Insight

Harga Solar Panel yang Perlu Anda Keluarkan

Semakin banyak dirasakan manfaat dan keunggulannya, penggunaan solar panel kini semakin menjamur. Jika Anda salah satu yang ingin merasakan manfaat dan kelebihan solar panel sendiri langsung, Anda perlu simak pembahasan Tim News Indotrading di bawah ini mengenai harga solar panel yang perlu Anda keluarkan.

Di Indotrading, Anda bisa menemukan berbagai jenis solar panel dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indonesia.

Baca Juga : 5 Merek Solar Panel Terbaik yang Hemat Energi dan Ramah di Kantong

Solar Panel

Solar panel atau akrab disebut juga panel surya merupakan salah satu energi alternatif yang tersusun dari rangkaian sel surya yang memiliki kemampuan mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Energi alternatif solar panel ini bukanlah termasuk teknologi baru, sebab teknologi yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik ini telah ada sejak abad ke 18 yang pertama kali dicetuskan serta dipopulerkan oleh Alexandere Edmund Becquerel dan diteruskan oleh banyak peneliti ahli fisika hingga saat ini. Bahkan saat ini penggunaan solar panel sudah banyak digunakan sebagai energi alternatif di berbagai bidang kegiatan.

Jenis energi alternatif ini digunakan dengan tujuan mengurangi penggunaan listrik dan sumber daya lain sejenisnya yang semakin berkurang dan krisis. Terlebih saat krisis energi akan terjadi pada tahun 2060 mendatang. Banyak negara yang sudah mulai dan dekat dengan penggunaan solar panel atau panel surya ini seperti Jepang, negara -negara di Eropa dan Amerika.

Di Indonesia sendiri sudah banyak ditemukan penggunaan solar panel pada berbagai bidang kegiatan seperti instalasi listrik ataupun kendaraan.

Baca Juga : Cara Kerja Panel Surya Bisa Menghasilkan Listrik dan Fungsinya

Kelebihan Memasang Solar panel

Sebagai energi alternatif, panel surya ataupun solar panel banyak memiliki manfaat dan kelebihannya. Hal tersebut juga yang menjadi alasan energi yang satu ini banyak diminati.

Diantara manfaat dan kelebihan memasang solar panel dari energi alternatif ini adalah :

1. Lebih hemat

Sumber daya utama panel surya berasal dari sinar surya atau matahari. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pengeluaran untuk membeli kabel pable ataupun pembelian bahan bakar lainnya.

2. Fleksibel

Panel surya atau solar panel termasuk salah satu energi alternatif yang bersifat fleksibel. Sebab penggunaan energi yang satu ini tidak terbata waktu dan tempat. Dengan kata lain, Anda dapat memasang solar panel di mana saja dan dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan.

3. Dapat dijadikan sumber energi

Meskipun masuk kedalam sumber energi alternatif, namun panel surya dapat digunakan sebagai energi sentral maupun utama yang dapat didistribusikan melalui saluran distribusi ke berbagai sumber aliran lainnya yang membutuhkan.

3. Bersifat moduler

Kelebihan selanjutnya dari panel surya adalah sifatnya yang moduler. Maksudnya adalah kapasitas listrik yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara merangkai modul khusus secara paralel dan seri.

5. Sistem operasi fleksibel

Tidak hanya pada tempat pemasangannya yang fleksibel, pada sistem pengoperasiannya atau penjalanan kerja nya juga solar panel memiliki tingkat kemudahan dan fleksible yang banyak. Energi alternatif yang satu ini memiliki pilihan dapat dioperasikan baik secara otomatis maupun manual sesuai dengan kehendak dan kebutuhan.

6. Tidak berisik

Selain itu, panel surya juga tidak menimbulkan kebisingan pada sistem operasinya. Sebab penjalanan energi alternatif yang satu ini tidak menimbulkan suara yang bersifat menggangu layaknya proses pengoperasian pada mesin ataupun jenis alternatif lainnya.

7. Ramah lingkungan

Selain hemat, panel surya juga merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Hal tersebut karena sumber utama panel surya yang berasal dari tenaga surya langsung yakni matahari. Juga panel surya tidak banyak memerlukan jenis bahan bakar ataupun perlengkapan lainnya sehingga sifatnya lebih ramah terhadap lingkungan.

8. Awet

Jenis energi alternatif yang saat ini banyak digunakan juga memiliki kelebihan pada usia gunanya. Panel surya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama yakni sekitar 20 tahun. Hal tersebut kemudian juga mendukung kelebihan lainnya yang sudah banyak dirasakan yakni hemat baik dalam hal biaya pengeluaran ataupun energi yang digunakan.

Harga Solar Panel

Sudah tertarik untuk segera pasang solar panel ? Sebelum memasangnya, Anda perlu tahu harga solar panel yang harus Anda siapkan dan keluarkan. Berikut kisaran harga solar panel di bawah ini agar Anda bisa mempersiapkan budget kebutuhan pembelian solar panel dengan matang.

ProdukHarga
Solar Panel Surya 100 WP Monocrystalline ZannetaRp. 820.000,-
Panel Tenaga Surya 120 WP Polycrystalline SkytechRp. 2.520.000,-
Surya Panel Poly 200 WPRp. 915.000,-
Solar Panel Shinyoku 156p 10 WPRp. 370.000,-
Surya Panel Monocrystalline 50 WPRp. 1.300.000,-
Paket Solar Panel System 160 WP + Power Inverter 1000VaRp. 8.000.000,-
Paket Solar Panel Home System 80 WPRp.7.100.000,-
Solar Panel Monocrystalline 360 WPRp. 3.100.000,-
Panel Surya Monocrystalline 225 WPRp. 1.479.000,-
Solar Home system 50 WP Backup Listrik Rp. 3.800.000,-

Demikianlah pembahasan mengenai kisaran harga solar panel yang perlu Anda persiapkan saat hendak memasang solar panel. Selain harga, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dan kelengkapan alat solar panel yang hendak dipasang.

Anda dapat menemukan berbagai jenis solar panel lengkap dengan perlengkapan pasang lainnya dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : Cara Membuat Panel Surya Simpel dan Berguna untuk di Rumah

banner seller
To Top