Bisnis

Sudah Banyak yang Tertarik, Ini 5 Alasan Mengapa Harus Membuka Bisnis Laundry Koin

bisnis laundry koin

Mungkin tidak semua orang di Indonesia sudah populer dengan jasa laundry koin. Bisa saja Anda salah satunya yang belum pernah merasakan bisnis yang sedang tren ini? Ya, beberapa waktu terakhir ini, beberapa kota besar di Indonesia sudah banyak ditemukan jasa laundry koin yang merupakan transformasi dari jasa laundry kiloan. Hal ini didasari dengan situasi yang sering terjadi saat pelanggan kehilangan beberapa helai pakaiannya atau tertukar saat menggunakan laundry konvensional. Walau begitu, jasa laundry kiloan tetap saja laris manis karena rasanya sudah cukup lelah bila kita harus mencuci pakaian sendiri apalagi jika aktivitas sedang padat.

Nah, inilah alasan menjamurnya bisnis laundry koin yang selain sistemnya yang efektif, ternyata usaha ini juga bisa menjadi sumber cuan yang menggiurkan, lho. Lalu, bagaimana sistem kerja laundry koin? Pertama, pelanggan harus membeli koin yang disediakan untuk bisa menggunakan mesin cuci. Biasanya satu koin mempunyai batasan waktu tertentu. Misalnya, untuk bisa menggunakan mesin cuci dengan kapasitas hingga 8 kg dengan waktu 20 menit, maka pelanggan diharuskan membeli satu koin dan seterusnya, tergantung dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan. Kedua, bila sudah memegang jatah koin, pelanggan bisa segera mencuci pakaian mereka dan menunggu hingga selesai dikeringkan. Di sini, pelanggan bisa sambil bersantai seperti membaca buku, menikmati cemilan atau mengobrol bersama teman. Terdengar praktis, bukan? 

Nah jika sudah tahu bagaimana proses penggunaan laundry koin, berikut ini adalah uraian terkait mengapa Anda patut mencoba membuka bisnis yang menggiurkan ini:

     1. Perputaran uang yang terbilang cepat.

Seperti yang kita tahu, jika menggunakan jasa laundry kiloan biasanya pelanggan akan membayar ketika pakaian sudah siap kembali dipakai (sudah tercuci). Beda halnya dengan laundry koin yang proses pembayaran sudah dilakukan sejak awal datang. Sehingga ini yang membuat perputaran uang pada bisnis laundry dengan koin menjadi lebih cepat. 

     2. Tidak memerlukan banyak karyawan.

Ini yang menjadi keuntungan kedua dari berbisnis jasa laundry ini, yaitu Anda tak memerlukan banyak karyawan untuk mencuci pakaian pelanggan. Semua sudah dilakukan secara mandiri dengan mesin cuci yang disediakan. Anda mungkin hanya butuh 1 atau 2 karyawan untuk menjabat sebagai kasir, memandu dan memantau ruangan. Tapi, Anda juga bisa menambahkan layanan lain seperti jasa setrika bila ingin memperoleh keuntungan lebih banyak.

     3. Tidak membutuhkan kriteria karyawan khusus.

Mencari SDM yang memiliki banyak skill bukanlah hal yang mudah. Tapi lain halnya dengan berbisnis laundry berbasis koin ini, Anda tak memerlukan calon karyawan yang mempunyai banyak kopetensi. Anda cukup mengajarkan bagaimana cara mengoperasikan mesin cuci dan memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan.

      4. Pengelolaan yang mudah.

Sudah cukup jelas jika bisnis laundry sistem koin memiliki banyak keunggulan dibandingkan jasa laundry konvesional. Semua terproses dengan praktis, ditambah cash flow yang lebih cepat dengan pengelolaan yang mudah dilakukan.

       5. Memanfaatkan momen untuk berjualan yang lain.

Ketika para pelanggan sedang menunggu pakaian mereka tercuci pada mesin, disinilah kesempatan Anda untuk membuka peluang lain dalam menghasilkan uang. Anda bisa sambil berjualan snack atau minuman di tempat bisnis laundry Anda.

Tergiur untuk mencoba bisnis laundry kiloan sekarang?

Baca juga: Revolusi Industri Kopi & Tips Membuka Warung Kopi untuk Pemula

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top