Insight

Ketahui Apa Itu Kain Majun, Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

apa itu kain majun

Tahukah Anda apa itu kain majun? Pernahkah Anda mendengar tentang kain ini? Kain majun merupakan kata lain dari kain lap, pastinya sudah banyak yang mengetahui. Seperti pada umumnya kain lap, kain ini memiliki fungsi untuk membersihkan meja, kursi atau tempat lainnya dari kotoran ataupun air.

Kain ini biasanya terbuat dari bahan kain limbah industri gramer yang di daur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual, dari pada dibuang sia-sia. Penasaran dengan informasi menarik lainnya tentang kain majun? Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang yang dimaksud dengan kain majun, jenis-jenisnya, dan juga fungsinya pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Tentang Apa itu Kain Majun?

apa itu kain majun 1

Kain majun merupakan kain lap yang terbuat dari sisa potongan kain-kain produksi industri garment data industri konveksi. Kain lap ini dibuat dari sisa-sisa potongan kain yang tidak teratur yang kemudian dijahit untuk menjadi lembaran kain lap.

Kain ini biasanya dijual dalam bentuk karungan atau bal-balan, jadi bukan per bijinya. Harganya juga cukup murah dengan fungsi yang cukup baik. Sama seperti jenis kain lap lainnya, kain majun juga berfungsi untuk membersihkan berbagai kotoran seperti air, oli, debu, atau juga kotoran sisi produksi.

Selain itu, kain ini juga sering digunakan untuk keperluan pada workshop alat-alat berat dan mekanik lainnya, atau tempat-tempat yang banyak terdapat bahan-bahan kimia. Hal tersebut dikarenakan sifat dari kain majun ini sangat praktis, ketika kotor setelah digunakan bisa langsung dibuang. Dibandingkan dengan kain lap yang harus dicuci setiap kali setelah digunakan.

Karena kain ini merupakan kain dengan fungsi satu kali pakai saja, tentunya Anda harus bisa bijak dalam menggunakannya agar tidak timbul masalah lingkungan. Kain ini banyak dipilih orang karena memiliki daya serap yang baik karena dari kebanyakan terbuat dari bahan kain katun dan kaus, serta juga mudah saat digunakan membersihkan kotoran.

Kain-kain tersebut ketika diproduksi menjadi baju saja nyaman digunakan dan mudah menyerap keringat, apalagi potongan sisinya dijadikan lap yang pasti sangat cocok. Sebelum membeli kain majun ini, Anda juga perlu tahu juga jenis-jenisnya, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga : Raup Omzet Puluhan Juta Dari Bisnis Jualan Kain Tenun Khas Lampung

Jenis-Jenis Kain Majun Serta Fungsinya

apa itu kain majun 2

Setelah mengetahui apa itu kain majun, Anda perlu tahu juga apa saja jenis dari kain majun ini. meskipun sama-sama terbuat dari bahan baku yang sama, kain ini terbagi menjadi berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda.

Pembagian jenis kain majun ini didasarkan pada beberapa aspek, ada yang berdasar bentuk potongan penjualannya, berdasarkan jahitannya, berdasarkan jenis kain yang digunakan hingga berdasarkan warna kain yang digunakan. Beberapa jenis kain majun tersebut telah dirangkum dalam pembahasan dibawah ini.

1. Kain majun asalan

Seperti namanya, kain majun ini dibuat dengan asal, atau tidak diproses sama sekali. Potongan sisa-sisa garmen tersebut langsung saja di jual dengan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berukuran kecil dan ada yang besar.

Jenis kain majun asalan ini biasanya digunakan pada usaha bengkel atau bidang usaha lainnya yang berkaitan langsung dengan bahan-bahan kimia. Di tempat-tempat seperti ini ukuran kain bukanlah sebuah masalah, yang terpenting adalah bisa digunakan untuk membersihkan.

Ditempat seperti bengkel selain sudah cukup bisa membersihkan, harga juga menjadi pertimbangannya. Harga kain jenis ini sangat murah sehingga bisa lebih menghemat biaya operasi usahanya.

2. Kain Majun Warna Jahit

Jika jenis kain majun asalan tidak diproses sama sekali, jenis yang lebih rapi. Potongan sisa-sisa garmen sebelum dijual harus diproses terlebih dahulu. Potongan kain sisa ini dipotong lagi dengan ukuran 25×25 cm hingga 30×30 cm, atau jika potongan sisa kain terlalu kecil dibuat dengan menggabungkan beberapa lembar potongan kain. Selanjutnya kain ditumpuk lalu dijahit melingkar sehingga kain bisa tergabung menjadi satu.

Potongan kain ini berlapis mulai dari 2 hingga 3 lapis dan dijahit melingkar seperti spiral kecil yang membesar. Jahitan seperti ini sangat kuat dan tidak mudah lepas. Kain majun jenis ini sangat efektif ketika digunakan untuk membersihkan kotoran.

Terutama dalam ukuran cukup banyak seperti genangan air, oli, minyak atau yang lainnya. Karena hal ini, tidak heran jika majun jenis ini cukup diminati dan menjadi favorit untuk para penggunanya, terutama di berbagai bidang usaha industri.

3. Kain Majun Putih Jahit

Hampir sama dengan jenis kain majun warna jahit, majun yang satu ini juga memiliki ukuran 25×25 cm hingga 30×30 cm. Hanya saja, jenis yang ini menggunakan  bahan baku potongan sisa bahan kaus yang dijahit menjadi satu.

Majun jenis memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan warna, tetapi banyak juga yang memilih membeli kain majun jenis ini untuk digunakan dalam pekerjaan yang cukup bersih.

Anda bisa menemukan beberapa pekerjaan yang menggunakan majun jenis ini seperti pekerja mebel untuk membersihkan bekas amplas ataupun membersihkan debu-debu sebelum dilakukannya pengecatan.

4. Kain Majun Campuran

Kain majun jenis ini merupakan campuran dari berbagai jenis kain yang dijual karungan. Kain ini memiliki lebar 1-2 jari dan juga 2-3 jari. Untuk pembelian setiap karungnya memiliki berat 50 kg.

5. Kain Majun Putih Lembaran Tanpa Jahitan

Bahan baku dari jenis ini sama seperti kain majun putih jahitan, yaitu berupa kain potongan sisa kaus. Tetapi terkadang ada yang memang sengaja memproduksi lembaran kain untuk sebagai kain majun.

Majun jenis ini tidak memiliki ukuran pasti, karena tergantung dari konveksi tersebut. Potongan-potongan ini pun hanya berbentuk lembaran-lembaran saja, tanpa adanya jahitan. Harganya juga relative lebih mahal dan sangat cocok ketika digunakan untuk membersihkan kotoran dan menghaluskan bagian permukaan logam setelah dilakukan pengecatan.

Baca juga : Fatchurohman Sulap Kain Batik Bekas Jadi Kolase Bernilai Jutaan Rupiah

Kain pembersih seperti majun ini memang sangat dibutuhkan, tetapi penggunaannya juga sangat perlu dikontrol. Selain untuk menjaga lingkungan seperti yang disebutkan di atas, pengontrolan penggunaan juga bertujuan untuk bisa mengatur biaya secara efisien.

Setelah mengetahui berbagai jenis kain majun di atas, manakah kain majun yang akan Anda beli dan cocok dengan pekerjaan Anda? jangan sampai salah membeli ya. Dan yang perlu Anda ingat adalah kain majun ini merupakan potongan sisa kain dengan bentuk serpihan dan terdapat benang-benangnya.

Ada beberapa pekerjaan yang tidak cocok jika dibersihkan dengan kain lap majun ini, seperti pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pembersihan mesin-mesin.

Serpihan kain, benang, dan debu yang ada pada kain sangat rawan masuk pada komponen mesin. Hal ini bukan lagi membuah komponen mesin tersebut bersih, tetapi malah akan membuat komponen mesin semakin kotor bahkan bisa merusak mesin ketika mesin dihidupkan.

Apakah pembahasan tentang apa itu kain majun, jenis-jenis beserta fungsinya di atas memberikan informasi lengkap kepada Anda? Nah, jika saat ini Anda sedang bingung mencari tempat yang jual kain ini dengan harga terjangkau, Anda bisa mengunjungi situs Indotrading.

Kami menyediakan berbagai jenis kain, salah satunya kain majun dengan kualitas terbaik dan dijamin ori. Wah apakah Anda tertarik untuk memesannya? Semoga bermanfaat dan beli kain majun yang sesuai dengan yang Anda butuhkan, salah satunya Indotrading.

To Top