Insight

7 Komponen Motor Listrik dan Ketahui Cara Kerjanya

komponen motor listrik

Motor listrik adalah salah satu peralatan yang memiliki peran besar dalam kehidupan sehari – hari. Ada banyak berbagai macam produk dalam setiap komponen motor listrik di Indotrading yang merupakan salah satu directory supplier nomor 1 di Indonesia.

Namun ada juga yang belum mengenal dan bahkan acuh tak acuh terhadap motor listrik. Padahal dalam sama sekali tidak bisa terlepas dengan motor listrik untuk menjalankan aktivitas setiap hari.

Bentuk dari motor listrik sering dijumpai pada mainan anak – anak, misalnya mobil – mobilan. Hal ini pula yang membuat hampir semua orang menghiraukannya dan dianggap sebagai salah satu permainan khusus untuk anak kecil.

Pengertian motor listrik adalah sebuah alat listrik dinamis yang berfungsi mengubah sumber energi listrik menjadi energi gerak. Prinsip yang digunakan oleh motor listrik ialah dengan pemanfaatan gaya tarik magnet.

Penggunaan satu buah kutup magnet pada motor listrik mampu menciptakan reaksi tarik menarik yang nantinya akan menghasilkan suatu gerakan. Gerakan yang ada merupakan salah satu bentuk dari gaya Lorentz.

Komponen Motor Listrik dan Cara Kerjanya

komponen motor listrik 2

jagootomasi.com

Ada 7 buah komponen di dalamnya yaitu strator coil, rotor coil, poros utama / main shaft, bearing, brush / sikat tembaga, drive pulley dan motor housing. Masing – masing komponen pada motor listrik memiliki fungsi dan cara kerja masing – masing.

Beberapa diantaranya tidak mempunyai peran yang penting, namun akan semakin berguna dan membuat kerja motor listrik semakin baik.

Strator / Armature Coil

Komponen dari motor listrik yang pertama adalah strator. Strator ialah lilitan tembaga statis untuk mengelilingi poros utama. Letak dari strator berada di luar bagian rotor.

Untuk keberadaan dari strator tidak wajib ada, namun harus ada penggantinya. Pengganti armature coil / strator juga harus mempunyai fungsi yang sama yaitu dapat menghasilkan medan listrik yang ada di sekitar rotor.

Secara umum sebuah motor listrik memiliki 3 buah strator / lebih. Semakin banyak jumlah strator, semakin besar pula medan magnet yang dihasilkan.

Armature coil ini terdiri atas beberapa lempengan dengan material besi. Lalu lempengan besi itu dililit dengan tembaga. Fungsi dari strator yang utama yaitu membangkitkan medan magnet yang ada di sekitar rotor.

Komponen strator / armature coil ini dapat diganti dengan magnet permanen pada motor listrik berukuran mini. Sehingga mampu menghasilkan arus listrik cukup ringan dan sesuai dengan ukuran motor listrik itu sendiri. Putaran yang dihasilkan pun identik kecil.

Cara kerjanya

Strator berperan sebagai penghantar arus listrik. Lilitan tembaga pada lempengan besi nantinya dialiri dengan arus listrik. Lalu akan menghasilkan medan magnet di area rotor.

Rotor coil / Komutator

Bentuk dari komponen yang kedua ini mirip dengan strator. Perbedaan antara komutator dan strator terdapat pada letak lilitan dan juga fungsinya.

Pada rotor coil / komutator juga telah terdapat lilitan tembaga. Lilitan tembaga tersebut sama sekali tidak menghasilkan medan magnet dan tidak mendapat arus listrik. Sifat dari komutator adalah dinamis / bergerak.

Lilitan tembaga di rotor coil menempel dengan main sharf dan berada di dalam strator. Diameter tembaga yang digunakan memiliki ukuran kecil, jadi dapat menghasilkan jumlah lilitan yang banyak.

Ada 2 buah ujung pada komutator. Salah satu bagian terhubung dengan strator. Sedangkan bagian yang lain terdapat pada ujung poros utama / main shaft. Supaya dapat menghasilkan putaran yang cepat, maka jumlah lilitan tembaga harus banyak.

Cara kerjanya

Peran dari rotor coil adalah sebagai penggerak. Medan listrik yang dihasilkan oleh strator / armature coil akan mengalir pada kawat secara berlawanan. Sehingga akan menghasilkan gaya Lorentz. Hal itu membuat rotor coil / komutator bergerak.

Main Shaft / Poros Utama

Main shaft / poros utama memiliki peran yang paling penting. Karena dengan komponen ini yang dapat menjadi penggabung semua komponen yang ada pada motor listrik. Mulai dari rotor coil / komutator dan drive pulley.

Bentuk dari main shaft seperti tongkat yang memanjang. Poros ini terbuat dari logam aluminium dengan stainless steel / anti karat.

Selain itu material logam main shaft / poros utama tahan akan suhu tinggi dan juga gesekan. Hasil gerakan yang terjadi akan menimbulkan radiasi yang panas dan mungkin dapat mengkikis logam.

Karena sebab itulah main shaft harus terbuat dari logam aluminum. Sifat logam yang anti karat, kuat, tidak mudah terkikis, tahan gesekan dan suhu tinggi hanya terdapat pada aluminum.

Cara kerjanya

Untuk cara kerja dari main shaft / poros utama yaitu sebagai tempat untuk rotor dan drive pulley. Kemudian ketika rotor coil bergerak dengan adanya gaya lorenz, maka main shaft juga akan bergerak. Cepat lambatnya gerakan akan terlihat jelas dengan melihat putaran main shaft ini.

Baca juga : Cara Gulung Dinamo Mesin Cuci yang Mudah

Brush / Sikat Tembaga

komponen motor listrik 1

spbukita.com

Brush / sikat tembaga menjadi komponen yang paling kecil. Biasanya dalam sebuah motor listrik harus terdapat 2 buah sikat tembaga.

Bentuk dari sikat tembaga ini yaitu kotak kecil yang salah satu bagiannya terdapat 1 buah potongan kawat tembaga. Di bagian belakang sikat tembaga terdapat pegas. Pegas ini yang menekan brush untuk selalu menempel pada rotor coil / komutator.

Letak dari brush / sikat tembaga menempel pada rotor yang kecil. Sering kali terdapat pada bagian ujung dari rotor utama. Meskipun mempunyai ukuran kecil tetapi brush mempunyai fungsi yang sangat besar untuk menyuplai arus.

Brush mempunyai peran yang sangat penting dari kinerja motor listrik. Jika kondisi brush baik maka motor listrik dapat bekerja. Sebaliknya jika kondisi brush buruk, maka motor listrik pun sama sekali tidak berguna.

Penyebab utama dari matinya motor listrik adalah brush / sikat tembaga. Jika pada permukaan sikat tembaga terdapat kerak dapat membuat aliran arus listrik menjadi terhambat. Saat rotor terlalu banyak bergerak pun dapat membuat brush menjadi haus dapat menyebabkan aliran listrik tidak lancar.

Cara kerjanya

Ketika terdapat suatu gerakan pada rotor coil, maka timbulah pula sebuah gesekan. Gesekan itu nantinya dapat mengeluarkan arus dengan arah sama saat rotor berputar. Sehingga dapat menghasilkan putaran. Lalu sikat tembaga / brush akan menjaga putaran supaya berlangsung terus menerus, stabil dan sinkron.

Bearing / Bantalan

Bentuk dari komponen motor listrik bearing sangat mirip dengan roda yang berukuran kecil. Letak dari bearing / bantalan berada di antara motor housing dan main shaft / poros utama.

Material dari bearing juga terbuat dari logam aluminum. Sehingga tahan dan tidak mudah terkikis akan gesekan apapun.

Fungsi dari bagian ini memang tidak begitu penting. Apabila dalam motor listrik tidak ada, bearing maka motor listrik pun tetap dapat bekerja. Tetapi jika sebuah motor listrik dilengkapi dengan bearing maka akan menghasilkan putaran yang lancar.

Cara kerjanya

Karena bearing / bantalan ini terletak dekat dengan main shaft / poros utama dan motor housing, jika terjadi gerakan / putaran bearing akan tergesek. Gesekan yang dihasilkan oleh bearing sangat ringan dan tidak akan menghambat semua gerakan yang ada.

Justru dengan adanya bearing ini akan membuat putaran menjadi mulus dan lancar. Kecepatan putaran yang dihasilkan sangat stabil. Karena bantalan / bearing dapat mengontrol adanya gerakan yang bersifat lost control / hilang kendali.

Drive Pulley / Transporter

Drive pulley yang terdapat pada motor listrik hanya sebagai transporter / penyambung. Semua aktivitas gerakan yang dihasilkan oleh rotor coil, strator, main shaft dan yang lain nantinya akan diteruskan oleh drive pulley ini.

Jenis benda yang dapat dapat digunakan sebagai tempat transfer gerakan sangat bermacam – macam dalam kehidupan sehari – hari. Mulai dari pisau pada blender, ban pada mobil mainan, baling – baling pada kipas angin dan lain sebagainya.

Komponen ini terletak di bagian luar. Tepatnya berada di bagian ujung luar dari main shaft / poros utama.

Ada 2 jenis bentuk dari drive pulley / transporter ini. Pertama berbentuk menyerupai gear / gigi motor / lingkaran yang bergerigi. Kedua berbentuk seperti pulley motor.

Apapun jenis bentuk yang akan digunakan pada motor listrik sama sekali tidak berpengaruh. Baik yang berbentuk gear maupun pulley mempunyai kegunaan yang sama.

Cara kerjanya

Strator / armature coil akan mendapat energi dari sumber listrik. Tembaga pada strator yang menghantarkan listrik akan menghasilkan medan magnet di sekitar. Pada medan magnet akan memicu gaya Lorenz yang membuat rotor coil bergerak.

Ketika rotor coil bergerak, semua komponen yang ada akan mengalami gesekan dan gerakan. Kemudian gerakan itu akan ditransfer / dilanjutkan oleh drive pulley menuju ke komponen / sebuah benda lain yang bukan bagian dari motor listrik.

Motor Housing / Rumah Motor Listrik

Komponen dalam motor listrik yang terakhir yaitu motor housing / rumah motor listrik. Sesuai dengan namanya motor housing adalah tempat untuk meletakan semua komponen dari motor listrik. Letak dari motor housing berada di bagian luar.

Cara kerjanya

Tujuan utama dari motor housing adalah untuk melindungi semua komponen yang ada pada motor listrik itu sendiri. Dengan ini semua bentuk gerakan yang ada akan senantiasa aman dan tidak ada gangguan dalam bentuk apapun.

Baca juga : 10 Rekomendasi Dinamo Starter Terbaik

Selain itu motor housing / rumah motor listrik juga dapat berfungsi sebagai pelindung supaya tidak ada partikel / atom sekecil apapun yang dapat masuk. Ada kemungkinan jika terdapat partikel / atom yang masuk, gerakan dari semua komponen yang terdapat pada motor listrik akan terhambat.

Itulah 7 buah komponen dari motor listrik. Semua komponen itu dapat diperoleh di Indotrading. Kami selaku e-commerce dengan menggunakan konsep private website. Saat bergabung dengan kami, tidak hanya dapat memasarkan produk secara online, namun juga akan memperoleh sebuah alamat websites. Dengan ini akan membuat bisnis anda menjadi lebih professional.

Tidak seperti perusahaan e-commerce lainnya yang secara bebas dalam bergabung dan pemasaran produk termasuk 7 komponen motor listrik. Inilah yang menjadi suatu nilai lebih dari Indotrading, beli electric motor dengan kami mempunyai tingkat resiko penipuan yang sangat minim. Meskipun kami tidak menyediakan promo besar – besaran, tetapi kami menjaga keamanan anda saat berbelanja dengan situs kami.

To Top