Bisnis

Simak Langkah Jitu Agar Produk Bisnis Bisa Masuk ke Ritel Modern

tips memasuk pasar ritel modern

Kehidupan yang serba modern, membawa peralihan pada banyak hal salah satunya adalah tempat belanja. Kebanyakan masyarakat kini lebih menyukai datang ke toko ritel modern seperti supermarket atau minimarket untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Jelas, jika ritel modern lebih diminati karena sistemnya yang efektif dan simpel. Belum lagi dengan adanya dukungan sistem pembayaran cashless yang menjadikan segalanya semakin mudah. 

Maka dari itu, siapa yang tidak ingin jika pelaku bisnis menyalurkan produknya ke jejeran ritel modern agar bisa meningkatkan daya jual yang lebih tinggi. Tapi, bagaimana caranya? Apakah mudah untuk bisa memenuhi persyaratan toko ritel berhubung mereka pasti memiliki kriteria tertentu? Yuk, simak langsung apa saja strategi yang perlu disiapkan untuk bisa memasukkan produk bisnis Anda ke toko ritel moderen!

Baca juga: Bisnis Beras Organik, Pria Ini Bisa Raup Hingga 70 Juta per Bulan

Siasat untuk Bisa Tembus ke Toko Ritel Modern

Bagi para penggiat bisnis berskala besar, umumnya produk mereka akan lebih mudah diterima oleh para bisnis retail modern. Beda halnya jika produk yang diciptakan masih tergolong kecil atau sekelas UKM, tentu akan diperlukan perancangan  strategi khusus untuk bisa diterima oleh toko ritel yang dituju. Biar begitu, tidak berarti produk bisnis Anda tak bisa tembus. Ada beberapa rekomendasi mengenai syarat-syarat  yang perlu Anda penuhi seperti berikut ini:

 

  • Pastikan Produk Telah Dilengkapi Sertifikat Legal

 

Ini sudah jelas, sertifikasi produk sangat dibutuhkan untuk bisa menjangkau pasar-pasar ritel moderen. Maka disarankan untuk Anda secepat mungkin mengurus ke pihak pemerintahan yang bertugas menjembatani Anda untuk mendapatkan sertifikat legal. Contohnya, untuk bisa mendapatkan sertifikat PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) khusus makanan, maka Anda ada beberapa label yang perlu dipenuhi seperti label halal, label SNI dan lain-lain. Jika sudah dilengkapi beberapa label tersebut, maka kesempatan Anda untuk bisa menerobos ke pasar ritel akan lebih terbuka.

  • Dapat Berkompetisi dengan Produk Lain

Jangan hanya memikirkan bagaimana cara untuk bisa masuk ke toko ritel moderen saja, Anda juga harus mementingkan strategi untuk bisa bersaing dengan merk produk lainnya. Perlu untuk menyadari jika menciptakan kualitas standar akan sangat menyulitkan Anda memasuki pasar ritel yang lebih besar. Maka itu, kenali dulu siapa saja kompetitor Anda kemudian lakukan strategi secara matang untuk menarik perhatian konsumen. 

  • Jaga Ketersediaan Stok Produk

Secara umum, toko-toko retail sekelas supermarket atau minimarket mempunyai lebih dari satu cabang di beberapa kota. Sehingga setiap lini produk yang dijual antar cabang akan sama. Nah, perlu sekali untuk Anda menjaga ketersediaan produk untuk bisa memenuhi inventori pihak toko. Pastikan Anda memiliki sistem supply demand yang eksplisit agar tidak terjadi kesenjangan ketika produk Anda habis terjual. 

Manfaat Menjangkau Target Pasar Melalui Toko Ritel Modern

Toko ritel moderen menawarkan konsep berbelanja yang tentu lebih nyaman, mudah dan menyenangkan. Sehingga inilah yang menjadikan banyak masyarakat gemar berbelanja di supermarket atau minimarket. Dengan begitu, secara tidak langsung hal ini bisa berpotensi untuk para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka dengan harapan meraih omzet yang lebih dominan dibandingkan memasarkan secara mandiri. Maka jika Anda adalah salah satu produsen yang berancang-ancang untuk memasuki pasar toko retail, cobalah untuk menerapkan beberapa strategi di atas dengan memaksimalkan perancangan marketing lainya.

Baca juga: Sudah Banyak yang Tertarik, Ini 5 Alasan Mengapa Harus Membuka Bisnis Laundry Koin

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top