Bisnis

7 Langkah Membangun Branding Bernilai Tinggi

Agar sebuah brand dapat dikenal jutaan orang, Anda wajib bekerja keras disertai konsistensi dan determinasi yang tinggi. Terlebih lagi, membangun branding yang bernilai tinggi membutuhkan strategi, kreativitas, dan kesabaran yang teruji.

Membangun brand bernilai tinggi, baik personal branding maupun branding perusahaan, memerlukan usaha yang tidak main-main. Anda dituntut untuk terus memacu kreativitas agar dapat berpikir out of the box. Untuk dapat membangun brand bernilai tinggi, Anda harus melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Pilih Role Model dan Buatlah Orang Percaya Karenanya

Gambar 644
Pikirkan tentang orang-orang yang paling Anda kagumi dalam bisnis. Biasanya mereka punya pengikut yang banyak di media sosial, memiliki ulasan yang positif, serta website yang interaktif. Dengan memiliki mengidolakan pebisnis yang hebat, secara tidak langsung Anda ingin terus meniru perkataan, perbuatan, bahkan mungkin sampai gaya berpakaian orang tersebut.

Bisa jadi, nantinya Anda akan memiliki kecenderungan kemiripan degan idola Anda tersebut. Bukan tidak mungkin, karena mengetahui Anda mengidolakan pebisnis hebat, rekan bisnis Anda akan menjadi lebih yakin menjalin kerja sama dengan Anda. Hal yang terlihat sepele seperti ini dapat menaikkan self branding Anda jika dapat dilakukan secara konsisten.

Baca juga : 7 Kesalahan Public Speaker yang Bisa Merusak Reputasi Ini Harus Dihindar

  1. Googling Diri Sendiri sebagai Evaluasi

Gambar 645
Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, hampir setiap orang bisa melacak rekam jejak yang dimiliki oleh seseorang di masa lalunya. Oleh karenanya, penting sekali untuk menjaga wibawa Anda di era digital yang serba terbuka. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal-hal yang seharusnya tidak dilihat oleh orang lain tersebar luas ke ranah publik.

Jagalah selalu profil Anda, baik di dunia nyata dan di dunia maya sehingga profesionalisme tetap terjaga. Cobalah untuk mencari nama Anda sendiri melalui Google dan lihat bagaimana hasilnya. Jika ada keterangan atau foto-foto yang kurang layak menjadi konsumsi umum, Anda dapat mengubah privasi atau bahkan menghapusnya. Berinteraksi melalui media sosial tentu saja tidak dilarang, tapi bukan berarti semua informasi tentang Anda harus diketahui banyak orang, kan?

 

  1. Buatlah Konten dengan Konsisten

Gambar 646
Bill Gates pernah mengatakan bahwa “Content is King.” Hari ini, hal itu telah menjadi kenyataan. Buatlah konten semenarik mungkin dengan kreativitas yang Anda miliki. Akan lebih bagus lagi jika Anda menyesuaikannya dengan kondisi sosial atau perkembangan media sosial saat itu.

Jika ingin cepat mendapatkan perhatian dari banyak orang, konten milik Anda harus berbeda namun tetap konsisten. Selain itu, konten yang dibuat harus asli hasil karya sendiri dan sedikit memprovokasi. Saat orang-orang ramai membicarakan prediksi tren digital marketing 2016 di Twitter misalnya, cobalah untuk membicarakan hal yang berbeda dari yang lain seperti pilihan investasi yang menjanjikan di 2016. Siapa tahu, konten Anda yang temanya berbeda dari yang lain justru akan banyak disebarkan.

 

  1. Maksimalkan Penggunaan Sosial Media

Gambar 647
Hari ini siapa saja bisa mengunggah informasi apapun ke media sosial melalui smartphone-nya. Dengan menggunakan sosial media seperti Facebook, LinkedIn, Twitter, YouTube, serta mempelajari hal-hal baru seperti Snapchat, Instagram, dan Periscope, Anda sudah bisa menjangkau ratusan bahkan ribuan orang setiap harinya. Akan lebih baik jika Anda memberikan target berapa banyak jumlah post yang bisa dilakukan setiap harinya di media sosial. Perlahan-lahan hal ini dapat meningkatkan citra brand Anda.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Branding Produk agar Semakin Laris

 

  1. Jangan Luput untuk Membangun Pengikut

Diverse people bridge a gap to connect and join social media network or merger team


Orang-orang yang akan membeli produk atau jasa Anda ialah orang-orang yang loyal dengan Anda. Jangan lupa meluangkan waktu untuk sekadar berbagi bersama mereka setiap harinya. Jika tidak bisa bertemu langsung, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan mereka melalui media sosial. Jagalah hubungan baik dengan mereka karena hal itu akan memberikan manfaat baik kepada Anda di masa mendatang.

 

  1. Carilah Karyawan untuk Meringankan Pekerjaan

Search for an employee. Looking For Positive thinker. Looking For Talent. Search for businessman. Vector illustration


Ketika produk Anda sudah semakin dikenal, orang-orang akan semakin membutuhkan bantuan Anda pula. Jika sudah terlalu sibuk dengan segala pekerjaan yang menumpuk, carilah customer service yang dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan di media sosial, email perusahaan, atau telepon. Pssst… Anda juga bisa menggunakan para karyawan baru tersebut untuk membagikan, memberikan komentar, dan memberikan like di media sosial terhadap produk-produk perusahaan Anda.

 

  1. Berikan Sugesti yang Pasti

Gambar 650
Sekarang sudah bukan saatnya lagi untuk meniru-niru atau membanding-bandingkan produk Anda dengan produk perusahaan lain. Tak perlu merasa iri dan mencemooh produk perusahaan lain. Hal seperti ini sering terjadi dalam bisnis yang memiliki bidang sama. Lakukanlah sugesti dalam pikiran Anda untuk membangun brand yang dapat menjangkau jutaan orang dalam waktu beberapa tahun. Ubahlah mindset dari tidak mungkin menjadi mungkin mulai dari sekarang. (leo/editor: erlin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top