HIPMIKIMDO: Bantu Wujudkan UMKM yang Mandiri, Sejahtera dan Berdaya Saing

Nama HIPMIKIMDO memang belum sefamiliar himpunan atau organisasi wirausaha lainnya. Namun demikian Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia ini sudah lahir pada tahun 2008 atas dasar Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

“Setelah keluar UUD itu, bertepatan juga dengan saya pensiun dari PEMDA DKI, saya kemudian mengumpulkan teman-teman. Awalnya kita bentuk HIPMIKIMDO ini di Jakarta. Dan lama-lama akhirnya HIPMIKIMDO melebar ke nasional. Yang dulu hanya mikro kecil sekarang sudah menengah,” Ujar Muhammad Zein Pandjaitan selaku Ketua Umum HIPMIKIMDO, kepada news.indotrading.com saat ditemui di Kementerian Koprasi dan UKM (31/01/18).

Bukan tanpa alasan kenapa HIPMIKIMDO berdiri dan membidik target Usaha Kecil Menengah. Karena UMKM sendiri merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia. Dan terbukti menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis, serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis eknomi.

Ketua Umum HIPMIKINDO

UMKM juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran. Besarnya peluang ini  ternyata banyak yang tidak memahami bagaimana meoptimalkan usaha mereka. Tidak heran jika banyak kasus yang ditemui di lapangan seperti, tidak memiliki modal untuk mengembangkan usaha, kurangnya pengetahuan dan informasi dan lain sebagainya.

“Nah makanya, dengan adanya himpunan HIPMIKIMDO ini para pelaku usaha kecil dan menengah diajak untuk berorganisasi. Sekaligus kita dampingi mereka untuk membantu mengembangkan usaha mereka. Karena kan banyak kebutuhan –kebutuhan  para pelaku UMKM yang mereka sendiri tidak tahu. Nah kita bantu carikan  informasinya tersebut, bantu untuk  izin usaha micro, KUR, pendidikan, sarana dan lain-lain,” ungkapnya menyebutkan.

Menginjak usianya yang ke sembilan tahun. HIPMIKIMDO kini sudah memiliki kurang lebih 1,5 juta anggota yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Dan tepat pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2018, HIPMIKIMDO pun menggelar Pelantikan pengurus serta menyelenggarakan bazzar UMKM anggota HIPMIKIMDO untuk yang pertama kalinya, di Gedung Kementerian Koprasi dan UKM.

Bazar UMKM HIPMIKINDO

Menurut Muhammad Zein Pandjaitan, ada lebih 100 peserta dari berbagai daerah yang mengikuti kgiatan bazzar tersebut. Untuk bisa berkumpul, memperkenalkan dan memasarkan serta mengembangkan kemampuan mereka baik di bidang jasa, kuliner, fashion, kerajinan, kesehatan maupun teknologi.

“Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari kedepan. Dalam pameran ini mereka juga selain bisa memamerkan produk-produknya juga bisa sekalian ikut seminar, untuk bekal pengembangan bsinis mereka,” Ujarnya.

Muhammad Zein berharap dengan adanya bazaar ini bisa lebih mengenalkan HIPMIKIMDO serta dapat mengeksistensikan anggota yang sudah tergabung dalam himpunan yang berdaulat kepada UUD tersebut. Ia juga menghimbau bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk bergabung dalam organisasi yang dipimpinnya. Cukup mengisi formulir, dan menyerahkan pass foto dan foto copy KTP, para pelaku UMKM sudah dapat bergabung dalam Organisasi HIPMIKIMDO.

“Melalui kegiatan seperti ini kami berharap mampu mewujudkan visi kami yaitu mewujudkan usaha kecil yang mandiri, sejahtera, adil dan berdaya saing,” Pungkasnya mengakhiri.

 

0 Comments Lihat semua →


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *