Insight

Simak Bagian – bagian Mesin Bor Duduk dan Fungsinya

bagian bagian mesin bor duduk

Bagian bagian mesin bor duduk tentu lebih rumit dan lebih banyak dibanding mesin bor tangan yang lebih sederhana. Meski rumit, mesin bor duduk lebih dapat memudahkan pekerjaan pengeboran dibanding menggunakan bor tangan yang rawan menjadikan pegal-pegal di tangan.

Jenis-jenis mesin bor

Terdapat beberapa jenis mesin bor, yaitu:

  1. Mesin bor duduk
  2. Mesin bor tangan
  3. Mesin bor cordless
  4. Mesin bor Core
  5. Mesin bor gantung
  6. Mesin bor impact
  7. Mesin bor magnet
  8. Mesin bor SDS+
  9. Mesin bor SDSMax
  10. Mesin bor engine

Komponen Mesin Bor Duduk

Bagian bagian mesin bor duduk ada tujuh bagian yang saling mendukung antara satu bagian dengan bagian yang lain, yaitu:

1. Base (dudukan)

Base ini adalah penopang semua komponen yang terdapat pada mesin bor. Base terletak di bagian paling bawah yang menempel pada lantai. Base ini biasanya dibaut menyatu dengan lantai.

Pemasangan base mesin bor pada lantai ini harus dipastikan kuat karena akan mempengaruhi akurasi pengeboran akibat dari getaran yang ditimbulkan.

2. Columb (tiang)

Columb adalah bagian dari mesin bor yang berfungsi sebagai penyangga bagian- bagian lain yang digunakan untuk melakukan proses pengeboran.

Columb yang dimaksud ini adalah benda berbentuk silinder yang mempunyai alur atau rel yang berfungsi sebagai jalur gerak vertikal dari meja kerja.

3. Table (meja kerja)

Table adalah bagian yang berfungsi untuk meletakkan objek benda kerja yang akan di bor. Meja kerja ini dapat diatur menyesuaikan ketinggian yang diinginkan.

Selain itu, meja kerja juga dapat diputar ke kiri maupun ke kanan dengan sumbu yang tetap berporos pada ujung yang melekat pada tiang (column).

Anda tidak perlu khawatir. Meja kerja juga dilengkapi dengan pengunci (table clamp) untuk menjaga agar posisi meja tidak berubah dan tetap konstan sesuai dengan yang dibutuhkan sampai pada akhir pengerjaan. Sedangkan untuk menjepit benda kerja agar tetap diam, anda dapat menggunakan ragum yang di letakkan di atas meja.

Baca juga : Komponen Mesin Bor Tangan yang Mesti Diketahui

4. Driil (mata bor)

Drill atau mata bor adalah suatu alat pembuat lubang atau alur yang efisien. Mata bor yang paling sering di gunakan dalam mesin bor adalah bor berbentuk spiral. Hal ini karena bor berbentuk spiral memiliki daya hantar yang baik.

Selain itu, penyaluran serpih (geram) yang dihasilkan juga baik karena adanya alur – alurnya yang berbentuk sekrup. Mata bor spiral juga memiliki sudut – sudut sayat yang menguntungkan dan bidang potong yang dihasilkan dapat diasah tanpa mengubah diameter Bor.

Bidang-bidang potong yang dihasilkan oleh bor spiral tidak radial tetapi berupa hasil pergeseran, sehingga hasilnya membentuk garis-garis singgung pada lingkaran kecil yang merupakan hati Bor.

5. Spindle

Spindle adalah bagian mesin bor duduk yang menggerakkan chuck atau pencekam. Spindle ini memiliki fungsi untuk memegang/mencekam mata bor.

6. Spindle Head

Spindle head adalah rumah dari kontruksi spindle yang di gerakkan oleh motor dengan sambungan berupa belt dan di atur oleh Driil Feed Handle untuk proses pemakananya.

7. Spindle Feed Handle

Spindle feed handle adalah handle yang berfungsi untuk menurunkan atau menekankan spindle dan mata bor ke benda kerja sehingga tidak ada pergerakan objek bor selama proses pengeboran.

8. Motor listrik

Motor listrik adalah penggerak utama dari mesin bor. Secara lengkap, motor listrik ini dilengkapi dengan kabel power dan kabel penghubung, fuse/sekring, lampu indikator, saklar on/off dan saklar pengatur kecepatan.

Fuse / sekring adalah alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik. Fungsinya untuk memastikan muatan listrik tetap stabil dan tidak berlebihan.

Baca juga : Jenis-jenis Mesin Bor dan Kegunaannya

Mendapatkan Mesin Bor dengan Kualitas Terbaik

Di zaman yang serba digital ini, anda tidak perlu bingung ketika membutuhkan sesuatu atau ingin membeli sesuatu. Termasuk barang-barang elektronik seperti mesin bor duduk.

Sekarang telah tersedia berbagai marketplace yang dapat memenuhi segala kebutuhan anda. Anda tidak perlu repot – repot datang dari toko ke toko hanya untuk mencari produk berkualitas dengan harga yang paling murah.

Dengan duduk di rumah dan membuka layar hape anda, anda akan bisa mendapatkan berbagai informasi dengan harga terbaik.

Indotrading adalah sebuah B2B marketplace yang telah berdiri selama kurang lebih 8 tahun ini, adalah sebuah marketplace yang membantu mendorong UKM agar lebih maju dengan memperluas pasarnya di jejaring online.

Produk yang dipasarkan diantaranya adalah alat elektronik, konstruksi dan properti, mesin dan alat berat, alat ukur, alat proteksi diri dan keamanan, kerajinan, dan berbagai produk lain.

Anda dapat mendapatkan mesin bor kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Terdapat berbagai macam tipe mesin bor duduk dari berbagai merk yang ditawarkan.

Seperti mesin bor besi Promotech PRO 51, mesin bor Dixon ZX-16 & ZX19, Mesin bor duduk bench, mesin bor duduk OSAKI, Mesin bor duduk magnet, mesin bor duduk Orion, mesin bor duduk West King, mesin bor duduk 16mm, dan lain lain.

Bagian bagian mesin bor duduk tidak terlalu rumit. Bagian-bagiannya pun tidak terlalu banyak. Meski demikian, mesin bor duduk ini sangat efisien dibanding dengan bor tangan.

Hasilnya akan lebih maksimal karena getarannya yang akan tetap konstan. Jadi, anda tidak perlu ragu lagi untuk melengkapi mesin bor anda dengan mesin bor duduk.

To Top