Insight

Inilah Tips-Tips Memilih Timbangan Dapur yang Bagus dan Berkualitas

Inilah Tips-Tips Memilih Timbangan Dapur yang Bagus dan Berkualitas

Memasak menjadi kegiatan yang bisa dilakukan siapa saja di dapur, baik oleh ibu rumah tangga atau siapapun yang gemar memasak. Sehingga peralatan masak seperti timbangan dapur menjadi salah satu alat yang penting untuk menunjang dan mempermudah kegiatan memasak itu sendiri. Khususnya bagi Anda yang baru belajar memasak, tentu Anda membutuhkan timbangan tersebut untuk mengukur bahan makanan.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas tentang manfaat serta tips-tips memilih timbangan dapur yang bagus dan akurat. Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis timbangan digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Indotrading.

Baca Juga: Ini Dia Cara Membersihkan dan Tips Merawat Penghisap Cooker Hood

Apa Itu Timbangan Dapur?

Timbangan dapur adalah timbangan yang khusus digunakan untuk menimbang atau mengukur bahan makanan. Bahan makanan tersebut bisa ditimbang dalam satuan ons, gram, dan lain sebagainya. Timbangan ini menjadi alat yang dibutuhkan, karena umumnya rasa makanan akan lebih lezat apabila takaran bumbunya tepat.

Apalagi saat Anda memasak kue atau memasak makanan yang membutuhkan takaran bumbu yang pas dan sesuai, alat ini akan sangat berguna untuk kebutuhan memasak Anda. Kini timbangan dapur banyak yang tersedia dalam bentuk timbangan digital.

Manfaat dari Timbangan Dapur

Selain untuk menimbang bahan makanan yang ada. Timbangan ini juga memiliki fungsi atau manfaat yang lain, yaitu:

1. Ukuran Lebih Akurat

Umumnya, timbangan digital memiliki tingkat konsistensi yang tinggi sehingga ukurannya bisa lebih tepat dan akurat. Sehingga timbangan tersebut sudah tentu akan mengukur bahan makanan Anda sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

2. Membantu mengonversi pengukuran

Selanjutnya, manfaat dari timbangan ini adalah mampu mengonversi pengukuran. Karena tidak semua bahan makanan diukur dalam satuan kilogram, timbangan ini mampu mengonversi pengukuran ke satuan yang lain, sehingga Anda tidak perlu lagi menghitung secara manual.

3. Dapat mengukur informasi gizi

Timbangan dapur digital, sekarang ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti penghitung kalori atau informasi gizi dari bahan makanan yang ditimbang. Sehingga memudahkan Anda untuk menjaga jumlah gizi yang ada pada makanan Anda.

4. Mempersingkat Waktu

Manfaat dari timbangan ini yang terakhir adalah dapat mempersingkat waktu. Anda bisa menimbang bahan makanan dalam satu wadah saja. Skala timbangan digital bisa diatur ulang menjadi 0.00, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan bahan-bahan wadah bumbu atau makanan yang Anda ukur

Tips-Tips Memilih Timbangan Dapur yang Tepat

Setelah mengetahui tentang apa itu timbangan dapur dan manfaatnya, ini dia tips-tips memilih timbangan dapur yang tepat dan akurat untuk kebutuhan Anda:

1. Pilihlah berat maksimum yang sesuai dengan kebutuhan

Tips memilih timbangan yang pertama adalah pilihlah berat maksimum  yang sesuai. Jika Anda seorang pedagang kue dan membutuhkan timbangan untuk membuat kue dalam jumlah banyak, Anda tentu memerlukan timbangan dengan berat maksimum yang tinggi. Namun apabila Anda membutuhkan timbangan digital hanya untuk bahan makanan yang ada di rumah saja, maka sebaiknya pilih timbangan dengan berat maksimum yang medium.

2. Pilihlah timbangan dengan tingkat ketidakpastian yang kecil

Selanjutnya, dalam memilih timbangan digital, Anda perlu memilih timbangan dengan angka ketidakpastian yang rendah. Karena alat ukur dengan angka ketidakpastian yang rendah memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Sehingga proses pengukuran bahan makanan juga akan tepat dan menghasilkan makanan yang lezat.

3. Pilihlah timbangan yang tahan air

Kemudian karena proses memasak sangat rentan terhadap air, maka pilihlah timbangan digital yang tahan air. Timbangan yang tahan air akan lebih tahan lama kegunaannya. Timbangan yang tahan air juga akan sangat membantu Anda saat memasak.

4. Pilih juga timbangan yang ramping

Pilihlah produk yang memiliki bentuk yang ramping sehingga Anda bisa menghemat ruang di dapur Anda. Timbangan yang ramping juga tentunya akan mudah dipindahkan atau disimpan di lemari.

5. Pilih fitur timbangan yang sesuai dengan kebutuhan

Timbangan dapur digital kini tersedia dengan fitur-fitur yang jauh lebih lengkap. Pilihlah timbangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Fitur-fitur tersebut seperti timer, layer LED, dan tombol “tare” yang akan mengembalikan angka timbangan ke posisi nol.

6. Pilih timbangan yang mudah dibersihkan

Bahan-bahan makanan yang ditimbang nantinya juga memiliki kemungkinan berceceran. Maka pilihlah timbangan digital yang mudah dibersihkan, agar makanan dan dapur juga tetap dalam keadaan bersih dan higenis.

7. Pilih bahan timbangan yang tahan lama

Tentu dalam membeli barang termasuk timbangan, Anda mengingkan barang yang dibeli tersebut awet dan tahan lama. Tips yang terakhir dalam memilih timbangan digital ini adalah pilihlah bahan timbangan yang tahan lama. Diantara banyak jenis bahan timbangan makanan, yang paling awet adalah stainless steel. Bahan ini tidak akan berkarat, tahan panas, dan juga kokoh.

Itulah beberapa manfaat beserta tips-tips yang bisa dijadikan acuan untuk Anda dalam memilih timbangan dapur.

Jika Anda memerlukan timbangan dapur, Anda bisa menemukannya di Indotrading. Plaftform Indotrading menyediakan berbagai macam timbangan, timbangan dapur, atau timbangan digital lain. Anda bisa memilihnya sesuai dengan harga dan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Timbangan Digital untuk Kebutuhan Anda

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top