Insight

Menggiurkan! Peluang Bisnis Makanan Olahan Beras Merah Organik

Beras merah organik merupakan jenis beras khusus yang banyak dijadikan sebagai bahan makanan pokok diet atau pola hidup sehat. Terlebih selama pandemi sekarang ini, kesadaran dan minat masyarakat untuk memulai hidup sehat semakin meningkat pesat. Hal tersebut juga berpengaruh pada naiknya permintaan terhadap beras merah di pasaran. 

Tentu saja, kenaikan minat tersebut juga memunculkan banyak peluang ide bisnis olahan beras merah organik yang bisa dicoba. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Peluang Bisnis Makanan Olahan Beras Merah Organik yang Menggiurkan.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan beras merah organik dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier Terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Modal Kecil Omset Sampai Puluhan Juta

Beras Merah Organik

Bagi Anda pecinta diet dan pola hidup sehat pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis beras yang satu ini. Beras merah organik merupakan pilihan paling banyak pecinta diet dan hidup sehat dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok hariannya.

Selain banyak dikonsumsi pecinta diet dan hidup sehat, beras yang memiliki kadar gula rendah dengan serat tinggi ini merupakan beras alternatif bagi para penyandang sakit diabetes atau gula darah. Sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi dari kandungan beras dapat tetap terpenuhi.

Beras Merah organik merupakan beras yang diproses hingga tahapan pengelupasan kulit biji beras, sehingga menampilkan warna yang berbeda dari beras pada umumnya. Sedang warna merah dalam beras merupakan kandungan alami dari zat antosianin yang terdapat pada lapisan aleuron.

Zat merah atau antosianin tersebut yang memiliki kandungan herbal alami seperti antioksidan, antikanker, anti hipertensi serta anti hiperglikemik yang menjadi keunggulan nya dibanding beras putih.

Kelebihan Beras Merah Organik

Selain kelebihan diatas, masih banyak kelebihan dari beras merah organik yang menjadi daya tarik, terlebih bagi para pecinta diet dan pola hidup sehat. Kelebihan dari beras organik ini diantaranya sebagai berikut.

1. Memiliki Kandungan Protein Lebih Tinggi Dibandingkan Beras Putih

Kandungan beras merah organik lebih tinggi 2-5% dari beras putih. Hal tersebut sangat bermanfaat dan berpengaruh pada pertumbuhan dan gizi yang mengonsumsinya.

2. Memiliki Karbohidrat Lebih Rendah Dibandingkan Beras Putih

Salah satu yang menjadi idaman beras merah organik dibandingkan beras putih adalah kandungan karbohidrat serta gula nya yang rendah. Sehingga jenis beras ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pecinta diet dan mereka yang memiliki sakit diabetes, dimana sangat menghindari makanan dengan daya konsumsi zat gula rendah.

3. Kandungan Zat Besi, Kalsium dan Fosfor Lebih Tinggi

Pada beras merah organik juga terdapat kandungan kalsium, fosfor dan zat besi yang lebih tinggi. Hal ini juga yang menjadi kan beras merah sebagai pilihan pangan pokok pecinta hidup sehat, sebab banyak kandungan zat yang lebih baik untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi harian.

4. Tinggi Serat

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga membantu metabolisme tubuh, sehingga lebih mengurangi resiko penyakit yang bisa saja terjadi akibat tidak lancarnya metabolisme tubuh. Beberapa penyakit tersebut diantaranya sistem pencernaan yang tidak teratur dan baik, hingga kanker usus yang sangat berbahaya.

5. Adanya Kandungan Mangan

Kandungan mangan dalam beras merah dapat membantu dalam proses perubahan protein menjadi karbohidrat. Perubahan tersebut menghasilkan energi untuk digunakan dalam aktivitas harian. 

Bisnis Makanan Olahan Beras Merah Organik

Banyak dan meningkatnya tren diet dan hidup sehat juga menjadi peluang pengolahan beras merah organik sebagai ide bisnis makanan sehat dari olahan beras merah. Selain itu, rasa asli dari beras merah yang sangat hambar dan kurang bisa dinikmati kemudian menjadi pendorong perlu adanya olahan makanan dari beras organik yang satu ini agar tetap bisa dinikmati dan banyak disukai.

Ide olahan beras merah organik tersebut kemudian menjadi peluang bisnis yang menggiurkan dan menghasilkan yang patut dicoba.

Diantara bentuk olahan beras merah organik yang bisa menjadi peluang bisnis beras organik bentuk makanan adalah sebagai berikut :

1. Nasi Goreng Beras Merah

Menu olahan beras merah pertama yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis makanan Anda adalah Nasi Goreng Beras Merah. Selain karena mudah dan sederhana proses pembuatannya, nasi goreng juga sudah sangat dekat dan banyak penikmatnya di Indonesia. 

Anda bisa menarik pasar ataupun konsumen Anda dari mereka yang sedang dalam masa diet atau proses menjalankan hidup sehat. Sebab, jika nasi goreng menggunakan beras putih sangat dihindari mereka karena kandungan gula dan karbohidratnya yang tinggi serta ditambah dengan lemak-lemak yang sangat dihindari.

Untuk itu, pilihan beras merah sebagai beras pokok olahan nasi goreng akan sangat menggiurkan dan patut dicoba.

2. Salad Beras Merah

Siapa sangka beras bisa dijadikan bahan dasar salad? Dengan tambahan labu kuning atau pumpkin ditambah beberapa buah dan sayur seperti nanas, tomat, dan mentimun, beras merah dapat dijadikan salad.

Wajib dicoba, selain karena rasanya yang lebih segar dari tambahan buah dan sayuran tersebut, menu kreasi ini belum banyak ditemukan, sehingga menjadi menu baru yang segar untuk dicoba para pecinta beras merah. Dengan itu, pasar ataupun konsumen Anda telah terkerucut lebih jelas sehingga lebih menguntungkan Anda karena tidak perlu pusing mencari target pasar lagi.

3. Nasi Tim Beras Merah

Nasi Tim umumnya terasa hambar, berwarna tampilan pucat dan jarang disukai. Anda dapat merubah hal tersebut dengan menggunakan beras merah. Biasanya nasi tim beras merah disajikan dengan berbagai jenis sayuran hijau ataupun jagung sebagai pelengkap rasa.Sehingga rasanya tidak hambar lagi, dan bisa lebih dinikmati.

4. Nasi Merah Kambing Pedas

Selanjutnya, mirip dengan nasi goreng, Nasi Merah Kambing Pedas bisa juga Anda jadikan ide menu olahan makanan bisnis Anda. Melihat daya minat masyarakat indonesia yang suka pedas, bisa menjadi peluang untuk menarik konsumen pecinta pedas tersebut untuk makan pedas namun dengan gizi dan nutrisi yang dijaga, yakni menggunakan beras merah.

Anda bisa tambah dan kreasikan daging kambing ataupun daging lainnya sebagai menu pelengkap ataupun topping nasi merah pedas Anda.

5. Puding Beras Merah

Tidak hanya dijadikan salad, nasi merah juga bisa dijadikan puding. Bentuknya mirip dengan bubur, namun rasa dari puding beras merah dibuat lebih menonjolkan rasa manis puding dibandingkan rasa gurih bubur pada umumnya. Termasuk juga menu sehat yang baru, puding beras merah bisa menjadi peluang bagus Anda untuk memulai bisnis makanan sehat.

6. Sushi

Sushi beras merah juga bisa menjadi pilihan ide alternatif makanan cepat saji yang enak namun tetap sehat. Umumnya para pecinta diet dan pola hidup sehat akan menghindari sushi sebab penggunaan beras, ketan hingga bahan makanan lainnya yang mengandung zat kaebohidrat lebih. Dengan menggunakan beras merah dan menu pelengkap yang disesuaikan, Anda dapat menarik minat konsumen pecinta sushi yang sedang dalam tahap diet dan beralih pola makan ke menu sehat.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Makanan Kering yang Banyak Digemari

Tips Memulai Bisnis Olahan Makanan Beras Merah Organik

Tertarik untuk langsung memulai bisnis olahan makanan beras merah organik tersebut? Sebelum mulai simak dulu tips bisnis makanan sehat dari olahan beras merah organik di bawah ini :

1. Ketahui Target Pasar

Dalam memulai bisnis apapun, mengetahui target pasar merupakan hal penting yang tidak bisa dikesampingkan. Sebab dengan mengetahui target pasar tersebut, bisnis ataupun usaha kita akan lebih jelas arah dan tujuan nya, sehingga lebih mudah untuk memfokuskan pembuatan produk yang akan ditawarkan. Dalam bisnis makanan olahan beras merah, mengetahui target pasar dengan jelas dapat membantu memutuskan olahan makanan yang menjadi menu utama bisnis Anda.

2. Lakukan Inovasi dan Kreasi

Sifat beras merah yang cenderung tidak banyak disukai karena rasanya yang hambar, mengharuskan Anda untuk lebih banyak melakukan inovasi dan kreasi pada olahan nya. Sehingga Anda memiliki banyak menu pilihan yang tidak membuat konsumen Anda bosan. Tidak hanya pada olahan makanannya, inovasi serta kreasi pada tampilan kemasan produk Anda juga perlu untuk dilakukan. Tujuannya adalah agar banyak menarik konsumen dari tampilan kemasan yang cantik dan menggugah selera makan.

3. Cara Pemasaran yang Tepat

Cara pemasaran yang tepat juga perlu dipertimbangkan, terlebih saat pandemi sekarang ini. Anda perlu membaca tipe konsumen Anda pada umumnya, hingga waktu yang mereka habiskan dalam kesehariannya. Jika tipe konsumen Anda anak muda, pekerja, dan aktif bersosial media. Pilihan pemasaran digital sangat tepat dilakukan. Namun jika sebaliknya, pemasaran tersebut kurang memiliki pengaruh. Namun lebih baik lagi jika melakukan pemasaran dengan cara keduanya, sehingga Anda dapat menarik target konsumen Anda dan tetap menjangkau ataupun memfasilitasi konsumen lain yang tidak menjadi target Anda.

4. Ikut Banyak Acara Promosi, Kampanye dan Edukasi

Terlibat dalam acara promosi campaign dan edukasi memberikan Anda peluang melebarkan jaringan konsumen. Sebab dalam acara tersebut, Anda dapat dengan gencar langsung mempromosikan produk olahan makanan sehat Anda. Juga, Anda sekaligus dapat terus mengkampanyekan pola makan sehat yang akan berpengaruh langsung pada jangka waktu kelangsungan bisnis makanan sehat Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai peluang bisnis makanan olahan beras merah organik yang menggiurkan yang bisa Anda coba. Terlebih disaat pandemi sekarang ini dimana tren pola hidup sehat dan diet sedang meningkat pesat.

Anda dapat menemukan beras merah organik dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Baca Juga : Bisnis Kuliner Benar Makin Laris Berkat Aplikasi Antar Makanan Online?

banner seller
To Top