Review Produk

Berbeda dengan Paving Block, Ketahuilah Manfaat, Jenis-Jenis, dan Cara Memasang Grass Block Yang Baik dan Benar

Apakah Anda cukup familiar dengan grass block? Ya, material bangunan yang satu ini memang seringkali kita temui di pekarangan atau carport sebuah bangunan. Selain berfungsi untuk menutup permukaan tanah agar menjadi rata, grass block juga dapat menjadikan tampilan pekarangan atau carport lebih rapi dan asri, lho! Kok bisa? Penasaran, kan? Simak yuk penjelasannya melalui artikel di bawah ini!

Apa Itu Grass Block?

grass block

Grass block merupakan atau paving block rumput merupakan produk pengembangan dari paving block yang berfungsi sebagai untuk menutupi permukaan tanah. Tidak hanya membuat permukaan tanah menjadi lebih rapi, material bangunan ini juga dapat menjadikannya lebih cantik dan asri.

Grass block didesain sedemikian rupa agar dapat menghasilkan resapan air yang lebih banyak daripada paving block biasanya. Sebab, paving block rumput ini memiliki lubang-lubang yang dapat ditanami rerumputan. Maka dari itulah, banyak orang menyebut bahwa grass block adalah solusi ramah lingkungan. Selain manfaat  tersebut, ternyata masih banyak lho manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan benda ini.

Manfaat Grass Block 

grass block

1. Membantu proses penyerapan air ke dalam tanah

Jika diperhatikan, bentuk paving block rumput sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan paving block lainnya. Pasalnya, paving block rumput memiliki rongga pada bagian tengahnya yang dapat ditanami oleh rerumputan saat diaplikasikan. Nah, melalui rumput yang ada di rongga inilah, proses penyerapan air tanah akan semakin mudah.

Air akan langsung diserap ke dalam tanah tanpa terhalang bagian paving lainnya. Sehingga tak heran jika paving block tipe rumput disebut-sebut sebagai solusi paripurna yang dapat membantu mengatasi permasalahan banjir yang seringkali menyambangi kota-kota besar di Indonesia.

2. Lebih kuat dan tahan lama terhadap cuaca

Meskipun komposisi grass block terdiri dari segmen beton dan rumput, namun kekuatan dan ketahanannya tidak kalah lho dengan paving block yang lain. Justru karena mendapat sokongan dari rerumputan, paving block jenis ini tidak akan mudah pecah dan lebih cenderung tahan lama karena proses pemuaian lebih cepat.

3. Lingkungan menjadi lebih asri

Paving block rumput akan menampilkan kesan hijau atau asri pada lahan aplikasi. Sebab, salah satu keunggulan dari benda ini adalah rongga yang ada bisa ditanami rumput sehingga lingkungan masih ada sentuhan hijaunya ditengah material beton.

4. Mempermudah masuknya kendaraan

Lahan parkir atau carport sangat dianjurkan untuk dipasangi paving block rumput. Pasalnya, lahan yang hanya berisi rumput saja akan menjadikan jalanan licin saat dilewati kendaraan, terlebih saat musim hujan. Nah, grass block bisa menjadi solusi yang pas.  Sebab, benda ini dapat menahan kendaraan agar tidak mudah terpeleset  karena mengandung bahan beton yang bersifat keras. Jadi, selain asri, penggunaannya juga dapat menunjang keamanan pengguna kendaraan juga, ya!

5. Lebih praktis dan efisien

Sama seperti jenis paving block lainnya, grass block juga terbilang lebih efisien dan praktis daripada produk pengeras jalan lainnya. Selain tidak membutuhkan tenaga ahli untuk memasangnya, material bangunan ini juga sangat praktis dan efisien. Pasalnya, jika ada bagian yang rusak, Anda bisa langsung menggantinya tanpa harus membongkar keseluruhan.

Jenis-Jenis Grass Block

Dilihat dari cara pembuatannya, grass block dibedakan menjadi dua tipe. Pertama, yang dibuat dengan cara manual. Biasanya, jenis ini memiliki ketebalan sekitar 6 cm dan digunakan hanya untuk menahan beban ringan di atasnya. Sedangkan, jenis kedua adalah yang dibuat dengan bantuan mesin press. Berbeda dengan jenis manual, grass block jenis press ini biasanya lebih tebal dan bisa menahan beban yang cukup berat.

Cara Memasang Grass Block yang baik dan benar

1. Pilih jenis grass block sesuai dengan kebutuhan

Jenis-jenis paving block rumput yang tersedia di pasaran sangatlah beragam. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Seperti yang telah disebutkan di atas, cara termudah untuk memilihnya bisa dilakukan salah satunya dengan memilih paving block rumput yang cukup tebal misalnya dengan ketebalan 8 cm. Sebab, semakin tebal grass block, dia akan mampu menopang beban yang cukup berat di atasnya. Tak heran jika banyak orang yang akan membuat lahan untuk carport memilih paving block rumput berukuran tebal. Sedangkan, jika kebutuhannya hanya untuk lapisan pejalan kaki, ketebalan 6 cm juga sudah cukup.

2. Ratakan tanah dengan menggunakan teknik leveling

Pada tahap ini, Anda perlu menyiapkan tanah urug (tanah merah) atau abu batu sebagai material untuk mengisi permukaan tanah yang masih belum rata. Permukaan tanah yang tidak rata diisi dengan tanah urug atau abu batu sampai benar-benar padat dan sama rata.

3. Pasang Kanstin Beton

Kanstin beton merupakan kepingan beton yang dipasang pada sisi-sisi paving block. Benda ini berfungsi sebagai komponen yang dapat mengunci paving block rumput yang akan Anda pasang. Pasanglah sesuai dengan pola yang sudah Anda tentukan sebelumnya, ya!

4. Pasang sesuai dengan pola

Mulailah memasang kepingan grass block dengan cara maju ke depan. Usahakan untuk menginjaknya sambil memasang agar menempel pada tanah urug seccara rata dan padat. Apabila ada sudut kosong yang tersisa, potong kepingan menggunakan paving block cutter dan pasang hingga semua area tertutup padat.

5. Tanami rongganya dengan rumput

Tahap inilah yang membuat pemasangan grass block berbeda dengan pemasangan paving pada umumnya. Anda harus menyiapkan bibit rumput yang akan ditanam pada setiap rongga paving. Tanam bibit rumput tersebut di rongga-rongga yang tersedia sampai ia menyentuh bagian tanah. Jika sudah selesai, siramlah secara rutin setiap pagi dan sore agar rumput dapat tumbuh dan terlihat bagus.

Baca juga: Permukaan Tanah Jadi Rata dan Stabil Berkat Paving Block. Yuk, Kenali Jenis-Jenis Paving Blok yang Tersedia di Pasaran!

Nah, jika Anda tertarik untuk memasang grass block, Anda bisa menemukan supplier dan penjual terpercaya hanya di Indotrading. Dapatkan penawaran dan harga spesial di platform kami.

To Top