Insight

Umum Diketahui Sebagai Rangka Atap, Berikut Kegunaan Lain Dari Baja Ringan

kegunaan baja ringan

Baja ringan merupakan salah satu material konstruksi yang umum diketahui sebagai rangka atap bangunan. Namun baja ringan juga memiliki kegunaan lain selain rangka atap  dengan menyesuaikan jenis baja yang digunakan.

Baja ringan sendiri saat ini banyak dipilih sebagai material suatu produk ungtuk mengganti peran kayu yang memiliki harga cukup mahal dan mudah lapuk. Untuk itu kali ini Tim Indotrading news akan membahas lebih lanjut mengenai beragam jenis dan kegunaan lain baja ringan selain rangka atap.

Sebelum membahas baja ringan lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai pilihan Baja Ringan terbaik dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Baja Ringan

Baja ringan adalah baja karbon yang memiliki sifat kaku dan kuat sehingga banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Kegunaan baja ringan mempunyai feromagnetisme sehingga tak hanya dimanfaatkan dan digunakan sebagai rangka atap. Walaupun bobotnya ringan, konstruksi baja ringan tidak kalah kuat dengan konstruksi kayu dan baja konvensional. Baja Ringan sendiri memiliki beragam jenis, sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Baja Ringan

kegunaan baja ringan

1. Baja Ringan Kaso

Baja ringan kaso atau yang umum disebut sebagai baja Trus, merupakan jenis baja ringan yang dipakai menjadi kaki utama pada sebuah konstruksi bangunan sebagai kuda-kuda. Jenis baja ini sendiri terbagi menjadi dua profil, yaitu profil C dan W. Kedua profil ini dapat dibedakan dari segi ukurannya. Profil C lebih kecil daripada ukuran profil W.

Penggunaan kaso juga dapat menjadi tiang pada konstruksi yang tak mempunyai beban yang begitu berat, seperti menopang kanopi. Baja ringan jenis ini mudah dalam segi penggunaan dalam proses pembangunan konstruksi sehingga membuat durasi pengerjaan lebih singkat. Selain itu, pemakaian baja ini mampu dikondisikan sesuai kebutuhan.

2. Baja Ringan Reng

Baja ringan reng merupakan jenis yang mudah dibedakan secara jelas dengan jenis baja ringan lainnya. Hal tersebut karena bentuk dari baja ringan reng berbentuk seperti huruf W dan bentuk trapesium. Baja ringan reng adalah bagian atap bangunan yang digunakan untuk meletakkan genteng. Masyarakat sering menyebut baja ringan ini dengan profil B.

Dahulunya, profil B ini biasanya terbuat dari bahan bambu. Namun, karena proses pembuatan yang memakan waktu lama dan harus melalui serangkaian proses agar tahan lama, maka hadirlah reng yang terbuat dari baja ringan. Profil B ini sendiri memiliki ketahanan yang kuat, dan memiliki ketebalan antara 0.40 hingga 0.60 mm.

3. Baja Ringan Taso

Jenis Baja ringan yang satu ini memiliki bentuk seperti huruf A, baja ringan taso sendiri merupakan jenis baja ringan yang dari luar tampak seperti balok kecil yang berfungsi guna mengikat baja ringan reng atau profil B. 

Taso ini memiliki ukuran yang cukup tipis dengan ketebalan sekitar 31 hingga 100 mm. Semakin tipis tebal ukuran baja ringan taso, maka semakin bagus pula tampilan bangunan Anda. Penggunaan baja ringan taso ini wajib jika Anda ingin menyusun rangka atap bangunan yang kokoh.

Selain mempercantik desain bangunan, baja ringan taso sering digunakan untuk mengikat tiang utama atau kuda-kuda. Kegunaan lainnya baja ini dapat menguatkan gording supaya peletakan permukaan atap bangunan menjadi lebih baik.

4. Baja Ringan Kanal C

Penggunaan jenis yang satu ini umum digunakan untuk membangun asbes, partisi dinding jendela, gordin, hingga dudukan plafon. Bentuk dari jenis ini seperti Huruf C, selain itu penggunaan kanal C ini cocok untuk untuk kuda-kuda atap yang sifatnya dominan ringan.

5. Baja Ringan Profil Hat

Jenis yang satu ini merupakan baja high tensile dengan pilihan ketebalan 0,55 dan 0,85 mm TCT. Memiliki lapisan pelindung berupa alumunium dan seng. Biasanya, jenis baja ini dipakai untuk menyangga atap atau menjadi rangka kuda-kuda bagi beberapa bangunan krusial.

Penggunaannya Profil hat banyak dipilih karena tahan karat, bobot yang ringan, dan pemasangannya yang tidak merepotkan.

6. Hollow Baja Ringan Galvalum

Jenis Baja ini juga memiliki campuran dari galvalum yang memiliki high tensile strength hingga 5500 Kg/cm2. Sehingga jenis galvalum ini didukung dengan kualitasnya yang baik dan banyak direkomendasikan oleh perusahaan di bidangnya. Menggunakan profil kotak sebagai presentasi dari materialnya.

7. Hollow Baja Ringan Gypsum

Jenis yang satu ini merupakan jenis yang masih banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi, dari berbagai macam bangunan. Material hollow ini terbuat dari stainless dan lapisan meni. Terkenal dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan plafon rumah atau gedung-gedung sesuai kebutuhan

Penggunaan material baja hollow ini masih digunakan karena penggunaannya tahan lama, serta ringan dan praktis ketika digunakan.

Baca Juga: Ketahui Jenis jenis Rangka Atap Baja Ringan Serta Kelebihannya

Kegunaan Baja Ringan Selain Sebagai Rangka Atap

Awamnya Baja Ringan hanya digunakan sebagai rangka atap. Padahal kegunaannya tak hanya itu saja, berikut kegunaan lain dari baja ringan:

1. Plafon 

Selain digunakan sebagai rangka atap, baja ringan juga bisa digunakan untuk plafon langit-langit rumah. Baja ringan sendiri banyak dipilih sebagai rangka plafon karena mudah untuk dibentuk, disusun dan dipasang. Selain itu baja ringan juga mudah untuk dipasangkan dengan berbagai macam jenis plafon seperti triplek, GRC, gypsum dan sebagainya.

2. Kanopi

Selain untuk konstruksi bangunan, baja ringan kini juga umum dipakai untuk pembuatan kanopi. Jenis material ini umum digunakan sebagai kanopi karena pemasangannya cepat dan materialnya mudah disesuaikan dengan desain yang diinginkan.

3. Pagar

Berasal dari material yang kokoh, kuat, dan tahan karat membuat baja ringan banyak digunakan sebagai rangka pagar. Material ini juga banyak digunakan karena tidak perlu perawatan,pengecatan ulang secara rutin, serta tidak mudah lapuk dan tahan terhadap serangan rayap sehingga cocok jika dibuat menjadi pagar rumah

4. Furniture 

Apabila baja ringan di pegang oleh orang yang kreatif, material ini dapat disulap menjadi berbagai jenis furniture seperti meja baja ringan, kursi baja ringan, lemari baja ringan, rak sepatu baja ringan, rak buku baja ringan, tangga baja ringan dan masih banyak lagi.

Itulah pembahasan mengenai jenis jenis baja ringan, dan fungsi lain baja ringan selain sebagai rangka atap rumah. Jika Anda ingin menggunakan Baja Ringan untuk berbagai kebutuhan, pastikan untuk menggunakan produk yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan Baja Ringan dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga: Ketahui lebih lanjut Baja Ringan Paling Lengkap dan Kelebihannya

banner seller
To Top