Bisnis

Ingin Bisnis Online Mendulang Kesuksesan? Jalankan 4 Langkah Mudah Ini

Kehadiran internet memberikan paradigma baru dalam dunia bisnis dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk membangun bisnis kepada siapa saja. Berbeda halnya dengan paradigma bisnis masa lalu yang pemilihan jenis usaha yang disesuaikan dengan kondisi pasar, kini mereka bebas memilih bisnis apa saja sesuai selera.

Di era digital ini, perusahaan yang memulai karir hanya dari online pun berhasil menghasilkan keuntungan yang signifikan, seperti halnya Qraved. Tak ada yang pernah menyangka bahwa Qraved sebagai situs penyedia reservasi, review, dan rekomendasi restoran di Jakarta, Bandung, dan Bali akan mendulang kesuksesan dalam waktu relatif singkat. Kesuksesan itu tentu perlu strategi dan perencanaan yang matang. Dengan 4 menerapkan langkah ini, bisnis online Anda juga berpotensi memberikan keuntungan yang signifikan:

  1. Temukan Ide Menarik yang Membuat Bisnis Anda Dilirik

Gambar 634
Mendapatkan ide yang bagus dan menarik untuk bisnis bukanlah perkara yang mudah. Anda perlu melakukan riset yang cukup lama serta menambah referensi sebagai model perusahaan Anda nantinya. Lakukanlah juga riset mengenai tingkat profitabilitas dari ide atau bisnis yang sudah didapatkan, baik produk maupun jasa.

Pikirkanlah tentang seberapa besar keuntungan dan peluang yang akan didapatkan. Ketika strategi dan konsep bisnis yang diinginkan sudah matang, jangan menunda-nunda untuk mewujudkan bisnis. Jangan sampai strategi dan konsep bisnis anda disabotase oleh orang lain.

Baca juga: 7 Langkah Membangun Brand Bernilai Tinggi

 

  1. Buatlah Fondasi Kuat Sebagai Awal Bisnis yang Hebat

Gambar 635
Secara umum, fondasi sebuah perusahaan berbasis digital ada tiga, yaitu website, list email konsumen, dan pengikut di sosial media. Buatlah website Anda terlihat simpel dan jernih. Tempatkanlah fitur-fitur website pada tempat yang tepat. Jika tidak ingin pengunjung website Anda cepat pergi sehingga mengakibatkan tingginya bounce rate website, hindarilah membuat website yang rumit dan membingungkan.

Agar memudahkan konsumen menghubungi Anda, tempatkan kategori About U di bagian yang mudah untuk dilihat. Meskipun jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia mencapai ratusan juta, namun organic reach yang akan Anda dapatkan mungkin kurang dari 10% dari total pengikut di media sosial. Selain itu, email marketing juga masih menjadi cara terbaik untuk membuat database dengan cara melakukan penawaran kepada user yang masuk ke website untuk melakukan sign up.

 

  1. Bangun Interaksi dengan Followers Setia Lalu Jadikan Mereka Konsumen Anda

Basic CMYK
Kehadiran website dan media sosial bukan hanya sekadar pelengkap dalam bisnis. Melalui media sosial, Anda dapat mensugesti para followers untuk membagikan segala sesuatu tentang bisnis Anda kepada orang lain. Inilah yang disebut dengan word of mouth marketing.

Buatlah konten yang dapat menarik perhatian para followers setia Anda. Libatkan mereka dalam konten-konten yang Anda buat. Lakukan juga komunikasi aktif dengan sapaan yang khas kepada para followers. Sesekali bahagiakan mereka dengan memberi hadiah gratis dalam momen-momen tertentu. Dengan begitu, bukan tak mungkin mereka akan menjadi konsumen Anda suatu hari nanti.

 Baca juga: 6 Rahasia Melakukan Promosi Email Marketing yang Efektif

 

  1. Terus Lakukan Percobaan, Trial and Error Itu Biasa

Gambar 637
Salah satu cara terbaik untuk mengetahui hal terbaik dari bisnis Anda adalah dengan cara melakukan berbagai percobaan. Sama halnya dengan sains, proses awal bisnis pun sangat ditentukan oleh proses trial-error dan planning.

Tidak semua strategi bias berlaku secara general dalam bisnis. Anda perlu menemukan apa resep perusahaan anda sendiri. Lakukan juga pengukuran kinerja perusahaan secara berkala, misalnya setiap 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, atau 1 tahun. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah melakukan monitoring terhadap hal apa saja masih menjadi kekurangan perusahaan. (leo/editor: erlin)

To Top