Economy and Business

Bisnis Melambung, Deretan Pengusaha Ini Buktikan Bahwa Bisnis UKM Juga Bisa Sukses Besar

pengusaha umkm sukses

Bagi Anda yang memiliki minat menjadi pengusaha sukses, jangan pernah ragu terhadap apa yang menjadi mimpi Anda. Sebab, beberapa pengusaha sukses di bawah ini berhasil mewujudkan mimpi mereka dan berhasil membangun usaha yang sukses dimulai dari nol. Ya, deretan tokoh ini mengawali bisnis mereka dari skala bisnis UKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Dengan modal usaha yang tidak begitu fantastis, namun berkat keyakinan, kerja keras, pantang menyerah, dan berpikir progresif, akhirnya bisnis yang digeluti oleh deretan pengusaha ini bisa sukses mengembangkan bisnisnya. Siapa saja deretan pengusaha UMKM sukses tersebut? Yuk, simak kisahnya melalui ulasan berikut!

1. Bob Sadino

pengusaha umkm sukses

Dari deretan pengusaha UMKM sukses yang ada di Indonesia, tak afdol jika tidak memasukkan nama Bob Sadino ke dalam daftarnya. Pengusaha kawakan yang terkenal dengan gaya santainya ini kerap dijadikan teladan bagi para pebisnis berkat speak terjangnya di dunia bisnis. Pengusaha bernama lengkap Bambang Mustari Sadino atau akrab dipanggil Bob Sadino ini merupakan karyawan di sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelum terjun ke dunia bisnis. Setelah Sembilan tahun menjadi karyawan BUMN, Bob memilih untuk berhenti dari pekerjaannya dan banting setir untuk membuka usahanya sendiri.

Bisnis yang pertama ia jalankan adalah bisnis rental mobil, namun belum sempat meraup kesuksesan dari bisnis tersebut, rental mobil miliknya terpaksa harus diberhentikan karena ia sempat mengalami kecelakaan lalu lintas. Ia Bersama sang istri juga sempat bisnis ternak ayam dan telur ayam kecil-kecilan di Kawasan komplek perumahan tempat ia dan sang istri tinggal. 

Baca juga: Mau Mulai Usaha? Inilah 10 Quotes dari Bob Sadino untuk Pengusaha Muda Biar Makin Semangat

Sedikit demi sedikit, buah dari hasil perjuangan Bob Sadino mulai terlihat. Setelah sukses berbisnis ternak, ia kemudian mendirikan supermarket yang diberi nama Kem Chicks. Ya, supermarket yang cukup ngetren dan sudah memiliki cabang di beberapa wilayah di Indonesia. Selepas sukses membuat supermarket sendiri, Bob Sadino kian mengembangkan usahanya ke bidang agrobisnis khususnya holtikultura. Bisnis sayuran dan buah-buahan holtikultura saat itu sontak menjadi tren bisnis yang menjanjikan berkat beliau. Dari sini lah, sayap bisnis Bob Sadino kian berkembang sehingga ia pun mendirikan perusahaan pemasok aneka daging dan sayuran bernama Kem Food. 

2. Yasa Singgih

pengusaha umkm sukses

Para milenial pasti sudah taka sing dengan pemuda yang satu ini! Pria kelahiran tahun 1995 ini sukses menelurkan sebuah brand pakaian bernama Mens Republic. Berkat bisnis fashion yang ia geluti, pemuda berpenampilan rapi ini berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi di dunia bisnis, di antaranya adalah Juara I Wirausaha Muda Mandiri Nasional tahun 2015, Marketees Youth of the Year tahun 2016, The Youngest Forbes 30 Under 30 tahun 2016, serta Global Student Enterpreneur Awards Asia Pacific. Selain bisnis di bidang fashion, ia juga merambah ke bidang lain seperti property dan jasa konsultasi manajemen. 

Baca Juga: Pernah Rugi Ratusan Juta, Yasa Singgih Kini Berhasil jadi Miliarder Muda

3. Gibran Rakabuming

pengusaha umkm sukses

Anak tertua dari Presiden Joko Widodo ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai pengusaha muda yang inspiratif dan mandiri. Bagaimana tidak, meskipun sang ayah adalah pebisnis meubeul, Gibran tak ikut-ikutan dengan bisnis tersebut. Ia memilih menggeluti bisnis kateringnya yang ia beri nama Chili Pari sukses menjadi magnet industry kuliner tanah air sejak tahun 2010 silam. 

Usaha Gibran yang awalnya tidak mendapatkan persetujuan dari sang ayah otomatis mengantarkannya pada situasi yang sulit. Ia tak mendapatkan suntikan dana dan modal dari orang tua. Akibatnya, ia harus bersikeras mencoba mencari pinjaman usaha dari beberapa bank. Berbekal keyakinan akan kesuksesan usahanya, pemuda yang saar itu masih berusia 22 tahun itu kemudian berhasil mendapatkan guliran dana dari bank dan meraup kesuksesan dari bisnisnya.  

4. Nicholas Kurniawan

pengusaha umkm sukses

Satu lagi pengusaha muda yang patut dijadikan sebagai inspirasi. Berbekal keyakinan dan kerja kerasnya, Nicholas Kurniawan berhasil menjadi eksportir ikan hias yang sukses. Usaha yang ia geluti sejak usianya menginjak 20 tahun ini didorong oleh keinginan Nicholas untuk membantu ekonomi keluarga yang tengah terpuruk. Oleh karena itu, ide bisnisnya ia mulai dari bisnis kecil-kecilan seperti bisnis kuliner, MLM, dan jual beli mainan. Saat ini bisnis ikan hias Nicholas sudah sukses merajai beberapa negara di dunia. 

5. Hamzah Izzulhaq

pengusaha umkm sukses

Kata siapa menjadi pengusaha itu harus menunggu tua? Hamzah Izzulhaq adalah sosok yang bisa mematahkan statement tersebut. Pasallnya, Hamzah merupakan pemuda kelahiran tahun 1993 yag sudah sukses memiliki bisnis bimbingan belajar dengan lebih dari 44 cabang di berbagai kota di Indonesia. Bimbingan belajar yang ia beri nama Bintang Solusi Mandiri ini didirikan sejak tahun 2011 dan sudah meraup omzet mencapai Rp. 360 juta per semester. 

Baca juga: 10 Peluang Usaha Ini Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi, Berani Coba?

Kesuksesannya tentu saja tidak terlepas dari pahit getirnya perjalanan bisnis yang ia harus hadapi. Hamzah yang sudah memiliki passion berbisnis sudah terjun ke dunia bisnis saat usianya masih belia, meskipun bisnis yang ia geluti hanyalah bisnis kecil-kecilan seperti berjualan petasan, kelereng, koran, bahkan jadi tukang parker dadakan. Namun, buah dari kerja kerasnya dalam berbisnis ia saat ini juga sudah melebarkan sayap dengan mengembangkan bisnis property di Jawa Barat selain di bidang bimbel. 

Demikianlah beberapa pengusaha UMKM sukses sekaligus inspiratif yang bisa Anda jadikan contoh. Menilik perjalanan kesuksesan mereka, kerja keras, keyakinan, dan sikap pantang menyerah adalah sifat-sifat yang patut dimiliki oleh para pengusaha, termasuk Anda!

 

 

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top