Insight

Jenis-jenis Mesin Bor dan Kegunaannya

Bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan di mekanik dan pertukangan, tentu sangat kenal dengan mesin bor. Mesin ini merupakan alat untuk membuat lubang atau memperbesar lubang pada suatu bidang tertentu. Lubang yang dibuat tersebut kemudian bisa digunakan untuk berbagai kepentingan seperti sambungan partisi atau pemasangan partisi lainnya. Ada banyak jenis mesin bor yang memiliki fungsi berbeda-beda banyak dijual di pasaran.

Saat ini, mesin bor atau drill sudah berinovasi, sehingga fungsinya juga tidak hanya untuk membuat lubang saja. Beberapa jenis mesin bor saat ini ada yang digunakan untuk membuat alur, perluasan, dan menghaluskan bidang secara presisi dan akurat. Fungsi mesin bor secara khusus bisa dilihat dari jenis mesin bor dan mata bor yang digunakan. Berikut ini, beberapa jenis mesin bor beserta kegunaannya.

Mesin Bor Tangan

Jenis mesin bor ini  hampir ada di setiap bengkel. Mesin ini dinilai sangat fleksibel karena bisa digunakan dengan berbagai posisi yang umumnya tidak bisa dengan mesin bor standard. Mekanisme dari mesin bor tangan cukup sederhana. Dengan ukuran yang kecil, mesin ini menjadi sangat fleksibel, ringan, dan mudah. Mesin bor tangan kompatibel dengan mata bor berdiameter 12 mm sampai dengan 18 mm.

Mesin Bor Impact

Banyak dimiliki oleh pekerja bangunan dan kelistrikan dan hampir sama dengan bor tangan. Perbedaannya, mesin bor impact memiliki kecepatan berputar dan getaran yang lebih tinggi. Mesin bor impact cocok digunakan untuk membuat lubang di dinding. Mata bor yang digunakan pada mesin ini juga khusus mata bor untuk dinding.

Mesin Bor SDS+

Jenis mesin bor SDS+ merupakan pembaruan dari jenis mesin bor impact. Keunggulannya adalah mempunyai mode penggunaan yang bisa diganti dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis mesin bor SDS+ hanya memiliki dua atau tiga mode penggunaan. Keunggulan lain dari Mesin bor SDS+ yaitu pengguna tidak perlu mengunci mata bornya saat digunakan atau cukup dengan dicolokkan saja. Sama seperti mesin bor impact, mata bor yang digunakan adalah mata bor khusus untuk dinding.

Mesin Bor SDS Max

Jenis mesin bor SDS Max sebenarnya memiliki desain dan fungsi sama dengan mesin bor SDS+. Namun, mesin bor SDS Max jauh ukuran mata bor yang lebih besar. Mata bor yang digunakan juga khusus untuk dinding dan tidak perlu penguncian saat digunakan.

Mesin Bor Cordless

Bor Cordless termasuk salah satu mesin bor yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya, sehingga tidak terdapat kabel untuk penyambung ke arus listrik. Mesin Bor Cordless cocok untuk pekerjaan yang ringan karena kekuatan putaran dari bor relatif lemah. Biasanya digunakan untuk mengebor gypsum, kayu, atau besi tipis. Mata bor yang digunakan memiliki ukuran yang kecil. 

Fungsi lain dari bor Cordless adalah sebagai obeng listrik yang bekerja secara cepat. Cara menggunakannya hanya dengan memasangkan mata obeng, maka mesin bor memasangkan sekrup pada bidang yang diinginkan. 

Mesin Bor Core

Jenis bor ini merupakan mesin bor yang digunakan untuk melubangi lantai dan untuk mengukur ketebalan aspal di jalan. Mesin bor Core paling selalu digunakan dalam proyek pembangunan yang cukup besar.  Bor core memiliki mata bor yang besar berbentuk seperti tabung. Mata bor tersebut cocok untuk mengebor lantai pada gedung ketika membuat jalur pipa atau kabel untuk kelistrikan.

Mesin Bor Duduk

Bor Duduk memiliki desain khusus untuk membuat lubang yang kecil dengan mengandalkan kecepatan. Semakin kecil lubang yang digunakan, maka kecepatan putar harus semakin tinggi. Alas pada mesin bor duduk umumnya diikat dengan mur dan baut. Keunggulan dari mesin bor duduk adalah bisa mengebor sampai diameter 15,5 mm. 

Cara menggunakan mesin bor duduk hanya dengan memutar tuasnya, maka selanjutnya mata bor dan kepala bor akan turun ke bawah membentuk sebuah lubang pada bidang yang dibor. Mesin bor ini cocok untuk  membuat lubang pada beberapa lapis besi secara langsung. 

Mesin Bor Gantung

Jenis bor ini berbeda dari jenis mesin bor lainnya karena cara menggunakannya dengan menggantung. Fungsi dari mesin bor gantung yang paling utama adalah untuk mengikis atau memperbesar lubang. Mata bor yang digunakan juga berbeda dengan mesin bor pada umumnya, karena menggunakan mata bor khusus untuk mesin bor gantung.

Mesin Bor Magnet

Bor jenis ini merupakan mesin bor yang memiliki magnet di bagian bawahnya. Kegunaan utama bor magnet ini adalah untuk mengebor dinding besi. Jadi, kegunaan utama magnet pada mesin ini adalah untuk menyangga mesin bor. Magnet pada bagian bawah mesin bor bisa ditempelkan secara vertikal pada bidang besi. Mata bor yang digunakan mesin bor magnet magnet tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu 22 mm, 25 mm, 28 mm, 32 mm, 35 mm, bahkan ada juga yang terbesar 60 mm.

Patut diingat, setiap jenis mesin bor memiliki fungsi yang berbeda. Maka itu, Anda harus memastikan kebutuhan mesin bor sesuai pekerjaan Anda. Indotrading menyediakan beragam mesin bor dari para supplier/distributor mesin bor. Anda bisa langsung order mesin bor dengan mengunjungi website Indotrading sekarang atau klik link ini!

To Top