Tips & Tricks

Menerapkan Keyword Density Dalam Artikel SEO

keyword-density

Jika dalam artikel sebelumnya membahas bagaimana membuat artikel yang ramah SEO atau SEO friendly, kali ini kita akan membahas bagaimana menerapkan Keyword Density dalam artikel SEO. mUngkin banyak yang masih belum paham atau bahkan belum tahu mengenai keyword Density itu dan kegunaannya seperti apa.  Melalui artikel ini kita akan mencoba memberikan pemahaman bagaimana menerapkan keyword density dalam artikel SEO.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa mesin pencari memiliki ketentuan tersendiri bahkan memiliki ketentuan ideal untuk kata kunci dalam postingan artikel. Jika dalam artikel yang ditulis kurang mencantumkan keyword atau kata kunci biasanya artikel tersebut tidak mampu untuk bersaing di halam pencarian. Begitu juga sebaliknya jika artikel terlalu banyak kata kunci yang dicantumkan, artikel yang dibuat pun tidak akan mampu untuk menembus halaman.

Dikutip dari bukainfo.com, jika aturan seo yang tepat untuk keyword density adalah 1% sampai dengan 5% ini yang sering ditemukan dari beberapa ahli seo dari luar. Google sendiri menganggap bahwa aturan 5% ini terlalu banyak sehingga kemungkinan mesin google akan blacklist artikel Anda. Namun berbeda dengan mesin pencari lainnya seperti bing, yahoo, ask, yandex dan yang lainnya. Mereka mempunyai batasan hingga 5% untuk menerapkan keyword density dalam artikel seo.

Pada akhirnya para ahli seo mempunyai kesimpulan bahwa jumlah ideal kata kunci / keyword density dalam artikel seo yang baik adalah 3% sampai dengan 5% untuk kategori mesin pencari selain google. Dan untuk google sendiri keyword density yang tepat adalah 2% hingga 4%.

Jika masih merasa bingung, yuk kita kenali dulu apakah keyword density itu?

Keyword Density adalah berapa kali sebuah kata atau frase yang digunakan dalam tulisan, dibagi dengan jumlah kata artikel, dan dinyatakan sebagai persentase. Sebagai contoh, jika sebuah artikel tertentu terjadi 10 kali pengulangan dalam sebuah artikel dengan panjang 500 kata berarti ukuran kepadatan kata kunci tersebut akan dibagi 10 dengan cara pembagian, 500 x 100 = 2%. ini jumlah keseluruhan dari artikel yang di tulis 500 kata dengan mengulang keyword sebanyak 10 kali. Anda bisa bandingkan sendiri dengan menerapkan skala pembagian diatas.

Peran penting keyword density sendiri adalah optimasi seo onpage. jadi jika Anda sudah menerapkan atau melakukan penulisan dengan cara melihat kepadatan keyword density yang berarti anda sudah melakukan optimasi seo onpage. namun jika belum berarti anda juga belum optimasi seo onpage untuk kategori artikel seo.

Jika Anda bingung bagaimana mengukur kata kunci atau jumlah keyword density yang digunakan untuk artikel, Anda bisa menggunakan tool online seperti www.zippy.co.uk yang sudah terbukti bisa mengukur semua kepadatan kata kunci dalam artikel. dalam tool tersebut Anda akan mengetahui frase keyword berdasarkan metrix dari artikel yang kita tulis. Yang meliputi frase keyword diantaranya satu kata kunci, dua kata kunci dan 3 kata kunci. Keunggulan menggunaka tooll zippy, selain dapat mengukur keyword density juga dapat melihat celah artikel kompetitor. Jika Anda sudah tau celah keyword yang dibuka oleh artikel kompetitor tentu saja Anda memiliki peluang untuk mengalahkan pesaing dalam konteks menggunakan dan menerapkan keyword density. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cek keyword density pesaing anda dengan menggunakan tool zippy.co.uk
  • Hitung menggunakan persentase yang sudah dijelaskan di atas
  • Selanjutnya Anda bisa cek apakah pesaing Anda menggunakan kata kunci yang sama dengan Anda atau tidak. Ini perlu analisis lebih mendalam untuk bisa menggabungkan kata kunci yang baik.
  • Yang terakhir cek juga apakah kata kunci tersebut memiliki pencarian global yang tinggi atau tidak. Untuk melihatnya bisa menggunakan keyword planner dari google atau langsung saja melihat di hasil pencarian.

Setelah riset beberapa penelitian silahkan tentukan keyword density yang akan Anda gunakan. dengan melebihi dari pesaing Anda tentang kata kunci maka besar kemungkinan bisa mengalahkan mereka. Poinnya jangan sampai melebihi hingga 4% untuk mesin pencari google.

Menulis artikel SEO apalagi harus SEO friendly dan menggunakan kata kunci yang tepat memang tidak mudah dan memiliki tantangannya sendiri. Karena hal ini akan berpengaruh kepada eksistensi website di halaman google. Namun berbekal semua informasi kata kunci yang tepat, Anda dapat menulis artikel SEO dan menaburkan keyword density yang tepat.

Untuk memudahkan menulis artikel Anda harus sudah menemukan topik yang jelas dan kata kunci atau keyword yang tepat. Usahakan dalam menerapkan keyword density di setiap paragraf yang anda tulis, sesekali buat atribut v bold atau underline bahkan menggunakan atribut heading. Terpenting Anda harus tahu bahwa dalam 500 kata dengan mengulang 10 kali yang berarti jumlah keyword density tersebut 2% jika ingin 3% anda harus mengulang kurang lebih 15 kali dan begitu seterusnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin