Insight

Pahami Lebih Lanjut Pelapis Kayu HPL si Juara Finishing Furniture Rumah

Pelapis kayu HPL

Dari berbagai jenis material yang digunakan untuk lapisan furniture, Pelapis kayu  HPL adalah salah satu material yang paling umum digunakan. Pada desain interior hunian, pelapis kayu HPL merupakan material pelapis yang paling banyak digunakan sebagai finishing akhir untuk tampilan furniture berbahan kayu karena dapat membuat tampilan menjadi mewah, kuat, dan tahan lama.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas lebih lanjut apa itu Pelapis kayu HPL. Anda dapat menemukan berbagai jenis Pelapis kayu HPL dengan kualitas dan harga terbaik dan terpercaya di Indotrading!

Apa Itu Pelapis Kayu HPL

Pelapis kayu HPL

Pelapis Kayu High Pressure Laminated (HPL) adalah material pelapis luar atau finishing yang terbuat dari bahan plastik sintetis berupa lembaran laminasi bertekanan tinggi. Pelapis ini terdiri dari beberapa lapisan, antara lain lapisan kraft yang diresapi resin fenolik (kraft paper), lapisan dekoratif (decor paper), dan lapisan laminasi bening (overlay paper).

Penggunaan pelapis hpl banyak diaplikasikan pada interior rumah seperti Kitchen Set, Lemari, meja, dan berbagai furniture rumah lainnya.

Kelebihan Penggunaan Pelapis Kayu HPL

Sering dijadikan bahan material utama untuk finishing, berikut kelebihan yang akan didapatkan jika menggunakan pelapis kayu HPL pada furniture:

1. Memiliki Ketahanan yang Prima

Pelapis kayu HPL merupakan jenis kertas tebal dengan tekstur dan motif kayu yang direkatkan pada kayu olahan seperti particle board, MDF atau blockboard. Adapun proses produksi HPL adalah dengan merekatkannya melalui tekanan dan suhu panas tinggi sehingga tersedia dalam bentuk lembaran dan ukuran besar.

Melalui proses produksi tersebut, membuat pelapis HPL memiliki ketahanan yang baik untuk penggunaan jangka panjang. 

2. Proses Pengerjaan Lebih Cepat dan Rapi

Berbeda dengan penggunaan pelapis furniture lainnya yang memakan prosesnya pengerjaan dengan waktu cukup lama dan memerlukan biaya tinggi.Pengerjaan perabotan serta furniture dengan menggunakan pelapis HPL  jauh lebih cepat, praktis, dan murah.

Hal yang membuat proses pengerjaan lebih cepat adalah proses pelaksanaan finishing cukup direkatkan pada furniture.

3. Anti Air dan Anti Gores

Mengingat bahan utama pada pembuatan pelapis kayu HPL adalah plastik keras PVC. Hal inilah  yang membuat pelapis kayu jenis ini juga memiliki kekuatan yang baik terhadap air, hawa panas, hingga goresan.

Material Plastik keras PVC pada HPL dinilai jauh lebih kuat ketimbang material sheet yang umum ditemukan pada perabotan dengan harga murah.

4. Memberikan Tampilan Modern dan Minimalis

Dengan menggunakan pelapis HPL dapat menambah nilai interior karena pelapis ini dapat digunakan untuk berbagai konsep modern minimalis.

Selain itu dengan menggunakan pelapis ini pada furniture juga sangat cocok untuk di berbagai konsep interior. Dalam menggunakan pelapis kayu ini, Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan karena pelapis ini memiliki berbagai pilihan model dan warna yang dapat disesuaikan.

Baca Juga: Maksimalkan Interior Ruangan dengan Biaya Murah, Berikut Tips Memilih dan Merawat Material Tripleks

Proses Pemasangan Pelapis Kayu HPL

Pelapis kayu HPL

Setelah mengetahui kelebihan ketika menggunakan pelapis kayu HPL, berikut proses pemasangannya pada furniture:

  1.  Bersihkan papan yang akan dilapisi. Gunakan amplas hingga papan halus merata. Setelah halus, bersihkan papan dari debu dari hasil amplas.
  2. Potong pelapis HPL sesuai ukuran papan yang akan dilapisi. Dalam proses pemotongan, Anda dapat menggunakan cutter khusus HPL, dan mesin potong.
  3. Oleskan permukaan papan dengan lem perekat kayu HPL secara merata. 
  4. Ambil Pelapis HPL, lalu rekatkan pada papan dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak ada gelembung yang terjebak antara kedua sisi.
  5. Rapikan tepian HPL yang tidak rata dengan papan. Anda dapat menggunakan alat potong atau amplas kasar.
  6. Lakukan proses edging, proses ini adalah memberi finishing pada pinggiran papan dengan HPL. Pada proses ini  Anda dapat melakukannya secara manual. Namun untuk kepraktisan dan kerapian, proses ini umumnya menggunakan mesin edging.
  7. Rapikan hasil edging dengan cutter, jika masih ada yang kurang rapi. Cacat minor bisa pula di samarkan dengan spidol khusus HPL yang sewarna dengan warna pelapis HPL Anda.
  8. Setelah semua proses dilakukan, bersihkan papan yang telah dilapisi pelapis HPL, dan papan untuk furniture siap digunakan.

Inspirasi Penggunaan Pelapis Kayu HPL

Setelah mengetahui Kelebihan dan cara pemasangan pelapis HPL, berikut beberapa inspirasi yang dapat anda terapkan ketika menggunakan jenis pelapis HPL ini:

1.  Furniture Kitchen Set

Pelapis kayu HPL

Salah satu furniture yang bisa anda gunakan dengan jenis pelapis ini adalah furniture kitchen set. Dengan menggunakan material pelapis HPL, dapat membuat tampilan dapur terlihat bersih dan mewah

2. Furniture Ruang Keluarga

Pelapis kayu HPL

Dengan menggunakan pelapis HPL pada furniture yang ada di ruang keluarga, dapat menambah nilai interior pada ruangan. Pastikan untuk memilih warna pelapis HPL yang sesuai agar tampilan finishing furniture dapat sesuai dengan keinginan.

3. Sebagai Partisi

Pelapis kayu HPL

Saat ini partisi tak hanya sekedar penyekat antar ruang saja. Anda dapat menggunakan partisi untuk menambah nilai interior untuk rumah atau kantor Anda.

Seperti pada gambar diatas, selain digunakan untuk panel meja showcase dan dinding, pelapis  HPL juga digunakan sebagai finishing untuk partisi minimalis di belakang meja servis. Dengan penggunaan pelapis HPL tersebut menampilkan kesan ringan, manis, dan hangat terpancar dari style partisi ini. Pembuatannya pun sangat ekonomis dibanding dengan menggunakan kayu 100%.

3. Dinding Interior

Pelapis kayu HPL

 

Selain digunakan pada finishing untuk furniture, pelapis HPL cocok untuk dijadikan dinding interior. Mengingat banyaknya varian jenis dan warna pelapis HPL yang down to earth, membuat tampilan yang dihasilkan dari pengggunaan pelapis tersebut terkesan natural dan menyejukkan.

Itulah pembahasan mengenai apa itu pelapis kayu HPL. Dan beserta dengan kelebihan, kegunaan, dan inspirasi penggunaan pelapis kayu jenis ini.

Anda dapat menemukan berbagai produk Pelapis kayu HPL dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Lantai Vinyl

banner seller
To Top