oli Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Penting! Inilah Tips-Tips Memilih Oli Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Komponen dan mesin mobil memiliki fungsi yang sangat vital dan saling berkaitan. Salah satunya adalah oli mobil. Untuk memberikan fungsi yang maksimal, Anda perlu mencari oli mobil terbaik untuk mobil Anda. Oli mobil sendiri memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan. Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading news akan memberikan informasi mengenai apa saja fungsi dari oli untuk kendaran, serta bagaimana tips memilih oli mobil dengan kualitas yang bagus.

Namun, sebelumnya, Anda juga harus mengetahui tentang jenis-jenis oli mobil, dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis oli mobil dengan kualitas terbaik melalui supplier yang ada di Indotrading.

Baca juga: Bingung Kapan Harus Ganti Oli Mobil? Simak Fakta Berikut!

Apa Itu Oli Mobil?

Penting! Inilah Tips-Tips Memilih Oli Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Sebelum mengetahui fungsi oli mobil lebih mendalam, kiranya perlu kita ketahui apa itu pengertian dari oli mobil. Oli pada mesin mobil adalah minyak atau pelumas yang berbentuk cairan kental pada mesin yang berfungsi untuk merawat komponen-komponen yang ada dalam mesin serta dapat menambah usia pakai mesin untuk jangka waktu yang lebih lama.

Berdasarkan pengertian tersebut, oli mobil menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan pengendara atau pemilik mobil. Masih banyak orang yang lalai dalam mengganti oli mobil. Padahal, perawatan oli mobil secara berkala tentu menjadi hal yang sangat penting demi keberlangsungan mesin mobil yang lebih baik dan tahan lama.

Yuk Ketahui Fungsi-fungsi Oli Mobil!

Penting! Inilah Tips-Tips Memilih Oli Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Mengetahui fungsi dari oli mobil menjadi hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk menghindari keterlambatan penggantian oli dan perawatan mobil Anda juga maksimal. Oli mobil terbaik juga tidak bergantung pada suatu brand saja, tetapi tergantung bagaimana pemilik mobil merawatnya. Berikut ini adalah fungsi oli mobil yang perlu kita ketahui:

1. Mengurangi Gesekan

Fungsi dari oli mobil yang pertama yaitu mengurangi gesekan. Oli memang berfungsi melumasi berbagai komponen mesin mobil dengan sempurna untuk menciptakan gesekan yang lebih aman. Apabiila proses pelumasan pada mesin mobil  tidak berjalan dengan baik, maka akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah untuk mesin mobil yang lain.

2. Pendingin

Selanjutnya, oli berfungsi sebagai pendingin. Gesekan yang terjadi pada mesin mobil menyebabkan mesin juga akan menjadi cepat panas. Nah, oli mobil berfungsi untuk mendinginkan juga komponen mesin dengan cara bersirkuasi melalui setiap bagian juga mampu menyerap panas untuk dikeluarkan dari mesin.

3. Mencegah terjadinya karat

Gesekan yang terjadi pada mesin mobil juga panas yang menyertainya akan membuat komponen mobil cepat berkarat atau korosi. Oleh sebab itu oli mobil yang bekerja dengan pelumasan maksimal akan membuat permukaan komponen mobil terjaga dari karat.

4. Peredam

Fungsi oli mobil berikutnya adalah sebagai peredam. Beberapa komponen mesin mobil dapat mengalami gaya tekan yang cukup besar, seperti roda gigi, atau roda bearing. Tekanan yang ada pada komponen tersebut akan menyebabkan kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut, maka oli mobil memiliki peran yang baik karena mampu menyebarkan tekanan menjadi terserap secara otomatis.

5. Perapat

Oli juga berfungsi sebagai perapat. DI bagian silinder dan piston mobil memang diperlukan sifat kedap udara. Namun untuk mencegah kebocoran yang ada di bagian atas atau bawah piston, dibutuhkan penyekat dari oli mobil.

6. Pembersih

Selain sebagai pelumas, oli mobil juga berfungsi sebagai pembersih. Sirkulasi yang ada pada oli mobil akan membersihkan saluran untuk mencegah tersumbat oleh logam atau kotoran lain yang dapat masuk ke dalam mesin.

Tips-Tips Memilih Oli Mobil

Penting! Inilah Tips-Tips Memilih Oli Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Setelah mengetahui fungsi utama dari oli mobil. Anda juga perlu mengetahui tips memilih oli mobil terbaik untuk kendaraan Anda. Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Pilih Oli Mobil yang Tepat

Tips yang pertama adalah pilihlah oli berdasarkan ukuran kekentalan yang tepat. Sebab, kekentalan oli merupakan hal yang berpengaruh pada performa mobil. Umumnya, oli yang baik memiliki kekentalan yang stabil serta tahan terhadap suhu rendah atau tinggi.

2. Pilih Oli Mobil yang Bersertifikasi

Selanjutnya adalah pilih oli mobil berdasarkan sertifikasi agar terjaminn berdasarkan standar dan kualitasnya. Ada beberapa badan yang mengeluarkan sertfikasi pada oli mobil seperti API, ACEA, ILSAC, dan JASO.

3. Sesuaikan dengan Rekomendasi Pabrik

Umumnya, mobil memiliki buku panduan tersendiri untuk memilih oli mobil terbaik yang sesuai dengan kualifikasi mobil tersebut. Buku panduan mobil juga biasnya menjelaskan tentang pelumas pelumas yang cocok untuk kebutuhan mobil Anda.

Demikianlah bahasan mengenai fungsi-fungsi dari oli mobil sebagai hal dasar yang harus Anda ketahui. Serta tips-tips dalam memilih oli mobil terbaik agar tidak salah pilih dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan oli mobil, Indotrading.com adalah platform yang tepat bagi Anda untuk mencari supplier oli mobil, sehingga produk yang Anda terima nantinya merupakan produk-produk berkualitas terbaik.

Baca Juga: Tips Cermat Memilih Parfum Mobil Untuk Kendaraan Anda

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top