Marketing

Digital Asset, Investasi Bisnis Masa Depan Anda

Digital Asset Untuk Bisnis Anda

Kenapa harus berinvestasi di digital asset jika pengusaha? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita menjabarkan apa yang dimaksud dengan digital asset. Digital asset adalah asset atau posesi kita dalam bentuk binary. Sehingga apapun hak milik kita yang berbentuk binary merupakan salah satu digital asset kita. Dalam arti kata, musik, film, dokumen yang tersimpan dalam bentuk binary merupakan digital asset kita dan dapat dijadikan income bagi kita.

Bagaimana dengan identitas kita di dunia maya? Apakah akun sosial media, email dan sebagainya merupakan digital asset? Jawabannya tergantung. Email dari Google atau akun Facebook dan akun Youtube, bukanlah digital asset anda walaupun bebas anda gunakan. Hal ini disebabkan karena akun anda “menumpang” di digital asset Google / Facebook dan lain sebagainya. Sehingga jika sewaktu waktu mereka ingin menutup layanan mereka yang gratis, anda tidak memiliki hak untuk menolak.

Tetapi, sebuah nama domain di dunia maya merupakan digital asset anda. Alamat email dengan domain identity (corporate maupun personal) adalah digital asset anda. Anda bahkan dapat membangun infrastruktur server anda dimana domain anda akan tinggal. Karena nama sebuah domain dapat digolongkan sebagai digital asset anda. Berbeda halnya jika anda membuka akun di portal atau layanan website lain yang anda tidak memiliki hak total atas penggunaan nama, desain dan fungsi dari domain tersebut (dalam hal ini type website yang dibangun).

Oleh sebab itu, tidak heran kalau korporasi besar berinvestasi ke nama domain. Karena nama domain adalah digital asset. Sebuah nama domain hanya diperbolehkan untuk dimiliki oleh satu entitas baik individual atau berkelompok. Dengan berinvestasi di nama domain di awal, korporasi akan merasa lebih tenang dan tidak khawatir nama brand atau nama korporasi akan disalah gunakan di dunia maya.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, kenapa harus berinvestasi di digital asset?

Dengan berinvestasi di digital asset, dalam konteks ini adalah nama domain dan website anda, seperti dijelaskan sebelumnya, sebuah korporasi akan lebih aman karena brand mereka tidak akan disalah gunakan di dunia maya. Kedua, domain dan website anda dapat anda kembangkan dan monetisasi. Saat ini telah banyak perusahaan perusahaan IT digital yang hanya bermodalkan nama domain atau nama aplikasi, tetapi berhasil memiliki nilai valuasi yang fantastis. Bahkan banyak diantara mereka yang berhasil masuk menjadi perusahaan Tbk dengan melisting di bursa efek.

Cara memilih berinvestasi digital asset dengan smart

Anda dapat berinvestasi sendiri dengan membeli nama domain dan membuat hosting sendiri. Tetapi hal itu bukanlah pilihan yang smart terutama jika tujuannya adalah berjualan. Hal ini dikarenakan anda ibaratnya berjuang sendiri didunia digital kecuali anda memiliki dana yang besar. Oleh karena itu disarankan untuk menggandeng mitra yang terpercaya dan telah berpengalaman dalam hal berinvestasi digital asset.

Indotrading.com telah menjadi mitra kepercayaan ribuan UMKM seluruh Indonesia karena berbagai faktor utama berikut :

– Indotrading.com dapat membantu anda mendaftarkan nama domain atau domain registration. Nama domain sesuai yang dijelaskan sebelumnya merupakan digital asset utama anda dan hanya diijinkan untuk dimiliki oleh satu entitas saja di seluruh dunia. Indotrading.com telah dipercaya ribuan UMKM sebagai pengelola digital asset domain mereka.

– Indotrading.com merupakan direktori bisnis terlengkap di Indonesia saat ini. Indotrading.com sebagai direktori bisnis terbesar saat ini di Indonesia tentunya merupakan partner terbaik untuk bekerjasama dalam memasarkan produk anda secara online.

– Indotrading.com menyediakan juga jasa digital marketing. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dikarenakan digital asset anda tidak akan berfungsi optimal tanpa adanya digital marketing. Digital marketing saat ini berfungsi sebagai media utama memperkenalkan digital asset anda ke dunia maya untuk berbagai tujuan yang dimana tujuan paling umumnya adalah branding.

Digital Asset Lainnya

Selain direktori bisnis, digital asset anda yang difungsikan sebagai brand harus juga aktif di berbagai marketplace maupun media sosial. Hal ini dapat diibaratkan dengan investasi di dunia nyata. Jika anda ingin lebih cepat mendapatkan perputaran keuntungan maka anda harus semakin aktif berinvestasi di iklan maupun perluasan cabang-cabang baru. Oleh karena itu aktif di marketplace lain juga perlu diperhatikan dan digiatkan. Sama halnya dengan beriklan di mesin pencarian seperti iklan di Google maupun beriklan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Semua hal ini dapat membantu meningkatkan brand usaha dan seiring waktu akan semakin meningkatkan brand dan memperluas awareness akan usaha anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin