Business Tips

4 Tips Mengukur Pencapaian Bisnis Online

Kesuksesan dalam bisnis dapat dicapai jika Anda berhasil menerapkan strategi yang tepat. Namun sebelum itu, penting halnya untuk mengetahui dimana posisi bisnis Anda melalui pengukuran bisnis.

Tidak ada bisnis yang terus-menerus melalui jalan yang mulus selama perjalanannya, bahkan bisnis yang sudah besar sekalipun. Pasang surut bisnis merupakan hal yang wajar sekaligus menjadi kesempatan melakukan penilaian agar bisnis semakin berkembang. Oleh karenanya, pengukuran tentang seberapa jauh pencapaian bisnis Anda merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Bagi sebagian orang, mengukur seberapa jauh pencapaian bisnis bisa jadi hal yang tidak begitu penting. Namun sebenarnya, dengan mengetahui pencapaian bisnis, Anda dapat mengetahui posisi bisnis sehingga dapat merencanakan strategi yang tepat bagi pengembangan bisnsi Anda di masa yang akan datang. Melalui keempat tips ini, Anda dapat mengukur sejauh mana pencapaian bisnis Anda selama ini:

  1. Ubahlah Alur Transaksi Menjadi Lebih Sederhana

Gambar 813

Sebelum membeli barang, seseorang biasanya akan mencari informasi tentang barang yang ingin dibeli terlebih dahulu melalui website, blog, maupun media sosial. Mereka memiliki pertimbangan masing-masing, entah dari merek barang, kualitas, tampilan, pilihan warna, ketersedian stok barang, dan lain sebagainya. Jika konsumen tertarik dengan display barang yang ditawarkan di website Anda, mereka tentu akan langsung melakukan pembelian.

Namun realitanya, konsumen kadang merasa tidak nyaman dengan alur transaksi pembayaran karena prosesnya terbilang berbelit-belit. Untuk menangani masalah ini, kita bisa mengubah cara penjualan kita dengan mengutamakan kemudahan bagi konsumen dan tidak terlalu bertele-tele dalam bertransaksi. Eliminasilah langkah-langkah yang tidak perlu sewaktu proses transaksi berlangsung sehingga konsumen akan menganggap bahwa membeli barang kepada kita memang sangat mudah dan efisien.

 

  1. Carilah Media untuk Publikasi

Gambar 814

Mempromosikan diri serta brand Anda merupakan faktor yang krusial untuk melakukan pengukuran terhadap bisnis. Di luar sana, ada begitu banyak kesempatan untuk mendapatkan publikasi dari media. Semua tergantung dari kreativitas Anda untuk dapat menarik perhatian publik.

Agar mendapatkan publikasi dari media, Anda bisa menyelenggarakan acara seminar, workshop, talkshow, kontes, atau bahkan kegiatan sosial seperti donor darah massal atau bakti sosial. Dengan aktif menyelenggarakan acara semacam itu, Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Perhatikan jenis acara yang Anda pilih karena hal itu juga turut mempengaruhi branding perusahaan Anda.

Aplikasi Help a Reporter Out atau HARO bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada lebih dari 35.000 jurnalis yang sedang mencari materi publikasi di sana. Jangan lupa untuk melakukan registrasi karena peluang besar menanti Anda di sana.

Baca juga : 5 Siasat Tepat Pemasaran Online di Tahun 2016

  1. Gunakan Email Berlangganan untuk Memaksimalkan Promosi

Gambar 815

Semua jenis bisnis dapat menggunakan email otomatis untuk memaksimalkan promosi bisnisnya. Saat ini bahkan banyak sekali restoran yang bisa secara otomatis mengirimkan e-kupon untuk diskon spesial dengan tujuan meningkatkan traffic pengunjung restoran tersebut. Jika perusahaan Anda tipe e-commerce, Anda juga bisa mengirimkan penawaran spesial kepada konsumen berdasarkan rekam jejak transaksi mereka yang sebelumnya.

Gunakan kreativitas Anda untuk membuat pop-up atau tawaran menarik agar pengunjung tertarik untuk berlangganan email. Anda juga bisa mengirimkan informasi mengenai diskon yang disediakan sehingga calon konsumen tersebut berpeluang untuk menjadi konsumen setelah melakukan pembelian. Fokuslah pada hal-hal yang kira-kira akan membuat konsumen Anda senang.

Sama halnya dengan semua bentuk pemasaran online, email otomatis membutuhkan monitoring dan testing yang ketat. Namun jika sudah menemukan polanya, email otomatis ini akan mengkonversi calon konsumen menjadi konsumen Anda, bahkan ketika Anda sedang tidur.

 

  1. Bangunlah Branding Media Sosial dengan Konsisten

Gambar 816

Media sosial merupakan sarana yang paling tepat untuk melakukan branding. Melalui media sosial, Anda juga dapat melakukan ekspansi promosi bisnis yang lebih luas. Perhatikan kecenderungan atau pakem-pakem dalam setiap media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain
sebagainya.

Semakin banyak platform media sosial yang Anda gunakan, orang akan lebih mempercayai bisnis Anda. Konsumen juga akan lebih mudah terkoneksi dengan Anda sehingga mereka merasa dekat dengan Anda. Usahakan follower atau friend list Anda bertambah setiap harinya. Setelah itu, jangan lupa untuk membangun kedekatan dengan mereka melalui penggunaan sapaan khas seperti Indotrading yang menggunakan sapaan Indopreneurs untuk followers di Facebook dan Twitter.

Anda bisa menggunakan tweet “Make Sure to Connect With Us On Facebook” supaya konsumen Anda yang hanya terkoneksi di Twitter bisa mengetahui postingan Facebook perusahaan Anda di masa yang akan datang. (leo/editor: erlin)

Baca juga : 5 Strategi Digital Marketing untuk Para Digital Marketer

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin