Insight

Cara Kerja Panel Surya Bisa Menghasilkan Listrik dan Fungsinya

cara kerja panel surya

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsumsi listrik setiap hari sangat besar, sehingga dibutuhkan alat untuk memproduksinya selain hanya mengandalkan sumber energi yang tidak bisa diperbarui.

Maka dari itu dibuatlah panel surya. Pada dasarnya cara kerja panel surya adalah mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

Teknologi semacam ini sudah mulai banyak dikembangkan. Bahkan bukan hanya untuk keperluan besar seperti industri, rumah tinggal pun sudah ada yang mengadaptasi teknologi ini untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Pengertian Panel Surya

cara kerja panel surya 1

Sebelum memahami panel surya, maka harus lebih dulu mengerti tentang tenaga surya atau sel surya. Sel surya adalah lapisan silikon tipe n dan tipe p yang dirangkai, sehingga bisa menjadi kumpulan komponen yang mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik atau yang disebut dengan photovoltaic.

Sifat dari  lapisan sel surya ini ada yang semikonduktor hingga konduktor, dan ada pula lapisan metal dan juga lapisan anti reflektif.

Sedangkan panel surya adalah sel surya yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi satu rangkaian utuh. Semakin banyak susunan sel surya yang digunakan maka cara kerja panel surya akan semakin efektif.

Sehingga energi matahari yang terserap bisa lebih banyak. Hal ini mengakibatkan listrik yang nantinya dihasilkan juga akan semakin besar.

Panel ini dapat bekerja maksimal selama  5 jam setiap harinya. Penyerapan sinar matahari yang tertinggi terjadi ketika matahari sedang ada di puncaknya.

Variasi penyerapan ini memiliki persentase 30%, sebab ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan penyerapan.

Lokasi penempatan panel surya hingga iklim di wilayah tersebut adalah dua contoh dari faktor yang menentukan besar kecilnya daya penyerapan panel.

Jadi, meskipun bahan maupun luas panel yang digunakan sama persis, namun lokasi pemasangannya berbeda, maka bisa jadi hasil penyerapannya pun berbeda.

Saat ini juga sudah banyak varian atau merek panel surya yang banyak djual di pasaran. Anda hanya tinggal memilih panel surya mana yang cocok digunakan di rumah atau di perusahaan tempat bekerja.

Penjabaran Cara Kerja Panel Surya

1. Medan Listrik dari Lapisan Semikonduktor

cara kerja panel surya 2

Seperti yang sudah dibahas di atas, panel surya terdiri dari dua lapisan silikon yang tertempel. Kedua tipe silikon ini dinamakan sesuai dengan elektron yang terkandung di dalamnya. N untuk negatif, dan P untuk positif. Keduanya bersifat semikonduktor.

Karena kedua silikon yang dihubungkan ini memiliki dua kutub yang berbeda, maka otomatis ketika dihubungkan keduanya akan menghasilkan medan listrik. Elektron yang terpapar oleh sinar matahari akan bergerak dan menghasilkan arus listrik.

Sinar matahari yang mengenai silikon tipe n akan membuat elektron negatif menjadi berlimpah dan mengalir ke silikon tipe p yang bermuatan positif, hasil pertemuan ini menghasilkan listrik berlebih yang akan digunakan untuk keperluan sehari-hari dan sisanya akan disimpan.

Panel surya juga memiliki lapisan anti reflektif yang menahan sinar matahari yang datang sehingga tidak terpantul kembali.

Panel inilah yang membedakannya dengan material lain. Jadi, walaupun sekilas terlihat seperti kaca, namun tidak ada energi yang terpantul kembali.

Sistem inilah yang disebut dengan nama photovoltaic. Sistem ini berasal dari kata photo yang berarti cahaya, dan volt yang berarti tegangan listrik. Maka sistem photovoltaic adalah mengubah energi cahaya menjadi energi listrik.

2. Penyimpanan Energi Listrik

cara kerja panel surya 3

Panel surya tidak bekerja sendiri untuk menyimpan energi listrik yang sudah dihasilkan. Ketika pemasangan panel, maka akan dipasang juga baterai khusus yang berguna untuk menyimpan energi yang sudah dihasilkan oleh panel.

Ketika siang hari, maka energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya bisa langsung digunakan untuk kebutuhan, kemudian sisanya akan tersimpan otomatis ke dalam baterai.

Sehingga ketika sudah tidak ada matahari pun, rumah atau gedung yang menggunakan panel surya sebagai sumber energinya tetap bisa menggunakan listrik yang berasal dari baterai.

Fungsi dan Manfaat Panel Surya

1. Menyediakan Pasokan Listrik

cara kerja panel surya 4

Cara kerja panel listrik yang sederhana membuat cara ini menjadi alternatif pilihan yang mudah untuk menghasilkan listrik.

Dibandingkan dengan sistem pembangkit listrik lainnya, panel surya memang paling fleksibel untuk diaplikasikan, bahkan untuk skala rumah tangga.

Sistemnya yang bekerja 24 jam membuat pemilik panel surya tidak perlu kuatir akan kekurangan pasokan listrik. Selama masih ada matahari, maka selama itu pula panel listrik masih bisa menghasilkan energi yang dibutuhkan.

2. Penghemat Tagihan Listrik

cara kerja panel surya 5

Jika Anda menggunakan panel listrik, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mengurangi biaya tagihan listrik setiap bulan, bahkan bisa sampai tidak perlu membayarnya. Sebab, keperluan energi listrik yang dibutuhkan sudah dapat terpenuhi dengan penggunaan panel surya.

Selain dapat membantu menghemat pengeluaran bulanan, Anda juga membantu pihak terkait karena pasokan listriknya dapat digunakan untuk pihak lain yang lebih memerlukan.

3. Penjaga Kelestarian Lingkungan

cara kerja panel surya 6

Seperti yang kita ketahui, listrik yang selama ini kita gunakan dihasilkan dari pengolahan minyak bumi. Padahal, minyak bumi bisa dihasilkan setelah terjadi proses yang berlangsung ratusan tahun lamanya. Jika digunakan terus menerus, maka tentu saja minyak bumi ini akan habis.

Untuk menghindari hal tersebut, diciptakanlah teknologi panel surya. Sebanyak apapun Anda menyerap sinar matahari, tentu tidak akan ada pengaruh besar yang terjadi pada matahari itu sendiri.

Selain itu, tidak ada proses pengolahan lain selain pengubahan sinar matahari menjadi listrik, sehingga prosesnya lebih sederhana.

Karena isu sumber energi yang tidak dapat terbarukan mulai menipis, maka panel surya semakin hari menjadi semakin diperhitungkan keberadaannya. Anda juga bisa tahu cara membuat panel surya sederhana untuk digunakan di rumah dengan cukup mudah.

Pemasangan dan cara kerja panel surya juga cukup mudah, namun Anda tetap harus menggunakan jasa penyedia panel surya yang berpengalaman agar hasil dari pemasangan tersebut bisa efektif.

Anda juga bisa langsung membeli panel surya atau solar panel hanya di Indotrading. Anda juga memberikan penawaran kepada penjual, supplier hingga distributor sesuai kebutuhan perusahaan sendiri.

To Top