Insight

7 Tips Ampuh Agar Aktivitas Work From Home (WFH) Tetap Produktif

work from home

Covid-19 kini tengah menjadi sebuah momok menakutkan yang menghantui masyarakat di seluruh dunia. Semakin tajamnya angka peningkatan korban terinfeksi mendorong WHO untuk mendeklarasikan virus ini sebagai sebuah pandemic. Tak heran, pemerintah pun dengan sigap sudah menggelindingkan beragam kebijakan dan regulasi sementara untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini, seperti membatasai mobilitas masyarakat dari dan ke luar negeri, penerapan social distancing, meliburkan beberapa sekolah, dan mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk Work From Home (WFH).

Belakangan ini, isu mengenai Work From Home kian menjadi perbincangan di berbagai media dan bahkan menjadi trend di sosial media. Hal itu dikarenakan memang sudah banyak perusahaan yang memberlakukan kebijakan WFH bagi karyawannya agar risiko penularan virus di masyarakat dapat digenjot ke angka minimum. Bekerja di rumah memang terdengar menyenangkan, namun faktanya, perlu kondisi yang siap dan sikap disiplin agar skema bekerja ini tetap efektif dan produktif. Bagaimana caranya? Yuk simak tips-tipsnya di bawah ini!

1. Menjaga Rutinitas Pagi agar Tetap Berjalan

wfh

Walaupun Anda tak perlu pergi ke kantor untuk bekerja, namun Anda harus tetap menjaga rutinitas pagi seperti biasa. Jika Anda rutin berolahraga, mendengarkan podcast, atau membuat sarapan, lakukanlah rutinitas Anda seperti biasanya. Hal ini bertujuan, agar Anda bisa tetap produktif dan tidak hanya leyeh-leyeh saja di tempat tidur. Kabar baiknya adalah, anda bisa memangkas sebagian rutinitas pagi anda, seperti menyatok rambut, bersolek menggunakan make-up, ataupun menggunakan riasan.

Hal yang sangat perlu anda hindari adalah bergegas membuka laptop seketika anda bangun pagi. Hal tersebut akan membuat anda pusing, lemas, dan tak berenergi, karena anda kurang asupan harian dan otak anda bekerja terlalu dini. Dengan begitu, anda bisa memulai hari dengan semangat dan energi yang sama ketika anda bekerja ke kantor seperti biasanya.

2. Mempersiapkan atau Mencari Spot Bekerja Terbaik

wfh

Setelah anda bersiap diri, tips selanjutnya adalah mempersiapkan spot bekerja. Bekerja di tempat tidur bukan opsi yang bijak jika anda sedang menjalani skema WFH. Sebab, mindset yang sudah tertanam dalam pikiran anda mengenai tempat tidur adalah untuk kebutuhan tidur sehingga kurang produktif.

Anda perlu mencari sebuah ruangan atau spot yang bisa anda jadikan sebagai area kerja di dalam rumah. Tak perlu mengaturnya agar terlihat seperti kubikel tempat kerja. Tetapi, buatlah area tersebut menjadi area yang nyaman untuk anda bisa bekerja dan berkonsentrasi mengerjakan seluruh pekerjaan Anda. Bisa sambil duduk maupun lesehan, buatlah se-nyaman mungkin. Namun agar anda tak mudah capek, usahakan tetap menggunakan meja untuk menaruh laptop.

Jika anda tinggal bersama keluarga, cari tempat yang terpisah dengan keluarga anda dan usahakan mengomunikasikannya dengan menjelaskan bahwa anda sedang bekerja di rumah. Dengan begitu, anda bisa mengubah mode tubuh dan pikiran anda menjadi “mode bekerja”.

3. Pakai Pakaian yang Nyaman dan Tetap Jaga Kebersihan Diri

wfh

Berhubung tak harus bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang di luar, banyak orang yang salah mempersepsikan bahwa mereka tidak harus mandi karena tak akan pergi keluar rumah. Hal tersebut tentu salah besar, karena WFH yang sedang diterapkan saat ini dikarenakan adanya virus Corona, anda seharusnya tetap mandi dan membersihkan diri. Selain sebagai upaya menjaga kehigienisan badan, juga agar anda lebih bersemangat saat bekerja.

Namun, soal cara berpakaian tentu berbeda. Anda tak harus berpakaian rapi dan formal seperti saat berangkat ke kantor. Cukup menggunakan pakaian yang memang nyaman untuk anda gunakan saat bekerja, agar bisa tetap bergerak dengan bebas kesana kemari tanpa ada hambatan. Dengan pakaian yang nyaman dikenakan, anda akan bisa lebih produktif dan berkonsentrasi saat bekerja.

4. Pastikan Koneksi Internet Lancar

wfh

Hal satu ini bisa dibilang sebagai salah satu hal yang sangat krusial ketika anda bekerja di rumah. Internet menjadi salah satu kunci utama yang mendukung kelancaran anda saat bekerja. Jika anda memiliki koneksi WiFi di rumah, ada baiknya untuk menggunakan WiFi agar koneksi internet tetap stabil. 

Namun, tak ada salahnya juga untuk anda menyiapkan kuota cadangan di perangkat mobile anda. Siapa tahu kan WiFi anda tiba-tiba gangguan, anda bisa thetering internet dari smartphone anda ke laptop agar anda bisa tetap terhubung dan mengerjakan pekerjaan anda.

5. Persiapkan Aplikasi dan Hal Lainnya untuk Berkomunikasi dengan Tim

wfh

Walaupun anda bekerja di rumah, biasanya anda perlu untuk tetap berkomunikasi dengan kolega atau tim anda di kantor. Oleh karena itu, sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk kebutuhan komunikasi, seperti Whatsapp, Skype, maupun aplikasi khusus lainnya yang kantor anda gunakan untuk kebutuhan komunikasi internal antar karyawan.

Dengan begitu, anda dapat tetap berkoordinasi dengan jelas dan rinci dengan anggota tim atau klien anda, misalnya dengan menggunakan fitur audio/video conferencing agar mendapatkan penjabaran yang lebih lengkap dan komprehensif.

6. Membuat Perencanaan Kerja

wfh

Salah satu keuntungan dari bekerja di rumah adalah anda mendapatkan kesempatan untuk membuat perencanaan kerja Anda dengan lebih baik lagi. Dengan semakin meningkatnya fleksibilitas dan menurunnya struktur yang rigid tak boleh membuat anda menjadi leha-leha, namun justru harus membuat anda menjadi lebih ekstra disiplin dalam mengatur waktu dan perencanaan. 

Guna menghindari pekerjaan yang terlalu menumpuk dan manajemen waktu yang buruk, ada baiknya untuk Anda membuat perencanaan kerja di pagi atau malam hari sebelum anda bekerja, termasuk jam Anda mulai bekerja dan jam anda harus berhenti bekerja.

7. Sisihkan Waktu untuk Istirahat

wfh

Ketika anda bekerja di rumah, penting bagi anda untuk tetap meluangkan waktu untuk beristirahat, terutama pada jam makan siang. Jangan sampai karena anda bekerja di rumah, anda jadi lupa waktu karena banyak kerjaan atau terjebak dalam meeting tak berujung . Jangan lupa untuk memanfaatkan waktu makan siang anda untuk rehat sejenak –bisa dengan bermain game, nonton Youtube, atau aktivitas lainnya di rumah. Tapi jangan sampai kebablasan ya!

Baca juga: Perusahaan Wajib Persiapkan Hal-hal Ini untuk Cegah Pernyebaran Corona

Itulah deretan tips yang bisa anda coba ikuti agar aktivitas Work from Home anda dapat tetap produktif sama seperti saat anda pergi ke kantor biasanya. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan, rajin mencuci tangan, dan tentunya terapkan social distancing. Semoga bermanfaat ya!  

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top