Insight

Sering Dijumpai di Lahan Parkir, Apa Fungsi dari Wheel Stopper?

apa itu wheel stopper

Di Indonesia, wheel stopper biasa digunakan pada lahan-lahan parkir baik di area-area kantor, mall, maupun gedung-gedung lainnya. Lahan parkir memang sangat membutuhkan wheel stopper untuk menahan ban kendaraan agar tetap berada di tempatnya saat diparkirkan sehingga kendaraan tidak tergelincir. Nah, saat ini alat pengganjal ban sudah sangat variatif, dilihat dari bentuk, tipe, sampai dengan model. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu wheel stopper, bahan pebuat, manfaat, hingga ragam jenisnya, simak ulasan di bawah ini, yuk!

Apa Itu Wheel Stopper?

apa itu wheel stopper

Wheel stopper merupakan sebuah alat yang digunakan menahan ban kendaraan agar tetap aman di tempatnya ketika diparkirkan dan mencegah kendaraan agar tidak tergelincir saat jalanan menurun. Fungsi dari benda ini juga mencakup sebagai pembatas di lahan parkir.

Biasanya, pada lahan parkir akan dipasang dua stopper berjarak 10 sampai dengan 20 cm dari permukaan ban kendaraan. Sedangkan, untuk ketinggian dari stopper tidak boleh lebih dari 20 cm. Sebab, jika alat ini dipasang terlalu tinggi, bisa berpotensi mengenai bumper dan spoiler mobil.

Bahan Pembuat

Adapun bahan pembuat stopper ini sangatlah bermacam-macam. Hal ini disesuaikan dengan jenis kendaraan serta fungsi dan kinerjanya ketika berada di lahan parkir. Ada beberapa bentuk dan bahan dari alat penahan ban kendaraan ini, di antaranya:

1. PVC

Wheel stopper dengan bahan PVC lebih banyak dijumpai, selain harganya murah, bahan PVC juga dikenal sebagai bahan yang awet, ringan serta fleksibel. Keunggulan yang didapat saat menggunakan stopper berbahan PVC juga tentu lebih mudah dalam hal mobilitas serta bongkar pasang. Tak heran jika wheel stopper PVC lebih digandrungi.

2. Karet

Bahan jenis karet memang sangat cocok untuk digunakan untuk kendaraan mobil dengan penumpang standar. Wheel stopper yang terbuat dari bahan karet dianggap mampu menahan beban kendaraan standar. Bahan karet ini tentu lebih elastis, menjaga benturan keras dari kendaraan ketika menyentuh stopper. Dengan menggunakan stopper berbahan karet, mobil tetap aman tanpa gerak berada di area parkir. Biasanya, stopper karet dibuat menggunakan kanstin dan berbentuk segitiga. Stopper ini biasa dipasang menggunakan metode pemasangan menggunakan dynabolt pada lahan parkir.

3. Beton

Stopper yang dibuat dari bahan beton dibuat biasanya untuk memenuhi kebutuhan kendaraan berkapasitas dan bervolume besar seperti truk. Meskipun begitu, stopper beton bisa juga bisa digunakan untuk mobil dengan penumpang standar. Biasanya stopper berbahan beton ini akan ditempel pada pengeras lantai.

Namun, ada nilai kekurangan pada jenis bahan beton ini yaitu rawan terjadi retak pada bagian bahan penyusunnya. Untuk memperkuat stopper dari bahan beton ini, biasanya ditanam dan diletakkan lebih tinggi dari lantai yang sudah di cor dan dijepit agar tahan dari benturan ban kendaraan.

4. Besi

Dibangdingkan dengan bahan beton, stopper bahan besi biasanya lebih fleksibel dan bisa diatur sesuai dengan ketinggian ban kendaraan. Sama seperti stopper karet, stopper berbahan besi ini dipasang menggunakan dynabolt. Keunggulan dari bahan besi pun lebih awet dan kokoh serta aman dari benturan serta retakan. Stopper besi bisa di bongkar pasang dengan mudah.

Manfaat Wheel Stopper

Penggunaan stopper untuk kendaraan memang banyak ditemukan di area parkir untuk membatasi mobil agar tidak melewati area batas parkir yang sudah ditentukan. Selain dimanfaatkan pada area parkir, baik itu di sekolah, rumah sakit, kantor, pusat perbelanjaan dan sebagainya, wheel stopper juga bisa dimanfaatkan untuk diaplikasikan di rumah. Cobalah untuk memasang alat stopper ini di garasi rumah agar body mobil aman saat parkir di garasi rumah.

Selain itu, salah satu keunggulan dari alat stopper juga tentunya sangat mudah dipasang dan relatif murah. Terutama untuk stopper yang terbuat dari PVC atau karet. Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan alat ini

Jenis Wheel Stopper yang Kami Tawarkan

Kami menawarkan beberapa jenis wheel stopper kepada anda dengan jenis dan kualitas yang terbaik. Anda tinggal memesan stopper disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Berikut ini adalah rekomendasi produknya:

1. Rubber Berbahan Karet

Wheel stopper berbahan karet atau rubber hadir dalam bentuk yang bermacam-macam. Mulai dari persegi panjang, sampai dengan bentuk bulat. Jenis yang satu ini biasanya digunakan untuk menahan ban mobil dengan ukuran yang standar. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk memasang wheel stopper di rumah (garasi) jenis yang satu ini akan sangat cocok.

2. Stopper Bentuk Persegi Panjang

Stopper dengan bentuk persegi panjang merupakan jenis wheel stopper yang umum dipakai di Indonesia dan banyak kita temukan di berbagai tempat. Nah, wheel stopper bentuk persegi panjang ini terbuat dari bahan yang cukup variatif, di antaranya ada yang berbahan karet, besi, beton, dan lain-lain. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

3. Stopper Endcap

Pernah dengar istilah speed bump? Rubber endcap digunakan untuk membuat roda ban kendaraan melambat saat melewati jalan, itulah speed bump atau jika di Indonesia disebut polisi tidur.

4. Stopper Parkir Besi

Kami menyediakan stopper parkir besi untuk memenuhi kebutuhan akan penahan ban kendaraan di area parkir agar lebih aman. Biasanya, jenis stopper ini dipasang pada industri besar, seperti basement pusat perbelanjaan, hotel atau perkantoran.

5. Stopper Type WS

Bentuk dari stopper tipe WS ini nantinya akan disusun berdasarkan kebutuhan di tempat parkir. Dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama serta sangat mudah dipasang, tipe WS sangat direkomendasikan untuk tempat parkir basement, taman, industri dan tempat komersial lainnya.

Baca juga: 10 Merek Kamera CCTV Berteknologi Canggih dan Mutakhir Ini Patut Anda Pilih!

Setelah menyimak ulasan mengenai apa itu wheel stopper, apa saja fungsi dan manfaat serta jenis-jenis alat fungsional yang satu ini, jika Anda tertarik untuk memasang wheel stopper, kami menawarkan jenis wheel stopper berkualitas dari berbagai supplier wheel stopper terpercaya di seluruh Indonesia. Segera hubungi atau buka website kami, dan cari stopper terbaik yang Anda butuhkan. Kami pastikan semua tersedia di tempat kami, anda pasti bisa menemukan apa yang anda butuhkan! Selamat berbelanja!

Tonton videonya di sini!

[wonderplugin_video iframe=”https://youtu.be/AmunM5leNjE” lightbox=0 lightboxsize=1 lightboxwidth=960 lightboxheight=540 autoopen=0 autoopendelay=0 autoclose=0 lightboxtitle=”” lightboxgroup=”” lightboxshownavigation=0 showimage=”” lightboxoptions=”” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 autoplay=0 loop=0 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://news.indotrading.com/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

 

To Top