Economy and Business

10 Bisnis UKM Menguntungkan Ini Bisa Anda Mulai dengan Modal yang Minim

Belakangan ini Usaha Kecil Menengah atau biasa disingkat UKM memang kembali tren. Ini tidak terlepas dari banyaknya pengusaha sukses berawal dari bisnis UKM. Dari segi modal dan resiko, bisnis UKM juga tidak terlalu besar. Namun, keuntungan yang bisa diraup di bidang UKM tak kalah menggiurkan, lho! Bahkan, sektor ini kerap disebut sebagai penggerak utama roda perekonomian negara. Lantas, bagi Anda yang hendak mulai berbisnis, apa saja sektor bisnis UKM modal kecil, namun keuntungan yang bisa Anda raup lumayan besar? Yuk, simak daftar usahanya, di bawah ini!

1. Toko Kelontongan

bisnis menjanjikan saat corona

Tidak boleh dipandang sebelah mata! Bisnis toko kelontong ini adalah bisnis UKM modal kecil, namun begitu dapat mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan, lho! Jenis toko ini biasanya menjual segala macam kebutuhan barang ini tak perlu membutuhkan modal yang besar seperti supermarket karena barang yang dijualnya juga tidak berskala besar. Namun, karena setiap orang membutuhkan barang-barang sehari-hari, tak heran jika toko kelontong merupakan bisnis menjanjikan di sektor UKM.

2. Sub Agen Gas LPG

bisnis ukm modal kecil

Siapa yang tidak membutuhkan bahan bakar gas? Tentunya untuk menunjang segala macam kegiatan memasak, Anda membutuhkan bahan bakar ini. Oleh karena itu, bisnis sub agen lpg ini menjadi salah satu bisnis UKM modal kecil yang menjanjikan karena tidak akan sepi pembeli. 

Jika Anda ingin mulai usaha ini, ada beberapa hal yang bisa Anda persiapkan, di antaranya adalah tempat (Gudang) penyimpanan, modal awal yang besarnya tergantung seberapa banyak yang akan Anda tampung, mendatangi agen gas LPG terdekat, dan jangan lupa untuk mengurus perizinan kepada pihak yang terkait.

3. Jasa Pengantaran

bisnis ukm modal kecil

Seiring dengan semakin menjamurnya bisnis toko online, jasa pengantaran pun semakin dibutuhkan dari waktu ke waktu. Saat ini, bisnis pengantaran kurir sudah banyak diminati sebab menawarkan keuntungan yang fantastis. Bayangkan saja, hanya dengan modal sekitar 25 juta untuk membeli 3 hingga 5 unit motor, bisnis ini sudah dapat dijalankan dan mendatangkan keuntungan yang signifikan untuk pundi-pundi rupiah Anda.

Jenis jasa pengantaran ini pun beragam jenisnya ada yang khusus di dalam kota, antar pulau, bahkan antar negara. Tentunya, Anda juga harus pintar-pintar mencari peluang kerja sama dengan online shop agar bisnis Anda semakin berkembang. 

4. Fashion

bisnis pakaian bekas

Bisnis fashion merupakan bisnis yang tidak pernah lekang oleh waktu waktu. Artinya, tiap hari akan selalu ada peminatnya. Maka, bagi Anda yang bingung untuk memulai bisnis UKM modal kecil, Anda bisa menjadikan bisnis Fashion sebagai salah satu opsi Anda, lho! Ya, bisnis fashion memiliki prospek yang cukup menjanjikan saat ini apalagi dengan bantuan media promosi yang semakin canggih berkat teknologi dan media sosial. Bisnis Anda akan dengan mudah dipasarkan dan dipromosikan ke pangsa pasar yang lebih luas sehingga keuntungan yang didapat juga akan lebih besar.

Baca juga: Bisnis Pakaian Bekas atau Preloved yang Menggiurkan, Begini Tipsnya!

5. Kerajinan

bisnis ukm modal kecil

Siapa sangka kerajinan tradisional yang dianggap kuno bagi sebagian orang di Indonesia justru menjadi ladang pendapatan yang sangat menjanjikan? Ya, kerajinan tangan ini banyak sekali peminatnya, bahkan sampai menjadi komoditi ekspor ke luar negeri, lho! Bagi Anda yang ingin mulai berbisnis di sektor ini, jika modal Anda terbatas, Anda bisa mulai dari bisnis yang kecil-kecilan saja terlebih dahulu seperti bisnis kerajinan tangan buatan sendiri atau menjadi reseller kerajinan dari brand yang sudah mendulang kesuksesan.

6. Otomotif

bisnis ukm modal kecil

Hampir semua orang memiliki kendaraan bermotor saat ini. Bagi pebisnis yang jeli memanfaatkan peluang, hal ini bisa dipahami sebagai ladang bisnis baru yang sangat menguntungkan. Dengan banyaknya orang menggunakan kendaraan bermotor, berarti semakin banyak orang yang membutuhkan jasa maintenance dan produk/spare part kendaraan bermotor.

Sebut saja bengkel, tiap hari akan selalu ada saja motor yang sedang terpakir dan diperbaiki oleh bengkel. Atau peluang lain adalah menjual suku cadang kendaraan. Kedua bisnis tadi tak perlu menggelontorkan dana yang fantastis kok, Anda bisa mulai dengan membuka bengkel kecil-kecilan di komplek rumah Anda.

7. Agribisnis

bisnis ukm modal kecil

Bisnis pertanian dan peternakan adalah jenis usaha yang akan selalu mujur. Sebab, sayuran, buah-buahan, daging dan telur adalah jenis makanan yang kita konsumsi hamper setiap hari. Nah, kekayaan alam yang berlimpah ini patut dijadikan sebagai peluang bisnis yang harus mendatangkan keuntungan. Ya, Anda yang memiliki modal yang cukup lumayan sangat dianjurkan untuk memulai bisnis ini. Apalagi saat ini dengan perkembangan media social yang begitu massif. Kegiatan promosi akan semakin mudah dan pangsa pasar akan semakin luas. 

Bob Sadino adalah contoh pengusaha yang sukses berkat usaha di bidang Agribisnis. Dengan modal yang kecil, dan memulai bisnisnya dari nol, Bob Sadino membuktikan bahwa bisnis tak harus dimulai ketika modal sudah banyak, dengan modal kecil pun Anda sudah bisa menjalankan bisnis. Siapa tahu Anda merupakan the next Bob Sadino, ya!

8. Pendidikan

bisnis menjanjikan saat corona

Apa yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis dari Pendidikan? Banyak, salah satunya adalah les privat. Dengan mendirikan usaha les privat, Anda tidak hanya meraup keuntungan secara finansial saja, tetapi juga ikut mengembangkan Pendidikan ke arah yang lebih baik. Jika memang tidak ada modal, Anda bisa mulai dengan mengajar siswa oleh Anda sendiri karena yang Anda butuhkan hanyalah kapabilitas mengajar Anda. Anda bisa membuka les privat atau bimbingan belajar untuk anak pra sekolah, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, sesuaikanlah dengan kemampuan sumber daya yang Anda miliki!

9. Kecantikan

bisnis ukm modal kecil

Bisnis kosmetik memang tidak pernah sepi pembeli. Justru saat ini karena semakin banyaknya beauty vlogger di platform online streaming yang kerap kali melakukan review, rasanya produk kecantikan semakin diburu oleh para pesolek. Anda bisa mulai usaha Anda dengan menjadi reseller produk kecantikan, membuka toko kecantikan, atau bisa membuka usaha kecantikan seperti salon, spa, dan jasa tata rias. Tentunya, bisnis ini akan selalu berkembag, ya!

10. Pertamini

Keberadaan pertamini dinilai sangat amat membantu masyarakat. Apalagi disaat keadaan darurat, ketika bensin habis di tengah jalan dan posisi Anda sedang jauh dari pom bensin terdekat. Konsep bisnis yang diusung sebenarnya hampir sama dengan penjual bensin eceran, namun tentunya dengan konsep yang lebih terpercaya karena sudah dibekali dengan peralatan pengisian layaknya di SPBU. Dana yang perlu Anda siapkan terbilang cukup murah, hanya sekitar Rp 9 jutaan saja.

Keberadaan pertamini dinilai sangat amat membantu masyarakat. Apalagi disaat keadaan darurat, ketika bensin habis di tengah jalan dan posisi Anda sedang jauh dari pom bensin terdekat. Konsep bisnis yang diusung sebenarnya hampir sama dengan penjual bensin eceran, namun tentunya dengan konsep yang lebih terpercaya karena sudah dibekali dengan peralatan pengisian layaknya di SPBU. Dana yang perlu Anda siapkan terbilang cukup murah, hanya sekitar Rp 9 jutaan saja Anda sudah bisa memulai bisnis ini!

Baca juga: Ekonomi Sedang Loyo, 10 Bisnis Ini Justru Dulang Keuntungan di Tengah Pandemi

Itulah beberapa sektor bisnis ukm modal kecil yang bisa Anda jadikan peluang bisnis untuk meraup keuntungan yang cukup lumayan. Semangat dan jangan pantang menyerah, ya!

 

To Top