Insight

Perhatikan Cara Kerja Mesin Pemeras Santan Kelapa

cara kerja mesin pemeras santan

Cara kerja mesin pemeras santan adalah membantu dalam proses melakukan pemerasan terhadap parutan kelapa menjadi santan yang merupakan bahan dalam membuat berbagai macam olahan makanan. Mulai dari memasak masakan tradisional hingga membuat berbagai jenis kue atau minuman.

Sebelumnya proses memeras santan dilakukan dengan menggunakan parutan manual, namun hal ini cenderung membutuhkan banyak tenaga.

Dengan adanya mesin pemeras santan ini proses memeras santan menjadi lebih efisien, selain itu santan yang dihasilkan dari mesin pemeras santan lebih bersih dan murni jika dibandingkan dengan menggunakan cara manual.

Santan yang dihasilkan dari mesin juga lebih banyak karena proses penekanan yang maksimal sehingga tidak ada santan yang tersisa di ampas kelapa.

Kegunaan dan manfaat santan kelapa

Santan sendiri merupakan emulsi minyak didalam air yang memiliki warna putih dan diperoleh dengan cara memeras daging kelapa segar yang sudah terlebih dahulu diparut atau dihancurkan baik itu dengan penambahan air ataupun tidak.

Meskipun santan dinilai sebagai bahan makanan yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan karena kandungan lemak jenuhnya namun, santan juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Berat Badan

Pertama, dapat menurunkan berat badan karena lemak jenuh dalam santan merupakan trigliserida rantai sedang yang memiliki struktur molekul sederhana sehingga mudah larut dalam air dan berpindah dari usus kecil menuju hati.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kedua, menjaga kesehatan jantung yang dibuktikan dengan hasil riset yang membuktikan bahwa santan tidak signifikan meningkatkan kadar kolesterol jahat melainkan meningkatkan kolesterol baik yang justru melindungi jantung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Terakhir, meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan asam laurat dari kelapa yang dapat secara efektif menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara dan endometrium serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Santan merupakan bahan masakan yang umum digunakan di Indonesia, sekaligus ciri khas dari masakan nusantara. Kandungan rasa manis dan gurih yang ada dalam santan membuat masakan apapun menjadi lebih nikmat. Fungsi utamanya adalah mengentalkan kuah, memperkaya cita rasa dan menyedapkan masakan.

Baca juga : 10 Rekomendasi Mesin Penggorengan Deep Fryer Terbaik

Cara Kerja Mesin pemeras santan

Sesuai dengan perkembangan teknologi, mesin-mesin diciptakan guna membantu pekerjaan manusia. Sesuai dengan namanya, mesin pemeras santan digunakan untuk memarut kelapa dan memerasnya menjadi santan yang siap pakai.

Mesin ini biasanya digunakan dalam industri-industri seperti pengolahan makanan, industry farmasi, industry pengolahan minyak kelapa dan yang lainnya.

Manfaat menggunakan mesin dalam memeras santan adalah bisa digunakan untuk memarut kelapa dalam jumlah banyak dengan waktu yang lebih cepat dan efisien.

Jika memeras santan dengan cara manual, kadang kala anda tidak dapat menghindari terjadinya goresan yang disebabkan oleh parutan kelapa namun dengan menggunakan mesin lebih menjamin keamanan.

Selain itu, santan yang dihasilkan akan lebih murni dan tidak tercampur dengan ampas karena dalam proses pemerasan tersebut jalan keluar untuk santan dipisahkan dengan jalan keluar dari ampas kelapa.

Cara kerja mesin pemeras santan cukup sederhana dan mudah dalam pengoperasiannya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan mesin lantas memasukkan kelapa yang sudah dikupas ke dalam corong bagian atas mesin, setelah itu anda hanya perlu menunggu bahan tersebut diproses oleh mesin. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah pada corong tempat keluarnya santan dan ampas.

Selain dimanfaatkan sebagai mesin pemeras santan, mesin ini juga dapat digunakan untuk mengolah bahan lain seperti memeras pati kentang, singkong ataupun buah-buahan.

Kapasitas yang disedikan juga bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan industri. Meski mesin ini biasanya digunakan pada industri pengolahan makanan yang memiliki skala menengah atau skala besar.

Namun tidak menutup kemungkinan mesin ini dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga yang merasa enggan memarut kelapa. Hasil dari perasan santan kelapanya juga dipastikan lebih memuaskan dan terjamin kualitasnya.

Terdapat banyak jenis mesin pemeras santan kelapa, seperti mesin pemeras santan sistem manual hidrolik, ataupun mesin pemeras santan kelapa listrik.

Untuk mesin pemeras santan yang menggunakan sistem manual hidrolik dapat menampung kurang lebih 15 buah kelapa dalam satu kali perasan sehingga sangat efektif dan efisien dibandingkan jika harus memeras dengan menggunakan tangan.

Sementara untuk mesin pemeras santan yang menggunakan sistem listrik memiliki 3 komponen lubang yakni

lubang pertama yang berfungsi memasukkan kelapa, lubang kedua memiliki fungsi sebagai tempat keluarnya ampas kelapa dan lubang ketiga yang memiliki fungsi sebagai tempat keluarnya hasil perasan atau santan. Mesin ini terbuat dari bahan stainless steel dengan daya tampung mencapai 50 hingga 60 kg per jamnya.

Untuk dapat memiliki mesin pemeras santan ini dengan harga terbaik yang ditawarkan oleh penjual, supplier, ataupun distributor dapat dipesan melalui Indotrading.com dengan klik link disini.

Indotrading merupakan B2B marketplace dengan peran membantu perusahaan seperti toko, importir, distributor, jasa, trading, pabrik, ataupun eksportir dalam melakukan transaksi jual beli.

Di tempat ini menawarkan banyak pilihan mesin pemeras santan dalam berbagai merk atau tipe, dari mulai yang berkapasitas 100 butir, 200 butir, 500 butir per jam, pengolah buah dan sayur pres santan, dan press santan manual.

Harga dan kualitas mesinnya juga bersaing, dengan estimasi mulai dari 6 juta hingga 40 juta. Di Indotrading.com anda bahkan dapat melakukan negosiasi langsung dengan penjual terkait harga mesin.

Demikian sedikit informasi terkait cara kerja mesin pemeras santan kelapa, semoga dapat membantu anda yang ingin memiliki mesin pemeras santan sehingga mempermudah anda dalam proses memeras santan kelapa untuk keperluan bisnis ataupun rumah tangga.

To Top