Insight

Keunggulan dan Jenis Jenis Lantai Marmer yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakannya

jenis jenis lantai marmer

Pemilihan alas untuk lantai  sangatlah mempengaruhi tampilan interior sebuah hunian atau bangunan. Salah satu alas lantai yang dapat membuat interior menjadi luxury dan mewah, adalah dengan menggunakan Lantai Marmer.

Lantai yang terkonstruksi dari bebatuan alam ini banyak digemari oleh banyak orang, karena tampilannya yang mulus dan terkesan terbatas dapat meningkatkan nilai estetika pada ruangan.

Jenis dan kelebihan dari penggunaan lantai marmer sangatlah beragam. Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Indotrading News akan membahas secara mendalam lantai marmer.

Namun sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan berbagai pilihan Lantai Marmer berkualitas dan terbaik di Indotrading.

Lantai Marmer

Lantai Marmer merupakan jenis lantai yang terbuat dari batuan alami yang terbentuk dari metamorfosa batu gamping. Umumnya penggunaan marmer dipilih karena tekstur guratan yang muncul di permukaannya, guratan yang muncul tersebut dari proses metamorfosa tersebut.

Selai digunakan untuk lantai, marmer sendiri juga dapat digunakan untuk meja, dinding dan lainnya.

Kelebihan Lantai Marmer

Lantai marmer banyak digunakan karena memiliki berbagai kelebihan yang menguntungkan pemilik rumah, beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

1. Kuat & Tahan Lama

Mengingat marmer merupakan material yang terbuat dari batuan alam, membuat ia memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap lingkungan. Sehingga jenis lantai ini dapat digunakan untuk berbagai iklim dan dinilai tidak mudah tergores.

2. Perawatan yang mudah

Jenis lantai ini merupakan jenis lantai yang tergolong mudah dalam perawatan.  Jika Anda ingin melakukan perawatan, Anda dapat membersihkan selayaknya lantai biasa dengan cara menyapu dan mengepel. Agar tak merusak permukaan marmer, Anda dapat menghindari penggunaan bahan kimia abrasif. Hal tersebut karena cairan ini akan membuat warna marmer berubah kusam.

Jika lantai marmer Anda terlihat kusam, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan polesan terhadap permukaannya. Namun agar hasil polesan rapi, pastikan proses tersebut dilakukan oleh pekerja yang berpengalaman agar hasil polesan lebih mengkilap.

3. Tahan Panas

Lantai marmer sendiri merupakan jenis lantai yang dapat memberikan kesejukan pada ruangan. Material batu marmer ini sendiri tidak termasuk dalam perangkat penghantar panas. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika suhu menjadi panas karena sinar cahaya matahari.

Karena memiliki sifat yang tidak menghantarkan panas. membuat ruangan terasa lebih adem serta lebih sejuk.

4. Tersedia Dalam Berbagai Variasi

Marmer sendiri merupakan jenis material dari bebatuan alam yang memiliki motif cenderung berbentuk seperti guratan atau urat. guratan tersebut umumnya berbeda dan memiliki warna yang berbeda juga disetiap batuannya.

Kekurangan Lantai Marmer

Meskipun Memiliki berbagai keunggulan, penggunaan lantai marmer memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya hanya digunakan untuk beberapa kalangan, beberapa kekurangannya itu adalah:

1. Harganya Relatif Mahal

Karena memiliki tampilan warna dan motifnya yang terlihat mewah dan menawan, membuat marmer dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Tak jarang harga yang dibandrol berkali-kali lipat lebih mahal dari jenis keramik atau alas permukaan lantai lainnya..

2. Sulit Diperbaiki

Meski memiliki daya tahan tinggi, bukan berarti marmer tidak bisa rusak. Kerusakan seperti retak atau serat rambut, hingga patah dan retak juga dapat terjadi ke permukaan marmer. Jika melakukan perbaikan terhadap sisi permukaan marmer yang rusak, maka harga perbaikannya lebih mahal

ini bisa berupa retak, berlubang, hingga patah. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mengandalkan jasa poles dan perbaikan marmer. Teknisi akan menambal bagian yang rusak menggunakan resin. Jika Anda tidak menginginkan hal ini, maka jalan keluarnya hanyalah mengganti dengan marmer baru. Karena itulah, marmer harus dijaga sebaik mungkin.

Jenis-Jenis Lantai Marmer

1. Onyx Marmer

JENIS LANTAI ONYX MARMER

Marmer onyx merupakan jenis marmer yang memiliki tampilan menyerupai batu onyx yang memiliki tampilan berlapis-lapis, dan seakan transparan. Tampilan pada jenis marmer ini dapat seperti batuan onyx karena terbuat dari mineral chalcedony, cryptocrystalline, silica halus, dan moganite yang mengendap bersamaan. Jenis marmer ini banyak diaplikasikan untuk lantai, dinding, hingga furniture.

2. Cipolin Marmer

jenis lantai Cipolin Marmer

Jika Anda mengingkan nuansa gelap dan mewah, penggunaan cipolin marmer sangat lah sesuai. Tampilan dari cipolin marmer ini disebabkan oleh endapan mineral mika dan talk, sehingga marmer yang satu ini lebih didominasi warna gelap, dan tekstur berlapis yang menyerupai layer pada cake atau abstrak. Motif yang khas ini dapat menyempurnakan interior hunian Anda. Jenis ini umumnya digunakan untuk lantai dan juga dinding pada interior ruangan.

Umumnya, Lantai cipolin marmer ini digunakan untuk interior lantai atau dinding dapur.

3. Statuary Marmer

jenis lantai Statuary Marmer

Jika sebelumnya merupakan jenis marmer berwarna gelap, maka statuary marmer merupakan kebalikannya. Statuary marmer merupakan jenis marmer yang memiliki tampilan yang halus, putih, dan pola berupa retakan.

Keunikan dari marmer yang satu ini membuat statuary marmer sangat populer digunakan sebagai lantai hunian, karena simpel, elegan, dan tidak berlebihan. Statuary marble terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Polished marble: marmer yang permukaannya mulus dan mengkilap
  • Honed marble: marmer dengan tekstur permukaan
  • Acid marble: marmer yang permukaannya timbul dan terasa agak kasar

4.  Breccia Marmer

jenis lantai Cipolin Marmer

Jika Anda membutuhkan marmer yang memiliki tekstur tampilan akhir agak kasar, breccia marmer dapat menjadi pilihan yang tepat. Corak  pada jenis marmer ini sangat cantik dan berwarna cerah. Dengan menggunakan breccia marmer akan membuat tampilannya menyatu dengan elemen ruangan rumah, sehingga terkesan serasi.

5. Shell Marmer

lantai Shell Marmer

Shell marmer merupakan jenis marmer yang paling langka dan mahal dari jenis marmer lainnya. Jenis marmer yang satu ini dapat dikatakan cukup unik, dan eksentrik karena terbentuk dari fosil atau sisa kerangka makhluk menginginkan hidup. Karena bernilai cukup mahal dan sulit ditemukan, Shell marmer seringkali dijadikan point of interest dari sebuah desain baik bangunan maupun interior pada suatu ruangan.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan, kekurangan, dan jenis jenis marmer yang dapat Anda pilih sebagai lantai hunian atau bangunan Anda. Jika Anda membutuhkan Lantai Marmer berkualitas dan dari Supplier terpercaya, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

To Top