Insight

Informasi Mengenai Pengertian Spot Welding dan Fungsinya

pengertian spot welding

Dalam industri logam dikenal berbagai teknik pengelasan. Pengelasan sendiri berfungsi untuk menggabungkan dua logam yang sebelumnya terpisah. Salah satu teknik pengelasan tersebut adalah spot welding dari kelompok resistance welding. Lalu apa itu pengertian spot welding?

Teknik ini juga sering disebut sebagai pengelasan titik dalam bahasa Indonesia. Umumnya, pengelasan titik dipakai untuk menyatukan plat logam seperti aluminium, besi, dan jenis plat lainnya.

Pengertian Apa itu Spot Welding?

Pengelasan titik adalah jenis pengelasan dari kelompok resistan listrik dengan cara menjepit logam yang akan digabungkan memakai elektroda. Pada proses pengelasan jenis spot, pelat logam ditata dengan posisi saling bertumpuk (lap joint).

Setelah itu, lembaran logam diletakkan di antara dua elektroda tembaga dan dijepit. Elektroda tersebut dialiri listrik untuk menghasilkan panas. Arus listrik yang dialirkan untuk menjalankan pengelasan ini harus kuat.

Arus tersebut dialirkan menggunakan elektroda berbahan tembaga. Tujuannya adalah untuk menghasilkan panas yang cukup pada permukaan logam-logam yang akan digabungkan. Logam-logam yang memanas tersebut akan meleleh dan bergabung satu sama lain.

Panas yang dikeluarkan dari mesin las tersebut dihasilkan dari arus bolak balik. Bagian penting yang berperan untuk melakukan pengubahan bentuk energi tersebut adalah sebuah transformator. Panas yang dihasilkan memang harus memiliki suhu super tinggi supaya dapat mencairkan logam.

Artinya, semakin kuat arus yang masuk ke dalam mesin las, panas yang dihasilkan akan semakin tinggi. Namun ada faktor lain yang juga memengaruhi suhu panas tersebut yaitu waktu. semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk pengelasan, maka panas yang dihasilkan juga semakin tinggi.

Cara Kerja Mesin Spot Welding

Ada 3 faktor utama yang berperan penting dalam pengelasan titik yaitu durasi atau waktu, kuat arus listrik, dan besarnya tekanan. Dan cara kerja mesin pengelasan ini bisa Anda simak pada penjelasan di bawah.

1. Setting Waktu Pengelasan

  • Sequence merupakan serangkaian proses pengelasan dari awal (squeeze) hingga program berakhir.
  • Squeeze adalah durasi yang diperlukan untuk menurunkan upper electrode hingga bertemu dengan lower electrode ditambah dengan durasi untuk menunggu sekitar 3 hingga 5 cycle waktu pengelasan ON.
  • Up slope dipakai untuk mengatur waktu penurunan arus welding supaya arus yang keluar bergerak perlahan dan tidak langsung besar. Nilainya adalah 1 hingga 3 cycle.
  • Weld time 1 digunakan untuk mengatur pengelasan pertama.
  • Cool time 1 dipakai untuk mengatur waktu cool down di antara proses pengelasan pertama dan kedua (opsional).
  • Weld time 2 dipakai untuk melakukan pengaturan terhadap pengelasan kedua (tidak wajib).
  • Down slope adalah proses untuk menurunkan arus listrik secara perlahan supaya tidak turun secara tiba-tiba.
  • Hold time adalah durasi yang diperlukan untuk menahan plat setelah permukaannya mencair agar posisinya tidak bergeser.
  • Off time adalah durasi jeda di antara sequence yang berulang.

2. Setting Ampere Untuk Pengelasan

  • Weld cur 1 dipakai untuk mengatur kuat arus listrik yang diperlukan untuk mencairkan pelat logam pada proses pengelasan pertama.
  • Weld cur 2 hanya dipakai apabila diperlukan, fungsinya untuk mengatur besar arus listrik untuk pengelasan tahap dua.

3. Tekanan (Pressure) Untuk Pengelasan

Air pressure adalah ukuran tekanan angin yang diperlukan untuk melakukan pengelasan. Tekanan yang biasa digunakan adalah 3 kgf/cm2 (0.3 MPa) hingga 4 kgf/cm2 (0.4 MPa)

Dari penjelasan mengenai proses di atas, dapat disimpulkan bahwa ada 3 komponen penting yang dibutuhkan untuk bisa mengoperasikan mesin pengelasan titik.

  • Sumber listrik

Sumber listrik dipakai untuk menghantarkan tegangan ke bagian transformer atau trafo yang besar idealnya adalah 200/380 VAC untuk disambungkan ke bagian primer. Sedangkan bagian sekunder akan menghasilkan arus listrik untuk memberikan panas pada area logam yang dilas.

Besarnya arus listrik dapat disesuaikan dengan pengaturan yang telah dijelaskan pada langkah-langkah di atas.

  • Kompresor angin

Kompresor ini fungsinya untuk menghasilkan angin yang akan mendorong silinder elektroda guna menghasilkan tekanan, baik di bagian upper maupun lower. Besarnya tekanan yang dihasilkan berkisar antara 3kgf hingga 4kgf.

  • Air pendingin

Seperti namanya, air ini berguna untuk mendinginkan komponen di dalam mesin pengelasan setelah dialiri panas yang sangat tinggi. Ada pun bagian yang didinginkan antara lain elektrode di area pengelasan, transformer, serta bagian pendinginan thyristor.

Fungsi Spot Welding

Mesin pengelasan titik ini dipakai untuk mengelas logam yang berbentuk lembaran dengan tinggi permukaan yang rendah. Jenis logam tersebut dapat dengan mudah dialiri panas sehingga lebih mudah pula untuk digabungkan.

Mesin pengelasan titik ini sangat tidak cocok untuk melakukan pengelasan pada material yang tebal. Terdapat dua jenis industri yang menggunakan mesin pengelasan titik sebagai peralatan utamanya, yaitu manufaktur mobil dan pesawat.

1. Manufaktur Mobil

Mobil dan bus yang beredar saat ini rata-rata menggunakan bahan lembaran baja untuk bodinya. Baja dipilih karena mudah dibentuk dan digabungkan, namun tetap kuat untuk melindungi mesin serta penumpang di dalamnya.

Proses pengelasan plat baja hingga menjadi sebuah bodi mobil utuh dilakukan dengan menggunakan teknik spot welding. Setelah selesai dibentuk, body kemudian dipoles dengan dempul dan dicat.

2. Industri Pesawat

Berbeda dengan bodi mobil yang terbuat dari baja, bodi pesawat dibuat dari bahan pelat aluminium. Aluminium dipilih karena memiliki bobot yang sangat ringan sehingga memungkinkan pesawat untuk terbang dengan mudah.

Body pesawat yang penuh dengan lekukan itu dibuat dengan kombinasi dua alat, yaitu mesin tekuk plat dan pengelasan titik. Nah, itulah informasi mengenai pengertian spot welding, fungsi hingga cara kerjanya.

Apabila Anda membutuhkan mesin spot welding untuk kebutuhan industri, Anda bisa langsung memesannya di Indotrading. Indotrading merupakan B2B marketplace dan pilihan yang tepat untuk membeli mesin las titik serta material lain yang dibutuhkan untuk keperluan industri.

To Top