Insight

Simak 2 Jenis Mesin Bordir Berikut Untuk Mempermudah Bisnis Konveksi Anda

mesin bordir komputer

Konveksi merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup menghasilkan profit, mengingat banyaknya permintaan untuk berbagai kebutuhan. Baik kebutuhan promosi, pakaian suatu kalangan company atau kalangan, hingga kebutuhan secara personal. Dalam bisnis konveksi, tak jarang dibutuhkan mesin bordir, baik itu mesin bordir manual maupun komputer untuk pembuatan bordir sebagai tanda pengenal pada produk yang di produksi.

Jenis mesin bordir pun beragam, mulai dari mesin bordir konvensional hingga mesin bordir komputer. Kedua jenis mesin bordir ini bisa Anda gunakan untuk mempermudah bisnis konveksi Anda. Namun kedua jenis mesin ini memiliki perbedaan yang memiliki keunggulan yang berbeda.

Untuk itu pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas lebih dalam mengenai mesin bordir untuk mempermudah bisnis konveksi Anda.

Jika Anda membutuhkan jenis mesin bordir manual dan mesin bordir komputer, Anda dapat menemukan berbagai brand mesin tersebut secara lengkap di Indotrading!

Baca Juga: 11 Cara Memulai Bisnis Konveksi Dari Rumah dan Strateginya

Mesin Bordir

Mesin bordir adalah mesin yang digunakan untuk pembuatan pola dari benang pada media kain. Penggunaan bordir biasanya dipakai secara komersial untuk product branding, corporate advertising, maupun ornamen pada seragam. Mesin ini juga digunakan dalam industri fashion untuk menghias kain dan pakaian jadi.

Dalam bisnis konveksi proses pembuatan bordir sendiri terdapat dua jenis mesin yang digunakan yaitu mesin bordir manual, dan mesin bordir komputer. Kedua jenis mesin ini memiliki hasil akhir yang cukup berbeda karena teknik pembuatannya.

Mesin Bordir Manual

mesin bordir komputer manual

Mesin bordir konvensional adalah mesin bordir yang pengerjaannya dilakukan secara manual satu persatu produk. Penggunaan mesin bordir untuk kegiatan konveksi umumnya dikerjakan dalam skala kecil dan dilakukan secara teliti.

Kelebihan Mesin Bordir Manual

1. Hasil yang Lebih Memuaskan

Keunggulan pertama dari bordir manual adalah hasil atau motif bordir yang lebih memuaskan. Hal tersebut karena pada proses bordir manual pengerjaannya masih dilakukan oleh manusia, mulai dari membentuk pola desain hingga teknik bordir di atas kain. Hasil bordir manual sendiri juga sulit untuk dimiripkan, mengingat segala prosesnya masih dilakukan secara manual. Sehingga hasil bordir secara manual lebih terlihat tidak pasaran dan berkelas.

2. Terbatas

Mengingat proses pengerjaannya dilakukan secara manual. Produksi dari bordir secara manual pun terbatas. Umumnya konveksi yang menggunakan mesin bordir secara manual hanya menerima pesanan mulai dari 1 pcs hingga beberapa lusin, mengingat pengerjaannya sendiri dilakukan secara manual dan teliti. Sehingga hasil pengerjaannya pun terkesan seperti edisi terbatas.

Kekurangan Mesin Bordir Manual

Meskipun memiliki beberapa keunggulan yang terkesan terbatas sehingga sulit untuk dimiliki orang lain dalam jumlah banyak, mesin bordir manual memiliki beberapa kekurangan.

1. Proses pengerjaan Memakan Waktu yang Cukup Lama

Dalam mengerjakan proses bordir secara manual, umumnya memakan waktu mulai dari satu hari hingga beberapa minggu tergantung dengan tingkat kesulitannya. Sehingga Anda harus memastikan terlebih dahulu bagaimana pola bordir yang hendak dikerjakan.

2. Harga Produksi yang Dipatok Relatif Lebih Mahal

Hasil pengerjaan dari mesin bordir secara manual dapat dikatakan relatif lebih mahal. Hal tersebut karena dalam proses pengerjaannya dibutuhkan ketelitian yang cukup ekstra.

Selain itu proses pengerjaan bordir secara manual pun tidak bisa sembarangan, diperlukan keterampilan tangan dari orang yang ahli atau profesional di bidangnya. Hasil sulaman dari bordir manual terkena unik dan berbeda karena motifnya tidak persis 100% dengan bordir lainnya.

Jika Anda membutuhkan  mesin bordir manual, Anda dapat mendapatkan kualitas dan harga terbaik dari supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga: 10 Pilihan Mesin Jahit Yang Bisa Obras Kualitas Terbaik

Mesin Bordir Komputer

mesin bordir komputer

Mesin bordir komputer adalah mesin bordir yang menggunakan mesin dan komputer dengan berkecepatan tinggi. Jeni Mesin bordir ini terdiri dari berbagai ukuran mulai dari single head, 6 head, 12 head hingga 20 head.

Head sendiri adalah banyaknya proses pengerjaan bordir, mesin bordir tersebut dapat mengerjakan bordiran sebanyak jumlah headnya. Mesin bordir komputer sendiri dapat digunakan untuk bordir celana jeans, tas, mukena, kaos, atau baju yang ukuran bordirnya max, dll.

Keunggulan Mesin Bordir Komputer

Proses konveksi yang menggunakan mesin bordir komputer memiliki beberapa keunggulan jika dibanding dengan mesin bordir dengan cara konvensional.  berikut beberapa kelebihannya:

1. Hasil Lebih Akurat

Hasil bordir dengan menggunakan bordir komputer akan lebih akurat dan sesuai dengan desain yang dibuat sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan film bordir atau biasa disebut juga  film punching dibuat dengan menggunakan program komputer, salah satunya seperti program Wilcom Tajima.

2. Pengerjaan Lebih Cepat

Dengan menggunakan mesin bordir jenis ini pengerjaan bordir akan lebih cepat, karena tidak dikerjakan secara perorangan dan tidak membutuhkan ketelitian. Keunggulan ini juga berdampak pada biaya SDM yang lebih murah.

3. Kombinasi Warna Lebih Banyak

Bagi anda yang membutuhkan warna yang lebih bervariasi pada desain bordir anda, bordir komputer merupakan pilihan tepat karena kombinasi warna benang yang mampu digunakan oleh bordir komputer umumnya lebih banyak, dan jauh dari kegagalan mengingat sebelumnya telah didesain menggunakan komputer.

4. Biaya Produksi Lebih Murah

Proses produksi yang bisa dilakukan secara otomatis oleh mesin bordir membuat biaya produksi kuantitas banyak dengan menggunakan bordir komputer lebih murah. Apabila ada order bordir dengan jumlah banyak namun dengan motif sama bordir komputer akan lebih murah dibanding bordir manual.

5. Jauh Dari Human Error

Penggunaan mesin bordir komputer cukup berbeda, karena dengan menggunakan mesin ini dapat meminimalisir human error karena ketidak telitian. Hal tersebut terjadi karena mesin bordir komputer menggunakan tenaga komputer dalam proses pembordiran.

Kekurangan Penggunaan Mesin  Bordir Komputer

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, mesin ini memiliki kekurangan pada harga mesin bordirnya. Umumnya mesin bordir komputer yang canggih, dan otomatis dijual dengan harga yang relatif lebih mahal daripada mesin bordir manual. Maka dari itu, teknik bordir komputer cenderung diaplikasikan oleh konveksi besar atau garmen yang memiliki skala produksi besar. Bordir komputer yang digunakan pada skala produksi yang sedikit justru bisa membuat pengeluaran menjadi lebih banyak terkait dengan pembuatan film pancing.

Itulah Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari mesin bordir. Anda dapat menyesuaikan jenis mesin apa yang hendak Anda gunakan untuk bisnis konveksi Anda.

Jika Anda membutuhkan mesin bordir komputer, Anda dapat mendapatkan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top