5 Tip untuk Mengakhiri Hari Kerja dengan Perasaan Tenang dan Menyenanagkan

Jika Anda seorang pekerja di sebuah perusahaan pasti akan mengalami suka duka dimarahin atasan, konflik dengan rekan kerja, sebal dengan peraturan menejmen yang berubah – ubah atau mungkin mumet dengan tumpukan pekerjaan. Sehingga membuat diri Anda jadi lesu dan tidak semangat saat megakhiri hari kerja.

Tidak jarang, masalah yang dihadapi di kantor terbawa hingga ke rumah. Alih – alih optimis dan bahagia saat pulang kerja dan menghabiskan waktu dengan keluarga, Anda justru semakin tidak karuan karena memendam kesal.

Untuk mengakhiri hari kerja dengan mood yang baik, tentu saja menutup pekerjaan dengan tenang, dan siap kembali untuk menjalani kerja hari esok, dengan beberapa tips cara mengakhiri hari kerja dengan perasaan optimis berikut ini dilansir dari id.techinasia.com

  1. Menulis pencapaian satu hari

Biasakan mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap diri sendiri. Meski tidak termasuk dalam KPI atau target yang ditentukan dari perusahaan. Dengan menuliskan pencapaian-pencapaian sehari-hari kita, selain untuk meapresiasi diri kita juga akan mengetahui seberapa produktifkah kita saat bekerja.

  1. Persiapkan diri untuk esok hari

Selain menuliskan pencapaian hari ini, Anda juga harus menuliskan kembali apa saja yang akan Anda kerjakan atau yang akan Anda capai untuk esok hari. Hal ini juga akan membantu Anda melihat apa saja kesalahan yang harus dikoreksi yang sudah terjadi pada hari ini. Tentu saja kegiatan ini pun akan membantu Anda menata pekerjaan dan memacu Anda untuk menyelesaikannya.

  1. Bersihkan dan rapikan ruang kerja

Hal ini mungkin terlihat sepele dan terkadang banyak diabaikan oleh para pekerja. Membersihkan tempat kerja, minimal meja sebelum Anda mengakhiri pekerjaan dan kemudian pulang. Juga akan memacu Anda untuk disiplin dan akan memberikan rasa senang saat Anda kembali bekerja esok hari. Rasa senang itu pun akan me-suggest diri Anda untuk melahirkan energi positif.

  1. Tahan diri dari membuka sosial media dan telpon dari luar

Sering kali pekerjaan menjadi tertunda dan terbengkalai, hanya karena Anda mudah terdistrack dengan sesuatu yang terjadi di hadapan Anda. Seperti telpon yang masuk ke handphone Anda, atau suara notif sosial media atau chat yang masuk. Sebisa mungkin Anda harus menghindari telpon disaat Anda tengah menghadapi pekerjaan yang menumpuk. Matikan notifikasi smartphone Anda dan simpan handphone Anda di tempat yang cukup jauh dari jangkauan.

  1. Akhiri jam kerja dengan mantap

Melaksanakan yang sesuai dengan judul di atas memang bukan perkara sederhana. Tidak mudah mengakhiri hari dengan perasaan bangga terhadap diri sendiri, karena tidak setiap hari kita merasa produktif. Kita terkadang juga kecewa terhadap performa diri karena merasa bekerja dengan hasil di bawah rata-rata.

Apabila perasaan tersebut datang, jangan biarkan perasaan itu merundung Anda dan membuat Anda jadi semakin tidak produktif. Sebuah pnelitian menyarankan bahwa memaafkan diri sendiri yang sedang menunda sebuah pekerjaan dapat membantu mengurangi kebiasaan menunda-nuda di masa depan loh.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk mengakhiri hari kerja dengan menunjukkan rasa terima kasih kepada para kolega kerja. Menunjukan rasa terimakasih Anda adalah satu cara tercepat meningkatkan mood.

 

 

0 Comments Lihat semua →


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *