Insight

cek! 5 Jenis Alat Pemadam Kebakaran yang Wajib Tersedia di Bangunan dan Fasilitas Umum di Sekitar Anda

alat pemadam kebakaran

Kebakaran merupakan hal yang selalu dihindari, terlebih untuk bangunan tinggi maupun fasilitas umum. Untuk menghindari terjadinya kebakaran, maka setiap bangunan atau fasilitas umum perlu menyediakan alat pemadam kebakaran.

Alat pemadam kebakaran merupakan salah satu jenis peralatan yang wajib tersedia di beberapa tempat, baik di bangunan yang sering dikunjungi ataupun fasilitas dan trasnportasi umum. Jenis dari alat pemadam kebakaran pun beragam, sehingga penempatan dan penggunaannya disesuaikan dengan  lokasi pemasangan. Dengan begitu alat pemadam kebakaran dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Namun, karena alat pemadam tersedia dalam beragam jenis dan fungsi, banyak orang yang awam dengan alat pemadam kebakaran. Untuk itu pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas lebih dalam jenis-jenis apar yang perlu tersedia dalam bangunan ataupun fasilitas umum.

Namun sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan berbagai jenis Alat pemadam api terbaik di Indotrading.

Alat Pemadam Kebakaran

Alat Pemadam Kebakaran merupakan alat yang digunakan untuk memadamkan api atau kebakaran kecil. Keberadaan alat ini merupakan salah satu alat keselamatan yang wajib tersedia di gedung-gedung perkantoran, rumah sakit, hotel, fasilitas umum, bahkan di rumah.

Jenis Jenis Alat Pemadam Kebakaran yang Perlu Tersedia

Agar dapat menghindari kebakaran, bangunan ataupun fasilitas umum perlu memiliki beberapa jenis alat pemadam kebakaran. Untuk memudahkan Anda mengetahui jenis pemadam kebakaran yang harus tersedia pada bagunan ataupun fasilitas umum, berikut pembahasannya:

1. Alarm Kebakaran

Alarm Kebakaran alat pemadam kebakaran

Alarm Kebakaran adalah perangkat yang berfungsi untuk mendeteksi dan memperingatkan orang-orang disekitarnya melalui suara ketika terdeteksinya asap, api, karbon monoksida, serta keadaan darurat lainnya. Umumnya alarm kebakaran ini digunakan untuk bangunan tinggi seperti gedung perkantoran, hotel,mall, rumah sakit, stasiun, dan tempat umum lainnya yang sering dikunjungi banyak orang.

Sistem alarm kebakaran sangat berguna, karena dapat membantu melindungi orang, properti, dan aset dari bahaya kebakaran dengan memberikan sinyal peringatan dini terhadap potensi kebakaran.

Anda dapat menemukan alarm kebakaran berkualitas di Indotrading.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Alarm Display Terbaik

2. Apar

APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung berwarna  yang di isi dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Umumnya apar wajib tersedia di bangunan tinggi, fasilitas umum, bahkan di transportasi umum seperti Busway hingga Commuter line.

Dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap Perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan aset perusahaannya.

Namun jenis dari apar sendiri tersedia berbagai macam, mulai dari apar air, apar busa, apar dry chemical powder, dan apar karbon dioksida. Jenis apar yang disediakan pun penggunaannya harus disesuaikan dengan golongan kebakaran yang terjadi.

Jenis Jenis Golongan kebakaran

Golongan kebakaran sendiri berdasarkan (Permenaker) No. Per-04/MEN/1980 dibagi menjadi 4, yaitu:

a. Kebakaran Kelas A merupakan kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti kertas, plastik, kain, kayu, karet dan lain sebagainya.

b. Kebakaran Kelas B merupakan kelas kebakaran yang disebabkan oleh cairan yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Solvent, Methanol dan lain sebagainya.

c. Kebakaran Kelas C merupakan kelas kebakaran yang disebabkan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan.

d. Kebakaran Kelas D merupakan kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium.

Anda dapat menemukan apar berkualitas di Indotrading.

Baca Juga: Pahami Langkah Cara Menggunakan APAR Sesuai Prosedur yang Benar

3. Box Pemadam Kebakaran

Box alat Pemadam Kebakaran

Box pemadam kebakaran adalah elemen kelengkapan yang wajib dimiliki oleh para pemilik APAR, karena box apar digunakan untuk menyimpan APAR, atau alarm kebakaran. Biasanya di samping box pemadam kebakaran juga disediakan kapak damkar guna memecahkan box pemadam kebakaran saat kebakaran terjadi.

Biasanya box apar diletakkan di dekat pintu darurat pada bangunan seperti rumah sakit, apartemen, hotel, serta tempat industri. Selain itu juga diletakkan juga di fasilitas umum, dan transportasi umum.

Anda dapat menemukan Box Pemadam Kebakaran berkualitas di Indotrading.

4. Fire Sprinkler

Fire Sprinkler

Fire sprinkler merupakan jenis pemadam kebakaran yang diwajibkan tersedia di fasilitas umum maupun bangunan yang memiliki tingkat bahaya kebarakan seperti apartemen, rumah sakit, pabrik, perkantoran dan lainnya.

Alat ini berguna untuk memadamkan api secara otomatis, dengan cara mengeluarkan debit air yang keluar dari nozzle berukuran kecil dengan tekanan yang tinggi ketika terdeteksi adanya api atau ketika suhu disekitar melampaui suhu yang telah ditentukan.

Anda dapat menemukan Fire Sprinkler berkualitas di Indotrading

5. Detektor Asap dan panas

Detektor Asap dan panas alat pemadam kebakaran

Detektor asap dan panas merupakan jenis alat pemadam kebakaran yang digunakan untuk memberitahu bila terjadi indikasi asap atau suhu panas yang dapat memicu kebakaran. Cara kerja dari kedua alat ini cukup serupa tapi berbeda.

Untuk detektor asap, bekerja dengan cara mendeteksi asap yang berada disekitar detektor. Jika terindikasi adanya asap, maka alat ini akan mengeluarkan suara dengan lampu strobo yang berkedip, dan bergetar untuk mengingatkan orang yang berada disekitar detektor asap.

Umumnya alat detektor asap ini berfungsi dengan mengandalkan baterai maupun kabel. Khusus baterai biasanya alat dapat bertahan hingga pemakaian 6 bulan dan akan mengeluarkan suara tertentu bila menandakan baterai habis.

Sedangkan detektor panas bekerja dengan cara mendeteksi jika terjadi perubahan suhu pada suatu ruangan berupa energi panas termal yang biasanya disebabkan oleh kebakaran. Alat ini mendeteksi panas sampai batas tertentu,  biasanya diantara suhu 50 sampai 60 derajat Celcius yang kemudian disalurkan dalam bentuk suara keras (alarm bell). 

Jika Anda membutuhkan Detektor Asap dan panas, Anda dapat menemukan Detektor Asap dan Detektor Panas berkualitas di Indotrading

Itulah pembahasan mendalam jenis-jenis alat pemadam kebakaran yang setidaknya wajib dimiliki dan berada di berbagai jenis bangunan dan fasilitas umum. Selain 5 jenis alat pemadam kebakaran di atas, Anda juga dapat menemukan berbagai jenis Alat Pemadam Kebakaran lainnya dari Supplier terpercaya dan terlengkap di Indotrading.

To Top