Insight

Ketahui Cara Kerja Mesin Perontok Padi yang Benar

cara kerja mesin perontok padi

Proses memisahkan padi dari jerami merupakan bagian dari kegiatan panen padi, yang biasa dilakukan setelah padi menguning atau berumur 30-35 hari sejak hari pertama tanaman padi berbunga. Proses perontokan ini bisa dilakukan secara manual atau dengan mesin. Berikut cara kerja mesin perontok padi.

Prosedur Sebelum Pemakaian

cara kerja mesin perontok padi 1

Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan mesin perontok padi dan hasilnya kurang memuaskan atau tidak sesuai klaim dari penjual, maka jangan kecewa atau marah dulu ya. Karena bisa saja Anda yang salah menggunakan mesin tersebut. Inilah prosedur pemakaian yang benar:

1. Posisikan mesin perontok di area yang datar dan dekat dengan tumpukan tanaman padi yang akan dirontokkan.

2. Gunakan alas (lembaran plastik atau terpal) di bawah mesin perontok agar butiran padi yang keluar dari mesin tidak tercecer ke tanah dan nantinya mudah dikumpulkan.

3. Posisikan mesin searah angin agar jerami yang keluar dari mesin bisa langsung tertumpuk rapi. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari hembusan jerami, sekam, debu, dan pecahan biji-bijian yang bisa saja melukai area wajah terutama mata.

4. Pasang penghalang di depan mesin (misalnya kayu triplek, atau bisa juga posisikan mesin di dekat dinding) untuk mengurangi butiran padi terlempar jauh dari mesin dan susah dikumpulkan.

Cara Cek Mesin Perontok Pagi Sebelum Digunakan

cara kerja mesin perontok padi 2

Setelah memasang alas dan memposisikan mesin sesuai rekomendasi di atas, kini saatnya cek mesin sebelum mesin benar-benar dioperasikan. Caranya adalah:

1. Buka penutup mesin dan periksa bagian gigi perontok, drum, dan konkaf. Jika ada kotoran yang tersangkut (misalnya daun-daun kering, ranting pohon, atau benda asing lainnya), segera bersihkan agar kinerja mesin tidak terganggu dan tidak membahayakan Anda.

2. Periksa permukaan karet dan katrol. Pastikan karet tidak terlalu kencang tapi juga tidak kendor. Jika ada bagian karet yang rusak/sobek/hampir putus, maka ganti karetnya.

3. Periksa bagian pasak gigi, pastikan tidak ada yang aus dan semuanya masih berfungsi. Jika ada pasak yang usang atau sangat berkarat, amplas dulu sampai karatnya berkurang atau langsung ganti dengan yang baru.

4. Lumasi bantalan poros mesin dengan minyak pelumas agar mesin bisa berputar dengan mudah. Pastikan juga tidak ada baut atau sekrup yang kendor atau hilang.

5. Periksa oli mesin dan jumlah bahan bakar.

6. Sebelum mesin dinyalakan, cobalah untuk memutar mesin secara manual (dengan tangan) setidaknya lima putaran untuk memastikan tidak ada komponen yang lepas atau bergesekan.

7. Nyalakan mesin dan biarkan memanas, lalu masukkan sedikit tanaman padi untuk mengetes kinerja mesin.

8. Jika semuanya berjalan lancar, tingkatkan kecepatan gilingan dan masukkan lebih banyak tanaman padi.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Mesin Pengolah Padi yang Benar

Cara Kerja Mesin Perontok Padi

cara kerja mesin perontok padi 3

Sesuai namanya, mesin perontok padi adalah mesin yang digunakan untuk memisahkan biji-bijian padi dari daun dan batang tanaman. Pada dasarnya, mesin ini memiliki proses tiga langkah seperti berikut:

1. Pada tahap pertama, Anda memasukkan tanaman padi ke dalam lubang mesin yang bernama feeder. Feeder akan mengontrol jumlah tanaman yang masuk ke dalam mesin untuk mencegah mesin kelebihan beban.

2. Pada tahap kedua, bagian mesin yang bernama separator (sekumpulan bilah yang berputar cepat dan terlihat di ujung feeder) akan memisahkan butiran gabah dari tangkai tanaman dan menjatuhkannya ke bagian selanjutnya.

Pada bagian ini, kulit padi akan dibuang / dikupas dan dijatuhkan lagi ke bagian selanjutnya. Sedangkan jerami dan sekam akan masuk ke rak jerami untuk nantinya dikeluarkan dari mesin lewat lubang keluar yang berbeda.

3. Pada tahap ketiga, butiran padi yang sudah dikuliti akan berjalan melewati layar terakhir yang terdapat aliran udara yang akan meniup sisa jerami dan sekam. Butiran padi yang sudah dibersihkan kemudian berjalan masuk ke dalam hopper untuk nantinya dibuang ke atas terpal yang sudah Anda siapkan.

Catatan: cara kerja mesin perontok padi ini bisa berbeda-beda tergantung dari model atau jenis mesin itu sendiri.

Penyimpanan dan Perawatan Mesin

cara kerja mesin perontok padi 4

Agar mesin perontok padi tidak mudah rusak dan tahan lama, lakukan beberapa perawatan berikut ini ya:

1. Bersihkan mesin secara menyeluruh setiap kali mesin selesai digunakan, dan simpan mesin dengan keadaan karetnya dilonggarkan untuk meminimalkan kerusakan.

2. Simpan mesin di tempat yang kering, bersih, dan ada atapnya (misalnya gudang) untuk mengurangi kerusakan akibat penumpukan debu, sinar matahari, dan hujan.

3. Oleskan oli ke permukaan logam yang terbuka dan ke semua titik engsel secara berkala untuk mencegah karat.

4. Meskipun mesin tidak digunakan dalam waktu yang lama, periksalah mesin secara teratur untuk menemukan komponen yang kendur, aus, atau rusak (mulai dari pasak gigi, palang cekung, silinder, pedal, dan bagian lainnya).

5. Baut atau mur yang kendor harus segera dikencangkan, dan jika ada yang hilang harus segera diganti.

6. Servis bagian saringan udara, filter bahan bakar, saluran bahan bakar, karburator, dan busi secara teratur sesuai dengan buku panduan mesin.

7. Jika ingin mesin selalu terlihat bagus, cat bagian yang perlu dicat ulang.

Tips Tambahan

cara kerja mesin perontok padi 5

1. Pastikan bahwa tanaman padi sudah benar-benar kering sebelum dimasukkan ke dalam mesin, karena saat tanaman padi masih basah atau agak basah, butiran padi akan susah untuk dipisahkan dari tangkainya.

2. Jika mesin mengalami overloading, maka Anda harus mengurangi jumlah tanaman padi yang dimasukkan ke dalam mesin.

3. Jika mesin tiba-tiba macet atau slip karena terlalu banyak muatan, segera matikan mesin lalu buka tutup mesin dan bersihkan bagian dalamnya.

4. Periksa ketinggian oli bak mesin setidaknya setiap 4 jam pengoperasian dan ikuti rekomendasi pabrikan mesin untuk interval penggantian oli.

5. Disarankan untuk segera menyingkirkan/menjauhkan tumpukan jerami yang sudah keluar dari mesin agar tidak mengganggu kinerja mesin atau tercampur dengan padi.

Baca Juga: Ketahui Cara Menyemprot Padi Supaya Tidak Mudah Diserang Hama

Bagi Anda yang sedang mencari mesin perontok padi yang bagus namun dengan harga terjangkau, bisa langsung kunjungi website https://www.indotrading.com/ ya. Pilihannya beragam lho, mulai dari yang sederhana dan berukuran kecil sampai yang modern dan lebih mudah dioperasikan.

To Top