Insight

Inilah Tips-Tips Memilih Meja Rapat yang Sesuai Untuk Kantor Anda

Inilah Tips-Tips Memilih Meja Rapat yang Sesuai Untuk Kantor Anda

Meja konferensi atau lebih dikenal dengan meja rapat, merupakan salah satu inventaris kantor yang penting. Oleh karena itu, perlu memilih meja rapat yang sesuai dengan suasana dan kebutuhan kantor Anda. Pemilihan meja rapat yang tepat juga diperlukan agar suasana rapat dan diskusi menjadi lebih rileks, sehingga karyawan bisa dengan nyaman bertukar ide atau pikiran.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas lebih lanjut mengenai tips memilih meja rapat yang tepat beserta inspirasi desainnya. Namun sebelum membahas lebih lanjut, Anda bisa menemukan meja rapat yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Indotrading.

Apa Itu Meja Konferensi/ Meja Rapat?

Meja konferensi, atau disebut dengan meja rapat adalah meja yang digunakan oleh kantor sebagai meja untuk keperluan rapat dan berdiskusi. Meja tersebut juga merupakan salah satu furnitur yang mendukung untuk bertemu dengan klien atau presentasi secara internal. Adanya meja rapat ini juga membuat karyawan, klien atau mitra kerja dapat dengan nyaman mengadakan pertemuan-pertemuan di ruang rapat.

Baca Juga: Siapkan Budget! Ini Daftar Harga Terbaru Meja Kantor 2021

Tips Memilih Meja Rapat

Untuk memudahkan Anda dalam memilih meja rapat yang tepat dan nyaman, berikut ini adalah tips-tipsnya:

1. Pilih bahan material meja yang tepat

Meja rapat umumnya akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bahan material meja yang awet dan tahan lama. Material meja rapat yang biasa digunakan adalah kayu jati dan mahoni, MDF, particle board, kaca, atau metal.

Dengan mengetahui material meja rapat tersebut, Anda juga akan dengan mudah melakukan perawatannya. Misalnya meja dengan material kayu jati, maka perwatannya adalah dengan mengelap meja tersebut dengan cairan khusus kayu jati.

2. Sesuaikan ukuran dan bentuk meja dengan ruang rapat

Selanjutnya, hal yang penting saat memilih meja rapat adalah memilihnya sesuai dengan ukuran ruang rapat.

3. Memilih warna meja rapat yang sesuai

Warna meja yang tepat akan membawa suasana interior ruangan menjadi lebih nyaman dan lebih baik. Memilih warna meja yang tepat harus berdasarkan pada warna ruangan, apakah ruangan tersebut tema warnaya minimalis, pastel, atau lainnya.

4. Cek dimensi meja rapat

Selain warna dan ukuran, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah dimensi meja. Meja rapat yang baik adalah yang masih memberikan jarak antara lutut dengan bagian bawah meja, sehingga meja akan sejajar dengan siku tangan ketika duduk. Ini juga berpengaruh pada kenyamanan saat menggunakan meja rapat tersebut.

5. Ketahui fitur yang mendukung meja rapat

Dalam memilih meja rapat Anda juga perlu mengecek fitur lain yang menunjang efektifitas pemakaian meja tersebut. Misalnya roda di bawah meja yang bertujuan agar meja mudah dipindah-pindah. Lalu ada juga fitur lipat yang berfungsi agar meja bisa dilipat apabila tidak digunakan. Kemudian fitur lain seperti stop kontak yang ada pada bagian tengah atau bawah meja.

Inspirasi Model Meja Rapat

Desain dari meja rapat juga akan mempengaruhi suasana rapat kantor Anda. Meja rapat harus memiliki desain yang tidak terkesan kaku, sehhingga nantinya suasana rapat juga akan jauh lebih rileks dan diskusi bisa berjalan dengan nyaman. Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain meja rapat yang bisa anda pilih sebelum membelinya:

1. Meja rapat kayu

Desain meja rapat kayu ini memiliki kesan bergaya profesional. Umumnya meja rapat kayu didesain dengan ukuran yang besar, terkesan tegas, namun tetap memiliki kesan kasual dan santai. Materialnya sendiri terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu jati. Aksen yang ada pada kayu juga membuat meja ini terkesan natural sehingga nantinya menciptakan suasana rapat yang hangat dan tidak terlalu kaku.

2. Meja rapat dekoratif

Selanjutnya, meja rapat yang dekoratif biasanya memiliki aksen yang unik dan rustic. Umumnya ditandai dengan sofa minimalis dan meja rapat yang rendah sehingga bergaya unik. Meja ini akan membuat suasana rapat terkesan menyenangkan dan tidak menegangkan.

3. Meja rapat dengan pilihan warna menarik

Interior ruang rapat yang berwarna cerah akan membuat suasana rapat menjadi rileks dan semarak. Biasanya meja rapat dengan desain ini memiliki ciri meja dilapisi dengan taplak warna-warni. Meja juga disusun sedemikian rupa hingga membentuk huruf U. Kesan dari meja rapat ini adalah serius tapi tetap santai.

4. Meja rapat yang tinggi

Desain selanjutnya adalah meja rapat tinggi, biasanya dilengkapi dengan menggunakan kursi bar. Meja ini memberikan kesan yang santai namun tetap profesional.

5. Meja rapat berbentuk bulat

Berikutnya, desain meja rapat yang terakhir adalah meja dengan bentuk bundar. Desain meja rapat ini akan menyisakan ruang gerak untuk kursi atau furnitur lain. Meja rapat bulat ini biasanya dipadukan dengan kursi yang empuk sehingga menciptakan suasana yang lebih luwes dan rileks saat rapat.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih meja konferensi beserta inspirasi desainnya. Pemilihan meja rapat yang tepat akan mempengaruhi produktivitas dan sangat mendukung kenyamanan Anda dalam bekerja.

Anda dapat menemukan beragam jenis meja rapat dengan kuaitas dan harga terbaik di Indotrading, dengan supplier meja seluruh Indonesia.

Baca Juga: 10 Desain Meja Kantor Minimalis Terbaik dan Banyak Dicari 2021

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top