Insight

Begini Cara Membuat Alat Deteksi Emas yang Bisa Dilakukan Sendiri

cara membuat alat deteksi emas

Akhir-akhir ini sedang marak terjadi penipuan terkait emas. Banyak emas palsu yang telah beredar di pasaran. Anda harus berhati-hati, jika perlu Anda harus mengecek keaslian emas menggunakan alat metal detector. Cara membuat alat deteksi emas ini cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

Pengertian Metal Detector

Bagi Anda yang masih awam, mungkin akan bingung dengan istilah metal detector. Metal detector merupakan alat yang berfungsi mengecek keaslian atau kandungan yang ada di dalamnya. Selain itu, alat ini juga bisa mendeteksi keberadaan benda-benda logam.

Salah satu contoh penggunaannya adalah, petugas bandara yang selalu mengecek para pengunjung dan memastikan bahwa mereka tidak membawa benda logam. Pada situasi ini, metal detector bisa mendeteksi keberadaan senjata tajam, termasuk pistol misalnya.

Metal detector memiliki banyak fungsi penting, salah satunya yaitu mendeteksi emas. Metal detector untuk emas bahkan bisa Anda buat sendiri secara sederhana. Jika untuk keperluan rumah tangga, cara ini dianggap paling simpel dan hemat.

Alat ini juga sangat berguna saat Anda mencari benda logam yang hilang. Misalnya Anda kehilangan cincin emas di rumah, Anda bisa gunakan alat ini dengan cara menyusuri setiap sudut ruangan, bahkan di tempat-tempat yang sempit, misalnya kolong tempat tidur.

Cara Membuat Alat Deteksi Emas (Metal Detector) dari Radio dan Kalkulator

Alat ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam lingkup rumah tangga. Alat metal detector sederhana bisa dibuat dengan memanfaatkan radio dan kalkulator. Kedua benda ini tentu sangat mudah ditemukan di rumah. Caranya yaitu:

  1. Setting Radio dan Kalkulator

Setting radio dalam frekuensi AM tertinggi. Pastikan bahwa Anda tidak sedang terhubung dengan stasiun radio. Perhatikan baik-baik, radio tersebut nantinya akan menghasilkan suara statis secara jelas serta berlangsung stabil. Di sisi lain, ambil kalkulator dan nyalakan.

  1. Gabungkan Kedua Perangkat

Jika kedua perangkat sudah menyala, kemudian gabungkan kalkulator dan radio namun dengan posisi saling membelakangi. Kepala perangkat harus saling berdekatan. Pasang tongkat kecil di salah satu sisinya. Ikat ketiganya dengan tali atau lakban agar posisinya stabil dan tidak bergeser-geser.

  1. Tes Alat

Lakukan tes sederhana, misalnya dengan meletakkan sendok atau garpu di dekat alat ini. Jika benar telah mendeteksi adanya logam, maka alat ini akan menghasilkan suara yang berbeda dari suara yang sudah Anda dengar di awal tadi. Ulangi cara yang sama dengan benda lain agar lebih akurat.

Deteksi Emas dengan Ponsel (Smartphone)

Selain menggunakan radio dan kalkulator, Anda juga bisa memanfaatkan ponsel atau smartphone Anda sebagai alat metal detector sederhana. Cara yang bisa dilakukan adalah:

  1. Download Aplikasi

Smartphone atau ponsel merupakan sebuah alat yang mengandung medan magnet. Magnet tersebut masih perlu dukungan sebuah aplikasi agar bisa difungsikan sebagai metal detector. Anda harus mengunduh aplikasi metal detector yang tersedia di play store.

  1. Jalankan Aplikasi

Setelah unduhan selesai, Anda bisa mulai membuka atau mengoperasikan aplikasinya dengan mengikuti petunjuk di dalamnya. Saat aplikasi dijalankan, Anda bisa menyiapkan benda logam di dekatnya, bisa berupa emas, sendok, garpu, atau peralatan logam rumah tangga lainnya.

  1. Lihat Hasil

Cara kerja aplikasi ini adalah mengukur perubahan magnet pada ponsel atau smartphone. Secara teori, medan magnet akan menunjukkan reaksi saat berdekatan dengan benda metal atau logam. Jika memang benar emas Anda asli, maka seharusnya ada perubahan medan magnet.

Merakit Alat Deteksi Emas Sendiri

Jika mungkin Anda masih belum puas dengan 2 metode di atas, Anda bisa mencoba metode yang ketiga ini. Kali ini, Anda perlu sedikit berusaha lebih keras karena harus merakit sendiri alat deteksi emas atau logam. Langkah-langkah yang harus dikerjakan diantaranya yaitu:

  1. Melengkapi Komponen

Komponen-komponen alat deteksi emas ini sebenarnya sudah dijual secara bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di toko-toko listrik atau elektronik. Kemudian, Anda perlu merakitnya sendiri sesuai petunjuk yang ada.

Beberapa komponen atau perangkat keras yang disediakan biasanya berupa gulungan tembaga, tongkat, dan kotak pengontrol. Namun setiap toko mungkin akan menyediakan paket yang berbeda-beda, silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Mematri Komponen pada Sirkuit

Setelah semua komponen sudah lengkap, maka bisa langsung segera dirakit. Anda perlu mematri sirkuit kotak pengontrol terlebih dulu. Proses mematri ini membutuhkan besi serta alat solder. Pastikan semua komponen terpatri dengan benar dan urut, baca kembali petunjuknya agar tidak salah patri.

  1. Perangkat Siap Digunakan

Jika perakitan sudah selesai, Anda bisa langsung mencobanya dengan mendekatkan sendok dan garpu di dekat gulungan tembaga. Saat alat sudah berhasil “merespon”, maka artinya alat tersebut sudah berfungsi dengan baik dan siap digunakan untuk mendeteksi logam lainnya.

Aturan Pakai Alat Deteksi Metal atau Emas

Meski memiliki kegunaan yang bermanfaat, namun alat ini memiliki satu pantangan yang harus Anda hindari. Alat metal detector ini tidak boleh didekatkan dengan peralatan elektronik, misalnya seperti TV, laptop, DVD, AC, kulkas, dan lain sebagainya.

Alasannya adalah, alat ini bisa tersambung melalui medan magnet yang terdapat di dalam alat-alat elektronik. Jika magnet dalam alat-alat elektronik berubah, maka hal ini merusak fungsinya. Bisa jadi, alat-alat elektronik Anda rusak dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Setelah membaca penjelasan cara membuat alat deteksi emas di atas, apakah Anda berniat merakitnya sendiri di rumah? Anda bisa membeli komponen kit alat deteksi emas melalui situs indotrading. Keuntungan membeli di situs ini yaitu transaksi mudah dan aman, produknya pun juga sangat lengkap.

To Top