Insight

4 Rekomendasi Air Conditioner Terbaik untuk Anda di 2022!

rekomendasi Air Conditioner

Indonesia merupakan negara dengan cuaca dan iklim yang memiliki suhu yang cenderung hangat. Sehingga tak jarang membutuhkan yang namanya pendingin ruangan. Umumnya masyarakat menggunakan kipas angin, exhaust fan, ataupun menggunakan Air Conditioner untuk menyejukkan suhu ruangan.

Dari beberapa penyejuk ruangan yang telah disebutkan sebelumnya, AC merupakan jenis penyejuk yang paling unggul. Hal tersebut karena AC dapat dengan cepat menyejukkan ruangan, brand dan jenis AC yang beredar di pasaran saat ini cukup beragam. Agar Anda mendapatkan pilihan yang tepat, pada kali ini tim Indotrading News akan membahas rekomendasi Air conditioner terbaik untuk Anda.

Namun sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan pilihan Air Conditioner (AC) dari brand terpercaya di Indotrading.

Apa itu Air Conditioner?

Air Conditioner (AC) merupakan mesin yang digunakan untuk mengatur suhu suatu ruangan, kelembaban serta kualitas udara di dalamnya. Pengaturan suhu ini memiliki fungsi untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin atau sejuk, sehingga ruangan terasa nyaman.

AC memiliki keuntungan lebih dari jenis penyejuk lainnya, hal tersebut karena AC dapat meningkatkan kualitas udara, meningkatkan produktivitas karena berada di suhu yang sejuk, serta dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Tips Memilih Air Conditioner yang Sesuai

tips memilih Air Conditioner

Saat ini air conditioner tersedia dari berbagai brand brand berkualitas. Untuk menentukan pilihan dalam memilih ac yang sesuai berikut tips dalam memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan:

1. Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

Ketika ingin menggunakan AC, salah satu hal yang terpenting yang perlu diketahui adalah besaran Paardekracht (PK). PK sendiri merupakan besaran tenaga yang bisa dihasilkan dari pendingin ruangan. Sehingga besaran PK dalam memilih AC menjadi salah satu hal utama yang harus diketahui dan ditentukan, untuk mengetahui besaran PK yang dibutuhkan Anda dapat menggunakan rumus agar suhu dingin yang dihasilkan AC dapat menyebar dengan merata.

Anda dapat menggunakan rumus Panjang ruangan (m) x lebar ruangan (m) x tinggi ruangan/3 (m) x 500 untuk mengtahui kebutuhan PK yang sesuai. Setelah mendapatkan hasil perhitungan, Anda dapat menyesuaikan dengan ukuran PK yang sesuai seperti dibawah ini:

  • 5.000 BTU/h gunakan AC berukuran ½ PK
  • 7.000 BTU/h gunakan AC berukuran ¾ PK
  • 9.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 PK
  • 12.000 BTU/h gunakan AC berukuran 1 ½ PK
  • 18.000 BTU/h gunakan AC berukuran 2 P1/2 PK

Jika Anda bingung  dengan BTU, BTU sendiri adalah singkatan dari British Thermal Unit, yang menggambarkan seberapa besar kemampuan pendingin ruangan untuk mengurangi panas dalam suatu ukuran ruangan tertentu dalam kurun waktu satu jam.

2. Pilih Jenis AC yang Sesuai dengan Kebutuhan

Saat ini terdapat berbagai jenis AC yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa jenis AC yang dapat pilih seperti AC split, AC cassete, atau AC standing floor. Untuk kebutuhan AC rumah, Anda dapat menggunakan jenis AC split dan cassete, tergantung ruangannya. Meski begitu, AC split saat ini jadi yang umum digunakan.

3. Perhatikan Tipe AC

Saat ini, terdapat tiga tipe AC yang umum digunakan yaitu standard, low watt, dan inverter. Cara kerja tipe AC standard dan low watt hampir sama. Namun, pada tipe rendah daya, kinerja kompresornya lebih kecil, sehingga akan lebih hemat.

Rekomendasi Air Conditioner Terbaik

Setelah mengetahui tips dalam memilih AC yang sesuai, berikut rekomendasi brand Air Conditioner yang sesuai untuk kebutuhan Anda:

 

1.  SHARP

Air Conditioner sharp

Air Conditioner keluaran dari produsen Jepang ini merupakan Ac yang dilengkapi dengan teknologi Low Wattage dan Low Voltage Operation yang memberikan kenyamanan untuk rumah dengan kapasitas terbatas. Selain itu, Low Voltage Operation memungkinkan AC Sharp tetap beroperasi pada tegangan rendah dan tidak stabil.

AC keluaran Sharp ini dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, seperti refrigeran R32 yang ramah lingkungan, auto restart, auto swing louvre, dan turbo cooling untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Selain itu AC dari brand ini dapat menyejukkan ruangan dengan 99,7% udara bersih dengan teknologi Ion Plasmacluster.

Anda dapat menemukan pilihan Air Conditioner Sharp terbaik di Indotrading.

2. Samsung

Air Conditioner samsung

Samsung merupakan brand dari produsen Korea Selatan yang mengeluarkan berbagai alat elektronik terbaik di kelasnya, salah satu alat elektronik terbaik dari Samsung adalah Air Conditioner. AC keluaran Samsung merupakan salah satu brand AC yang terkenal hemat listrik, dengan desain, dan keunggulan teknologi yang selalu terbarukan.

AC keluaran dari Samsung sendiri dilengkapi dengan teknologi Triple Protector yang dapat mencegah kompresor, dan controller dari kelebihan beban aliran listrik. Sehingga, AC Samsung telah mendapat kepercayaan luas sebagai sebagai salah satu produsen peralatan elektronik berkualitas terbaik dan terfavorit.

Anda dapat menemukan pilihan Air Conditioner Samsung terbaik di Indotrading.

3. Mitsubishi

Air Conditioner mitsubishi

Mitsubishi merupakan salah satu brand yang lebih dikenal dengan produk otomotif, meskipun begitu brand ini juga menjadi salah satu brand AC yang juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Produsen Jepang ini menghadirkan beberapa jenis AC dengan ukuran PK yang beragam yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

AC keluaran Mitsubishi ini memiliki teknologi filter anti bakteri nano platinum filter, dan filter enzim anti alergi sehingga cocok untuk kulit yang sensitif dengan  kutu, tungau, dan debu.

Anda dapat menemukan pilihan Air Conditioner Mitsubishi terbaik di Indotrading.

4. Panasonic

Air Conditioner panasonic

Panasonic merupakan rekomendasi AC terakhir yang bisa Anda pilih. Memiliki teknologi Advance E-ion Purifying System yang mampu melumpuhkan 99% virus, bakteri serta jamur. Sehingga dapat membuat udara dalam ruangan menjadi lebih segar dan sejuk, serta bebas kuman penyebab penyakit.

Selain itu, AC keluaran dari brand Panasonic juga dilengkapi dengan teknologi Mild Dry Cooling yang dapat mempertahankan kelembaban hingga 10%, serta Nanoe-x. Nanoe-x sendiri merupakan teknologi yang mampu mencegah terjadinya bau aroma tidak sedap, serta dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus.

Untuk pemakaian Jangka panjang,  AC Panasonic telah dilengkapi oleh Blue Fin Condenser dengan lapisan biru pada kondensor AC. Penggunaan sirip kondensor diklaim menambah kesejukan AC dan memperpanjang usia kondensor. Selain memperpanjang usia kondensor, lapisan sirip tersebut bisa menjadi pelindung terhadap korosi udara maupun air.

Anda dapat menemukan pilihan Air Conditioner Panasonic terbaik di Indotrading.

Itulah pembahasan mendalam mengenai tips dalam memilih Air Conditioner yang sesuai, serta 4 rekomendasi Air Conditioner terbaik yang bisa Anda pilih. Anda dapat menemukan brand Air Conditioner terbaik lainnya dari Supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga: Cari Tahu Exhaust fan yang Cocok untuk Kebutuhan Anda Disini!

To Top