Insight

Cari Tau Tentang Jendela UPVC Untuk Rumah Anda dan Kelebihannya Disini!

Cari Tau Tentang Jendela UPVC Untuk Rumah Anda dan Kelebihannya Disini!

Rayap adalah permasalahan utama dalam material bangunan berbahan kayu yang digunakan untuk rangka, kusen jendela, atau pintu rumah. Karenanya kini sudah banyak orang yang beralih penggunaannya dari material kayu ke material logam atau plastik seperti UPVC, khususnya pada kusen jendela. Sehingga penggunaan jendela UPVC kini menjadi populer dan cocok untuk Anda yang sedang mencari kusen jendela dengan material terbaik.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas lebih lanjut mengenai jendela UPVC, kelebihannya, serta ketahanan penggunannya. Jendela tersebut merupakan jendela yang kusennya terbuat dari UPVC (Unplasticied Ply Vinyl Chloride) yang mana adalah material yang terbuat dari plastik yang cukup kuat dan anti rayap.

Namun sebelum membaca lebih jauh, jika Anda sedang mencari jendela UPVC untuk hunian atau rumah Anda, Anda dapat menemukannya di Indotrading dengan supplier dari seluruh Indonesia.

Pengertian Jendela UPVC

Jendela UPVC adalah jendela yang kusennya terbuat dari material UPVC atau yang dikenal sebagai Unplasticied Ply Vinyl Chloride. Material ini adalah material turunan plastik yang mana sifat plastiknya diminimalisasi, sehingga bentuk dari material ini menjadi keras.

Umumnya, bagian dalam rangka kusen jendela ini diberi rangka baik yang terbuat dari baja atau galvanis, sehingga akan jauh lebih kokoh dan kuat. Jendela ini memang anti rayap, mampu tahan terhadap air dan cuaca, serta minim perawatan. Sehingga ini sangat cocok untuk penggunan jangka panjang khususnya untuk rumah hunian pribadi.

Baca Juga: Inilah 6 Jenis Cat Tembok dan Tips Merawat Ketahanannya

Kelebihan-kelebihan Jendela UPVC

Selain kuat dan kokoh, jendela ini memiliki kelebihan-kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jendela terbaik untuk hunian Anda. Berikut ini adalah kelebihan dari jendela tersebut:

1. Minim Perawatan

Kelebihan yang pertama adalah minim perawatan. Kusen jendela dengan material kayu memang membutuhkan perawatan intensif seperti rutin dibersihkan, dilindungi dengan cat kayu anti rayap, atau mengoleskan oli secara berkala. Namun, berbeda dengan jendela ini, jendela dengan material UPVC tidak perlu perawatan khusus karena bahan plastik pembuatnya memang sangat kuat.

2. Tidak Korosi dan Anti Rayap

Selanjutnya, kelebihan yang paling sering dikenal dari jendela ini adalah anti rayap. Jendela tersebut juga tidak akan terkena korosi karena material plastiknya. Umumnya, memang kusen jendela dengan material kayu akan mudah terkena rayap jika tidak dilakukan perawatan yang intensif. Kusen jendela dengan material alumunium juga akan mudah keropos atau terkena korosi.

3. Tahan Terhadap cuaca

Kelebihan berikutnya dari jendela dengan material UPVC adalah tahan terhadap cuaca. Cuaca yang sangat panas tidak akan membuat kusen jendela UPVC ini kembang kusut. Pasalnya, kusen jendela dengan material kayu dapat menyebabkan kaca yang ada pada kusen kayu memuai dan lepas. Selain itu, jendela ini juga memiliki sistem drainase air sendiri. UPVC umumnya disambung langsung dipabrik dengan menggunakan teknik pembakaran sehingga kusen akan lebih kuat dan tahan bocor.

4. Dapat meredam suara

Reduksi suara yang dihasilkan dari jendela dengan material UPVC juga menjadi salah satu kelebihan jendela ini. Jika kusen jendela kayu dan alumunium tidak kedap suara, jendela UPVC mampu mengurangi reduksi suara hingga 40 dB. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa jendela tersebut menjadi tren di pasaran.

5. Tidak menghantar panas

Berikutnya, jendela ini memiliki kelebihan tidak menghantarkan panas. Kusen jendela yang terbuat dari material plastik ini dilapisi dengan bahan fire retardant yang mampu memperlambat laju api.

6. Ramah Lingkungan

Kelebihan yang terakhir adalah material UPVC juga bisa didaur ulang beberapa kali tanpa mengurangi kekuatannya. Material tersebut juga hadir dalam kandungan karbon yang relatif rendah, dibandingkan dengan pembuatan plastik lainnya.

Dibalik kelebihan yang ada, jendela tersebut juga memiliki kekurangan yaitu pemasangannya susah dan tidak semua tukang mampu memasang jendela ini dengan tepat. Ukuran untuk jendela juga harus tepat, karena jika ada kesalahan ukuran jendela, maka solusinya adalah harus diganti total. Sambungan antar bagian kusen pada jendela ini juga dilas, maka dari itu sambungannya sangat kuat.

Ketahanan Jendela Berbahan UPVC

Berdasarkan kelebihan-kelebihan seperti yang sudah disebutkan, jendela dengan standar yang tinggi ini ditaksir dapat bertahan hingga 40 tahun walau bentuk permukaannya kemungkinan bisa rusak. Jika kaca jendela pecah, atau manik-manik terlepas, Anda juga bisa memperbaikinya di jasa pemasangan jendela tanpa harus mengganti seluruh unitnya.

Jendela tersebut memang dikenal memiliki kekuatan material yang kokoh, sehingga penggunaannya dapat untuk jangka waktu yang lama serta memberikan perlindungan yang optimal untuk hunian Anda. Selain itu, jendela tersebut juga dapat mengurangi kebisingan, dan bentuk jendela sendiri dapat didesain sesuai dengan keinginan.

Ini juga bisa menjadi pilihan yang lebih murah karena jika jendela tersebut mengalami kerusakan, Anda hanya perlu membeli atau memperbaiki bagian yang rusaknya saja tanpa perlu mengganti keseluruhannya. Perawatan dari jendela dengan material terssebut juga sangat murah, karena bingkai jendela hanya perlu dibersihkan dengan air sabun yang hangat saja.

Itulah pembahasan mengenai jendela UPVC, kelebihan-kelebihan, serta ketahanan pemakaiannya yang bisa dijadikan panduan untuk memilih kusen jendela yang tepat untuk rumah Anda. Jika Anda membutuhkan jendela UPVC dengan kualitas terbaik, Anda bisa menemukannya dari supplier berkualitas dan terpercaya yang ada di Indotrading.

Baca Juga: Inspirasi Model Teralis Jendela Terbaru dan Detail Lengkapnya

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top