Insight

Ini Dia Cara Membersihkan dan Tips Merawat Penghisap Cooker Hood

Ini Dia Cara Membersihkan dan Tips Merawat Penghisap Cooker Hood

Cooker hood atau yang juga disebut penghisap asap dapur merupakan peralatan dapur yang dapat mengurangi asap dan aroma menyengat dari proses memasak. Penggunaannya pun cukup penting karena fungsinya yang dapat menjaga kesehatan udara di dapur. Namun jika penggunaan dan perawatannya buruk maka dapat membuat kinerja dari cooker hood tidak optimal.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Indotrading News akan membahas cara merawat dan tips dalam membersihkan Cooker Hood.

Namun sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan berbagai pilihan Cooker Hood berkualitas dan terpercaya di Indotrading.

Penghisap Asap Dapur

Cooker Hood atau yang sering disebut penghisap asap dapur merupakan alat yang sangat berguna, terutama bagi Anda yang suka memasak dengan produksi asap yang cukup banyak.

Alat penghisap asap dapur yang satu ini sangat bermanfaat terutama untuk melindungi kesehatan dari infeksi saluran pernapasan karena menghirup udara kotor di dapur

Kekuatan daya sedot cooker hood ini umumnya diukur dalam ukuran m3/jam. Semakin tinggi ukurannya, semakin besar pula daya sedot yang dimiliki cooker hood.

Keunggulan Penggunaan Penghisap Asap Dapur

Ini Dia Cara Membersihkan dan Tips Merawat Penghisap Cooker Hood

Penggunaan alat yang satu ini sangat berguna selain dapat menyedot aroma dari masakan agar tidak menyebar ke seluruh ruangan, masin banyak lagi keunggulan penggunaan cooker hood ini, diantaranya:

  • Penggunaan cooker hood dapat menjaga ruangan dapur dan ruangan lainnya dalam hunian tetap bersih dan sehat karena udara yang dihirup tidak bercampur dengan asap dari masakan yang dimasak.
  • Dapat membuat dinding pada belakang kompor terhindar dari asap minyak yang dapat meninggalkan jamur pada dinding.
  • Tidak perlu risau jika memasak diwaktu yang tidak tepat, karena cooker hood dapat menyerap asap masakan dan juga dilengkapi dengan lampu yang langsung menyorot ke makanan.
  • Tampilan cooker hood yang stylish dapat membuat tampilan dapur Anda terlihat bersih, modern, mewah dan memiliki nilai estetika yang lebih.

Cara membersihkan Penghisap Asap Dapur

Cara membersihkan Penghisap Asap Dapur

Salah satu upaya dalam menjaga kebersihan dapur adalah dengan menggunakan cooker hood. Namun apabila cooker hood dalam keadaan kotor, maka alat penghisap dapur ini tidak dapat bekerja secara maksimal, mengigat alat ini digunakan untuk menghisap udara kotor dari asap sisa pembakaran sehingga harus sering-sering dibersihkan agar filter udaranya tetap bagus.

Untuk memudahkan Anda dalam membersihkan cooker hood, berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti:

1. Siapkan Peralatan

Ketika Hendak membersihkan cooker hood ini Anda membutuhkan alat-alat yang digunakan sebagai pembersih yang terdiri dari air, detergen, sponge, kain lap, dan sikat dengan bulu yang halus.

Masing-masing alat-alat pembersih tersebut memiliki peran penting untuk membersihkan setiap bagian cooker hood agar proses pembersihan bisa lebih maksimal.

2. Lepaskan Bagian Penutup

Agar seluruh bagian pada cooker hood dapat dibersihkan secara keseluruhan, maka Anda perlu membuka bagian penutup yang terdapat di bagian bawah Cooker hood. Cara melepas bagian ini adalah dengan membuka penjepit pada bagian filter kawat yang melekat atau menempel di bagian dalam penutup.

3. Rendam Filter yang Sudah Dilepas

Setelah filter cooker hood sudah dilepaskan, maka Anda dapat merendam bagian filter tersebut dengan larutan deterjen selama beberapa saat. Pastikan untuk menggosokkan filter tesebut menggunakan sponge yang agar pembersihannya lebih merata.

Jika menemukan noda yang membandel seperti kerak yang sulit dibersihkan, maka solusinya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sikat berbulu halus. Cara ini bisa dapat dilakukan untuk membersihkan noda-noda seperti minyak yang menempel pada filter cooker hood.

4. Bilas Menggunakan Air Bersih

Setelah semua filter telah dibersihkan dengan bersih menggunakan detergen, air, dan kain lap, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membilas semua filter tersebut hingga bersih.

Gunakan air bersih untuk membilasnya dan pastikan semua bagian terbilas sampai tida ada busa bekas mencuci yang tersisa.

5. Keringkan Filter

Agar cooker hood yang sudah dibersihkan dapat digunakan kembali, maka filter yang masih basah tersebut dapat dikeringkan dengan cara dijemur hingga kering. Setelah filter tersebut telah kering, Anda dapat memasang kembali filter tersebut pada bagian cooker hood agar bisa digunakan seperti sedia kala.

6. Bersihkan Bagian Body

Tidak hanya bagian filter cooker hood saja yang harus dibersihkan, namun bagian body cooker juga sangat perlu dibersihkan. Bagian body cooker juga sangat penting untuk dibersihkan, karena khawatir jika masih terdapat bekas noda yang menyiprat atau melekat.

Cara membersihkannya body cooker hood ini cukup mudah, yakni dengan mengelapnya memakai lap basah yang diberi sedikit cairan pembersih.

Setelah dibersihkan secara merata, maka Anda harus membilasnya menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan lap kering. Jika sudah dirasa bersih dan kering, bagian filter dan body bisa dipasang kembali agar bisa digunakan kembali.

Tips Dalam Merawat Penghisap Asap Dapur

Tips Dalam Merawat Penghisap Asap Dapur

Agar cooker hood yang Anda miliki dapat digunakan untuk rentang waktu yang lama, Anda perlu melakukan perawatan rutin. Berikut beberapa tips merawat cooker hood yang bisa Anda lakukan:

  1. Bersihkan cooker hood secara berkala pada semua bagian, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan lap yang telah dibasahi sebelumnya.
  2. Pastikan cerong asap pada bagian cooker hood tidak ada hambatan, terumata jika Anda menggunakan cooker hood model chimney series.
  3. Bersihkan dan lap bagian luar cooker hood secara rutin untuk menghindari korosi pada permukaan.
  4. Ganti filter karbon aktif jika habis, karena bagian ini merupakan bagian penting yang digunakan untuk menghisap asap ataupun bau yang tidak sedap.

Itulah pembahasan lengkap mengenai keunggulan penggunaan cooker hood serta cara membersihkan dan merawat cooker hood agar dapat digunakan secara optimal. Jika Anda belum memiliki cooker hood, Anda dapat menemukan berbagai Cooker Hood berkualitas dari brand terpercaya dan Supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga: 5 Inspirasi Model Kitchen Set Minimalis Minim Budget

To Top