Insight

Mengenal Plate Compactor dan Cara Tepat Menggunakannya

 Menjadi salah satu alat yang banyak digunakan dalam kegiatan industri konstruksi bangunan, plate compactor menjadi barang yang wajib dimiliki para kontraktor bangunan. Namun, tidak hanya sekedar memilikinya, para kontraktor sipil ataupun konstruksi bangunan akan sangat sering bertemu dengan alat yang satu ini dalam dunia kerjanya,untuk itu sangatlah penting mengetahui cara tepat menggunakan plate compactor. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Plate Compactor Hingga Cara dan Cara Cepat Menggunakannya.

Di Indotrading anda dapat temukan berbagai jenis plate compactor dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : 25 Jenis-jenis Alat Safety Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Plate Compactor

Plate Compactor merupakan alat konstruksi yang juga banyak disebut sebagai mesin stamper. Alat ini digunakan para pekerja konstruksi bangunan dan sipil untuk memadatkan tanah. Dengan prinsip kerjanya yang cukup kuat dan proses kerjanya jauh lebih cepat dibandingkan dengan cara manual, mesin ini banyak digunakan untuk kegiatan konstruksi skala besar seperti membangun gedung, jalanan, dan lain sejenisnya.

Alat konstruksi yang satu ini memiliki tiga bagian penting penyusunnya. Bagian-bagian penting tersebut yakni:

1. Sumber Tenaga Plate Compactor

Sumber Tenaga Plate Compactor atau juga lebih sering disebut sebagai mesin plate compactor ini memiliki fungsi sebagai penggerak dan pengubah daya yang ada pada roda gigi compactor sehingga plate dapat bergerak dan bekerja. Gaya kerja mesin ini seperti saat sedang menumbuk benda, dimana pada proses itu mesin pemadat ini melakukan tugasnya, yakni memadatkan tanah dan sejenisnya.

2. Pegangan Plate Compactor

Pegangan merupakan salah satu bagian penting lainnya pada alat konstruksi ini. Bagian ini digunakan sebagai pegangan pekerja mengarahkan plate compactor. Daya gerak mesin yang kuat mengharuskan bagian pegangan mesin ini dirancang khusus agar memberikan kenyamanan dan keselamatan pekerja.

3. Kaki Plate Compactor

Kaki Plate Compactor juga merupakan bagian yang penting dari mesin pemadat tanah ini. Selain bagian pegangannya yang dapat mengarahkan jalanya mesin pemadat tanah ini, bagian kaki pada mesin pemadat tanah ini juga berfungsi demikian, hanya saja, bagian kaki ini menjadi penyeimbang  agar bisa berdiri tegak saat digunakan.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Alat Deteksi Emas yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Tepat Penggunaan Plate Compactor

Sejenis dengan alat konstruksi ataupun alat berat lainnya yang banyak digunakan pada proses pembangunan proyek yang penggunaannya tidak boleh dilakukan secara sembarang, Plate compactor juga demikian. Alat ini memiliki tata cara standar penggunaanya. Tentunya sudah menyesuaikan dengan standar operasionalnya. Sebab jika tidak, mesin pemadat tanah yang satu ini dapat membahayakan penggunaannya, baik dari segi keselamatan ataupun kesehatan penggunanya.

Cara Tepat Penggunaan mesin pemadat tanah yang satu ini bisa Anda simak dibawah ini, sehingga penggunaan nya dalam proses kerja pembangunan proyek Anda lebih aman dan efektif.

1. Cek Bahan Bakar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek bahan bakar mesin ini. Sebab, mesin pemadat ini hanya dapat digunakan saat adanya bahan bakar dalam tangkinya. Jika tidak, mesin ini tidak bisa difungsikan total. Sebab itu, pastikan ketersediaan bahan bakar dalam mesin. Bahan bakar yang digunakan untuk alat yang biasanya digunakan setelah alat ukur tanah ini adalah jenis bensin dengan ketentuan pengisian yang tidak boleh terlalu penuh di dalam tangki. Hal ini menghindari adanya tumpahan berlebihan dari bahan bakar saat mesin digunakan.

2. Pastikan Keadaan Plate Compactor

Setelah memastikan ketersediaan bahan bakar bensin pada tangki mesin, pastikan juga keadaan seluruh bagian alat ini. Daya getar yang kuat saat digunakan serta tingginya intensitas penggunaan kadang membuat baut dan mur mesin lebih kendor dan bisa terlepas. Hal ini tentunya sangat berbahaya terhadap kekuatan bagian penyusun mesin ini. Sebab bagian – bagian dari mesin compactor umumnya terbuat dari material logam seperti baja dan besi sehingga jika lepas akan membahayakan penggunanya.

Untuk itu, pengecekan kembali baut dan mur  alat konstruksi pemadat tanah ini wajib dilakukan sebelum digunakan. Tujuannya tentu saja menghindari dan mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja yang terjadi akibat baut dan mur tidak kencang terpasang.

3. Menghidupkan dan Menjalankan Mesin

Jika dua proses persiapan tersebut sudah dijalankan, langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah hidupkan dan jalankan mesin untuk mulai proses pembangunan proyek Anda. Untuk menghidupkan alat konstruksi ini, bukalah katup pada bahan bakar, setel tombol On mesin, lalu tarik grip mesin dengan cepat hingga mesin nya berbunyi.

Jika sudah dalam posisi menyala atau on, panaskan terlebih dahulu mesin selama 3-4 menit sebelum Anda bisa jalankan mesin plate comapctor. Dalam proses penggunaannya, pastikan pegangan tangan Anda kuat sehingga tidak terbawa arus getar mesin yang cukup kuat. Hal ini juga berpengaruh pada arah mesin yang dijalankan sesuai dengan kehendak, arahan Anda.

4. Penyimpanan dan Pemeliharaan Mesin

Setelah digunakan, pastikan Anda menyimpan mesin pemadat tanah ini di tempat yang kering dengan suhu dingin. Hal ini bertujuan untuk membantu mendinginkan panasnya suhu mesin setelah digunakan, serta menghindari lembab dan timbulnya korosi pada bagian mesin yang akan mempengaruhi daya guna dan kerja alat ini.

Tidak hanya tempat penyimpanan nya yang memerlukan perhatian khusus, pemeliharaan mesin pemadat tanah dengan kekuatan daya getar yang kuat ini juga memerlukan perhatian dalam hal pemeliharaannya.

Dalam pemeliharaannya, yang pertama harus diperhatikan adalah pengontrolan terhadap beberapa bagian krusial mesin seperti selang bahan bakar, pergantian oli mesin, hingga pelumasan pijakan kaki mesin ini.

Selanjutnya Anda wajib mengganti oli mesin ini setelah 50 jam pemakaiannya. Hal tersebut bertujuan agar mesin tetap terlumasi dengan baik dan menghindari kehausan mesin.

Baca Juga : Begini Cara Memulai Bisnis Alat Berat Saat Pandemi

Demikianlah pembahasan Mengenal Plate Compactor dan Cara Tepat Penggunaannya yang bisa Anda jadikan tambahan informasi mengenai mesin pemadat tanah tersebut.

Anda bisa temukan berbagai jenis plate compactor dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier Terpercaya di Indotrading!

 

banner seller
To Top