Insight

Pengertian Mesin CNC, Jenisnya dan Fungsi yang Mesti Diketahui

pengertian mesin cnc

Teknologi yang berkembang di bidang industri terus mengalami perkembangan dan kemajuan untuk meningkatkan produktivitas di bidang manufaktur, salah satunya yaitu mesin CNC. Lalu, apa itu pengertian mesin CNC dan bagaimana cara kerjanya?

Dalam perkembangan industri seperti saat ini, penggunaan mesin CNC sangat menguntungkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Mesin CNC sendiri terdiri dari beberapa jenis yang memiliki fungsi masing-masing. Untuk mengetahui mesin CNC dan jenisnya, simak penjelasan berikut.

Pengertian Mesin CNC

Mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah sebuah mesin yang digunakan untuk memproduksi barang dengan cepat dan jumlah besar dan cepat. Mesin ini biasanya digunakan untuk kepentingan produksi di bidang industri manufaktur.

Setiap pengerjaan produksi barang dengan mesin ini sudah menggunakan sistem komputer yang telah diprogram dengan baik untuk menghasilkan barang yang sesuai dengan presisi. Mesin ini biasanya digunakan untuk benda-benda yang memiliki ukuran paten seperti mur, baut, dan lain sebagainya.

Produksi barang dengan menggunakan mesin CNC ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil pengerjaan manual. Karena menggunakan komputer yang sudah terprogram, maka mesin akan lebih mudah dikontrol, baik dalam pengeboran atau pemotongan berbagai material.

Bagaimana Cara Kerja Mesin CNC?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara kerja mesin ini ditunjang dengan komputer yang berguna untuk memproses gambar atau desain dari produk yang ingin diciptakan. Desain gambar tersebut kemudian diproses sesuai program yang dapat dibaca oleh mesin CNC.

Secara otomatis, mesin CNC akan memproses sesuai dengan desain gambar untuk menjadi barang jadi. Penggunaan mesin CNC ini juga memiliki keunggulan yaitu setiap program yang dijalankan bisa disimpan di dalam memori komputer, sehingga bisa digunakan kembali saat dibutuhkan.

Cara kerja dari mesin ini juga seperti robot, sehingga Anda hanya perlu memasukkan program dan mesin akan bekerja dengan sendirinya. Dalam mengoperasikan mesin CNC juga diperlukan programmer yang bertugas menulis kode dan mengedit program.

Apa Saja Jenis Mesin CNC?

Setelah Anda memahami mengenai pengertian dan cara kerja dari mesin CNC, Anda juga harus tahu apa saja jenis mesin CNC. Ada beberapa jenis mesin CNC yang beredar di pasaran antara lain sebagai berikut ini.

  1. Mesin CNC Bubut

Salah satu jenis mesin CNC yaitu mesin bubut. Mesin bubut CNC ini bisa digunakan dengan program yang sudah diatur dan disesuaikan sebelumnya, sehingga pekerja operator tidak perlu bekerja menggunakan tangan secara manual.

Cara kerja dari mesin bubut ini dimulai dengan seorang programmer yang membuat rancangan bagian alat yang ingin dibuat secara manual. Hasil dari rancangan file yang telah diubah menjadi kode dengan komputer kemudian diunggah ke mesin CNC untuk diproses menjadi barang jadi.

  1. Mesin CNC Milling

Sesuai namanya, mesin CNC milling merupakan jenis mesin CNC yang menggunakan program milling (penggilingan). Mesin CNC jenis ini berfungsi untuk melakukan proses pemotongan dan pengeboran material dari bahan kayu atau logam dengan bantuan sistem komputer.

Mesin CNC jenis ini menggunakan alat silindris yang berputar atau biasa disebut dengan pemotong penggilingan. Mesin ini mampu bergerak di sepanjang sumbu yang berbeda dan dapat digunakan untuk memotong sudut yang berbeda.

  1. Mesin CNC Plasma Cutter

Mesin CNC plasma cutter memiliki fungsi sebagai pemotong logam atau kayu dalam bentuk 2 dimensi. Jenis mesin CNC yang satu ini menggunakan obor plasma (plasma torch) dan tidak memerlukan daya yang banyak seperti pada mesin router.

  1. Mesin CNC Laser Cutter

Prinsip kerja mesin CNC laser cutter atau pemotong laser ini mirip dengan plasma cutter, namun tidak menggunakan plasma torch. Sesuai dengan namanya, mesin CNC jenis ini menggunakan laser yang berguna untuk memotong plastik.

  1. Mesin CNC Router

Mesin CNC Router merupakan mesin yang paling banyak digunakan untuk mengerjakan kayu, plastik, atau logam. Untuk menggunakan mesin jenis ini, operator tidak perlu melakukan manipulasi pada mesin dan hanya perlu memasukkan programnya saja ke komputer untuk menjalankan mesin.

  1. Mesin CNC Pick and Place

Pengaturan yang digunakan pada mesin CNC pick and place ini mirip seperti mesin CNC router dan laser cutter. Ada beberapa nozel kecil yang terdapat pada mesin CNC jenis ini yang berfungsi untuk merakit komponen elektronik menjadi produk jadi seperti motherboard, ponsel, dan lain sebagainya.

  1. Mesin CNC Tube Bending

Mesin CNC tube bending ini berguna untuk menekuk pipa sehingga dapat membentuk pola tertentu sesuai dengan program yang sudah disetting pada komputer, Mesin CNC jenis ini biasa digunakan untuk menekuk tube assy pada AC mobil.

Baca juga : Apa Itu Mesin Press? Kenali Jenis-Jenis Mesin Press

Keunggulan Apa Saja Dari Mesin CNC?

Dibandingkan mesin pada umumnya, mesin CNC ini memiliki banyak keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulan dari penggunaan mesin CNC.

  • Dapat Digunakan Untuk Produksi Skala Besar

Mesin CNC memiliki keunggulan yaitu mampu memproduksi barang dalam skala besar. Karena menggunakan satu program yang sama, produk yang dihasilkan juga bisa seragam dan lebih efektif.

  • Meminimalisir Kecelakaan Kerja

Dengan menggunakan mesin CNC dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja akibat human error karena tidak membutuhkan banyak operator untuk menjalankan satu mesin.

  • Lebih Hemat Biaya Produksi

Keunggulan lainnya yang bisa Anda peroleh dari penggunaan mesin CNC yaitu mampu menghemat pengeluaran untuk biaya produksi. Karena bisa menghasilkan barang dalam jumlah banyak dan cepat, biaya operasionalnya juga lebih sedikit karena tidak memerlukan banyak operator.

  • Hasil Produksi Lebih Presisi dan Akurat

Karena mesin ini terkoneksi dengan komputer yang sudah diatur sebelumnya dengan program tertentu, maka hasil produksinya juga memiliki tingkat keakuratan tinggi dan presisi. Dengan begitu, operator juga akan lebih mudah melakukan pengontrolan kualitas hasil produksi (quality control).

Penjelasan mengenai pengertian mesin CNC dan jenis-jenisnya dapat Anda jadikan sebagai referensi dan bahan pertimbangan sebelum membelinya. Untuk mendapatkan produk mesin CNC berkualitas dengan jaminan harga termurah, langsung saja cek di Indotrading. Disini terdapat banyak produk mesin CNC yang dijual oleh supplier hingga distributor terpercaya.

To Top