Insight

Inilah 4 Fungsi Lain Dari Kabel UTP yang Perlu Diketahui

fungsi kabel utp

Kabel UTP merupakan salah satu penyambung jaringan LAN, serta jaringan internet pada komputer. Meskipun fungsi utamanya seperti itu, kabel UTP sendiri memiliki fungsi lain yang jarang diketahui. walaupun begitu, penggunaannya pun harus disesuaikan dengan jenis kabel UTP yang hendak digunakan.

Sehingga pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas lebih lanjut beberapa fungsi lain dari  kegunaan kabel UTP yang perlu disesuaikan dengan jenis kabel UTP yang ada.

Sebelum membahas lebih lanjut. Anda dapat menemukan berbagai pilihan Kabel UTP terbaik dengan kualitas dan harga yang sesuai di Indotrading!

Kabel UTP

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) adalah jenis kabel jaringan untuk internet pada sistem jaringan komputer, jaringan Local Area Network (LAN), dan telepon VOIP. Kabel jenis ini mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data. Jenis kabel ini terdiri dari UV Resistant Sheath, Foiled Shielding, Clear Film, Pull Cord, Full Copper Twisted Pair dan terdiri dari 4 pasang kabel yang dipilin (twisted).

Jenis kabel ini berbeda dengan jenis kabel lainnya, Pada jenis kabel ini dilengkapi dengan 8 buah kabel dengan warna unik di tiap kabel. Kedelapan warna tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda. Berikut 8 warna kabel UTP beserta dengan fungsinya:

  1. Jingga: Kabel warna jingga ini berfungsi sebagai penghantar paket data.
  2. Putih-Jingga: Kabel warna putih-jingga memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  3. Hijau: Kabel warna hijau memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  4. Putih-Hijau: Kabel warna putih-hijau memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  5. Biru: Kabel warna biru memiliki fungsi sebagai penghantar paket suara.
  6. Putih-Biru: Kabel warna putih-biru memiliki fungsi sebagai penghantar paket suara/
  7. Coklat: Kabel warna coklat memiliki fungsi sebagai penghantar tegangan DC.
  8. Putih-Coklat: Kabel warna putih-coklat memiliki fungsi sebagai penghantar tegangan DC

Jenis-Jenis Kabel UTP

Kabel UTP sendiri memiliki beberapa macam jenis yang umum digunakan. Umumnya jenis-jenis dari kabel UTP tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelas, berikut jenis jenis dari kabel UTP yang perlu diketahui :

1. Kabel Straight-Through

Jenis kabel UTP tipe Straight – Through ini merupakan kabel yang memiliki aturan penyusunan rapi pada ujung konektor yang satu dengan konektor yang lain.

Kabel dengan tipe Straight – Through merupakan jenis kabel yang sering digunakan untuk menghubungkan dua perangkat, seperti antara router dengan switch/hub, komputer ke switch dan komputer ke hub. Pola penyusunan jenis kabel ini umumnya dimulai dari putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat dan coklat. Untuk memudahkan tampilan visualnya, berikut tampilan dari kabel straight through:fungsi kabel utp2. Cross-Over

Untuk jenis kabel yang satu ini kabel tipe cross-over memiliki aturan penyusunan yang berbeda antara tiap ujung konektor. Tipe cross-over biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Misalnya antara komputer dengan komputer, router dengan router, switch dengan switch, hub dengan hub.

Pola penyusunan kabel di konektor 1 biasanya dimulai dari putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat dan coklat. Sedangkan untuk konektor dua aturannya adalah putih-hijau, hijau, putih-jingga, biru, putih-biru, jingga, putih-coklat dan coklat. Untuk memudahkan Anda dalam visualisasi, berikut tampilannya:fungsi kabel utp3. Roll- Over 

Jenis terakhir ini adalah tipe Roll-Over. Kabel ini memiliki aturan penyusunan yang berbeda karena kedua ujung konektor memiliki aturan penyusunan yang terbalik.

Kabel tipe roll over ini umum digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang berbeda. Jenis kabel ini lebih kepada menghubungkan perangkat yang memiliki konsol, seperti switch dengan printer, switch dengan proyektor. Adapun urutan pemasanan kabel roll-over sebagai berikut:

fungsi kabel utp

Baca Juga: Inilah Kabel UTP yang Paling Populer di Dunia IT

Fungsi Kabel UTP Dalam Jaringan Komputer

fungsi kabel utp

Secara umum kabel UTP berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat dalam jaringan sehingga dapat saling berkomunikasi atau bertukar data. Umumnya kabel UTP digunakan untuk membentuk jaringan LAN (Local Area Network). Namun fungsinya tidak hanya itu saja, lebih lanjutnya berikut fungsi kabel UTP dalam jaringan secara lebih rinci:

1. Sebagai penghubung antar komputer

Jika anda ingin menghubungkan jaringan antara komputer, Anda dapat menggunakan kabel UTP untuk menghubungkannya. Untuk menghubungkan antar komputer tersebut, pemasangan kabel UTP dilakukan dengan susunan cross.

2. Sebagai Penghubung komputer dengan switch/hub

Saat ingin memasang instalasi jaringan lebih dari dua komputer, maka perlu adanya hub/ switch sebagai titik penghubung. Pada kasus ini kabel UTP juga berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan hub/ switch. Untuk hubungan ini kabel UTP dipasang dengan susunan straight.

3. Sebagai Penghubung router dengan switch/ hub

Jika anda membutuhkan router pada switch hub, Anda juga dapat menggunakan kabel UTP sebagai penghubung. Untuk melakukan fungsi ini, kabel UTP juga dipasang dengan susunan straight.

4. Membuat USB Extender

Selain menjadi penghubung, fungsi lain kabel UTP adalah sebagai kabel perpanjangan USB, yitu memperpanjang jarak USB port dengan USB connector. Selain sebagai perpanjangan kabel USB, kabel UTP juga dapat digunakan untuk perpanjangan kabel printer.

Itulah pembahasan mendalam mengenai jenis-jenis dan empat fungsi lain dari kabel UTP yang jarang diketahui orang awam. Jika Anda membutuhkan rekomendasi mengenai Kabel UTP Anda dapat melihat 10 Rekomendasi Merek Kabel UTP Untuk Jaringan Lokal.

Jika Sudah menemukan merek yang kabel UTP untuk jaringan lokal yang sesuai untuk digunakan, Anda bisa mendapatkan produk kabel UTP dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

 

banner seller
To Top