Insight

Ketahui Jenis Batu Alam yang Paling Dicari Tahun 2021

jenis batu alam

Kali ini tim News Indotrading akan membahas mengenai jenis-jenis batu alam yang paling banyak dicari 2021. Jika Anda sedang mencari batu alam dari supplier terpercaya, Anda bisa mencarinya di sini.

Pengertian Batu Alam

Batu alam merupakan salah satu bahan bangunan yang paling banyak digunakan dengan tujuan untuk menambah keindahan suatu hunian ataupun gedung.  Tidak sedikit orang yang menjadikan batu alam sebagai bahan utama dalam mendekor hunian atau pun gedung mereka.

Karena selain meningkatkan nilai estetika dari satu bangunan ataupun hunia, batu alam juga dapat memberikan kesan nyaman dan sejuk untuk penghuninya.

Namun karena karakteristik dan sifatnya yang mudah kotor dan sulit dibersihkan, pada umumnya batu alam digunakan hanya sebagai bahan tambahan bangunan atau aksesoris beberapa ruangan tertentu.

Jenis – Jenis Batu Alam yang Paling Banyak Dicari 2021

Menjadi salah satu bahan bangunan populer yang paling banyak dicari dan diminati, berikut jenis-jenis batu ini yang paling banyak dicari 2021 :

1. Batu Alam Andesit

Batu alam Andesit merupakan salah satu batu alam yang paling terkenal karena daya tahannya. Batu Andesit ini tidak mudah lapuk, kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca, sehingga paling banyak dicari masyarakat.

Batu Andesit sudah banyak digunakan dari sejak jaman batu meghalitikum, dan bahan pembangunan candi-candi.  Saat ini batu alam jenis ini banyak digunakan di untuk bagian luar rumah seperti pelapis dinding luar rumah.

2. Batu Alam Marmer

Batu alam marmer juga merupakan jenis batu alam yang paling banyak dicari 2021. Batu alam marmer banyak dicari dan diminati karena keunggulannya yang dapat memberi aksen mewah dengan harga terjangkau. Batu alam marmer merupakan batu alam yang lebih terjangkau dibandingkan batu alam lainnya.

3. Batu Alam Granit

Batu alam granit merupakan jenis batu alam yang keunggulan dan spesifikasinya hampir sama dengan batu alam jenis marmer. Batu alam ini juga banyak diminati masyarakat karena kecantikan, kemewahan dan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Perbedaan Marmer dan Granit

4. Batu Alam Sabak

Sabak atau lebih dikenal di masyarakat dengan nama batu kali merupakan jenis yang paling banyak dicari karena kekuatannya. Batu alam jenis ini banyak digunakan sebagai bahan pondasi bangunan rumah ataupun gedung.

Batu alam sabak juga banyak digunakan sebagai tampilan luar (eksterior) rumah atau gedung; tampilan luar rumah (pagar), kolam renang, taman dan sebagainya.

5. Batu Alam Candi

Jenis ini merupakan batu alam yang hampir mirip dengan batu alam andesit. Memiliki ciri warna yang gelap, umumnya hitam, dan kasar. Batu alam jenis candi ini juga banyak digunakan di bangunan candid an arca, namun untuk ketahanannya batu alam andesit lebih kuat dibandingkan batu alam candi.

6. Batu Alam Paras Jogja

Jenis batu alam yang berasal dari jawa tengah ini memiliki ciri berwarna putih tulang dan lebih lunak dibandingkan jenis lainnya. Jenis ini merupkan batu alam yang paling banyak dicari karena kecantikan warna nya. Namun batu alam jenis ini memerlukan teknik perawatan khusus karena lebih mudah ditumbuhi lumut.

7. Batu Alam Palimanan

 

Batu alam palimanan merupakan salah satu yang juga populer dan paling banyak dicari. Batu alam yang diproduksi di Palimanan, Cirebon ini banyak diminati karena warna nya yang khas krem dengan tekstur berserat seperti kayu, sehingga memberikan kesan lebih natural.

Ini juga merupakan batu alam yang paling mudah dikreasikan dan digabungkan dengan jenis batu lainnya sehingga Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan.

8. Batu Koral

Berbicara mengenai batu alam pastinya tidak terlepas dari batu alam jenis koral. Batu alam koral ini paling banyak dan mudah ditemukan. Selain itu, batu koral juga terkenal dengan harga yang sangat ekonomis dan murah dibandingkan batu alam jenis lainnya.

Bentuk nya yang kecil tidak mengurangi kesan alami yang ditampilkan dari batu jenis koral. Batu alam ini sering digunakan sebagai batu hias di taman ataupun kolam renang.

9. Batu Alam Mozaik

Batu ini merupakan gabungan berbagai macam batu alam yang dijadikan kedalam satu paket yang kemudian banyak dikenal dengan batu alam mozaik. Batu alam mozaik digemari karena banyaknya batu alam yang bisa digunakan dan tetap menghasilkan perpaduan perpaduan yang serasi dan enak dipandang.

10. Batu Alam Gamping

Batu alam gamping atau lebih dikenal dengan batu kapur. Jenis ini banyak dicari karena keunggulan kualitasnya dan variasi warna yang ditawarkan. Untuk ketahanan, batu gamping ini mirip dengan batu Andesit yang tahan di segala cuaca.

Sedangkan yang membedakan jenis batu gamping dengan batu andesit adalah pilihan warna yang tersedia. Batu gamping atau batu kapur ini lebih banyak variasi pilihan warna yang bisa dipilih. Tidak hanya putih, ada biru, cokelat, merah, merah muda dan sebagainya.

Kelebihan Batu Alam

Banyak diminati sebagai bahan penambah aksen satu bangunan, batu alam memiliki kelebihan sebagai berikut :

Tahan Terhadap Cuaca

Mesikipun sulit dibersihkan ketika terkena kotoran, batu alam banyak dipilih sebagai bahan bangunan karena dirasa lebih tahan dari segala cuaca dan tidak mudah lapuk atau kerpos. Contoh nya Andesit. Batu Andesit ini sudah banyak terkenal dengan ketahanannya terhadap cuaca.

Memberikan Kesan Alami

Salah satu tujuan utama penggunaan batu alam sebagai bahan bangunan rumah adalah karena pastinya ingin tampilan rumah atau gedung yang lebih alami terlebih untuk hunian atau gedung yang berada ditengah kota dan pusat industri. Suasana alami dan segar, sejuk akan memberikan suasana berbeda yang akan membuat penghuninya lebih nyaman.

Tampilan Lebih Menarik

Menggunakan batu alam sebagai bahan bangunan juga dapat membuat tampilan hunian atau bangunan semakin menarik. Kesan alami dan mewah sekaligus akan didapatkan pada penggunaan batu alam apapun sebagai salah satu bahan bangunan hunian ataupun gedung.

Kuat dan Tahan Lama

Sulit dibersihkan ketika kotor bukan berarti akan memperpendek daya guna batu alam. Batu alam sudah banyak dikenal sebagai salah satu bahan bangunan yang awet dan tahan lama.

Kekurangan Batu Alam

Harga Lebih Mahal

Jika dibandingkan dengan batu bahan bangunan lainnya, batu alam merupakan salah satu batuan yang paling mahal. Meskipun begitu, hal tersebut sangat wajar jika melihat kualitas dan kesan mewah yang didapatkan dari penggunaan nya.

Lebih Berat

Batu alam juga lebih berat dibandingkan dengan batu han bangunan lainnya. Hal ini berpengaruh pada proses pemasangannya yang akan lebih membutuhkan banyak tenaga dan teknis khusus dalam pemasangannya.

Memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan jenis batu bahan bangunan lainya, batu alam banyak dicari dan digunakan sebagai salah satu bahan bangunan penting. Diatas merupakan jenis-jenis batu alam yang paling banyak dicari 2021.

banner seller
To Top