Insight

4 Tipe Orang yang Akan Membantu Anda Meraih Kesuksesan

Setiap orang menginginkan kesuksesan dan keberhasilan dalam hidup, tak terkecuali dalam bidang bisnis. Namun untuk meraih kesuksesan, Anda tidak dapat meraihnya seorang diri. Perlu dukungan dari orang-orang terdekat. Kira-kira siapa saja orang yang akan mendukung Anda meraih kesuksesan?

Hampir tidak ada tujuan yang bisa dicapai  hanya dengan mengandalkan perjuangan seorang diri. Lagi pula, dengan memiliki pendamping, Anda akan dikuatkan ketika menemui kendala serta dipacu semangatnya saat mulai kelelahan menapaki jalan menuju kesuksesan.

Dalam perjalananmu menuju sukses, setidaknya ada empat tipe kepribadian yang Anda butuhkan sebagai pendamping untuk meraih kesuksesan. Mereka adalah orang-orang yang akan membantu Anda dalam usaha yang Anda lakukan.

Jika Anda tidak mengetahui tempat yang tepat untuk mencari mereka, mungkin Anda kurang menyadari bahwa orang-orang terdekat Anda selama ini adalah salah satu diantaranya. Jadi, orang seperti apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan kesuksesan yang Anda inginkan? Simak ulasan kami berikut ini:

  1. The Mentor

the mentor

Tidak ada orang yang menjadi besar dengan seketika atau tanpa bantuan orang lain. Hampir semua orang besar dan sukses memiliki mentor atau pendamping. Beberapa contohnya ialah Alexander The Great dimentori Aristoteles, Presiden Sukarno dimentori H.O.S Tjokroaminoto, George Soros dimentori Karl Popper, dan lain sebagainya.

Seorang mentor atau pendamping adalah orang yang akan memberikan nasihat atau jawaban ketika Anda bertanya. Bisa dikatakan bahwa The Mentor inilah yang menjadi guru Anda yang harus ditaati. Kepadanyalah Anda akan banyak membicarakan masalah-masalah utama dalam hidup.

Jika Anda ingin berkembang dalam bisnis, cobalah untuk berkumpul dengan orang-orang yang sudah terlebih dulu sukses dalam bidang bisnis. Dengan melakukan cara seperti ini, Anda akan lebih nyaman dan lebih efisien dalam membicarakan masalah-masalah teknis pekerjaan daripada harus berkonsultasi kepada konsultan bisnis. Mulailah untuk mengidentifikasi siapa saja orang yang sudah siap menjadi mentor Anda dari sekarang.

Baca juga: 5 Bisnis yang Akan Kalah Bersaing di Tahun 2016

 

  1. The Sidekick

the sidekick

Batman selalu bertempur lebih baik ketika bersama dengan Robin. Steve Jobs tidak akan mendirikan Apple tanpa Steve Wozniak. Albert Einstein tidak akan menjadi fisikawan yang kita kenal tanpa Michael Besso. Begitu pula dengan anda yang tidak bisa menggapai impian anda tanpa seorang “asisten yang setia”.

Poin utamanya ialah kita semua membutuhkan seseorang yang selalu berada di samping kita saat sedang berada di situasi sulit. Tetapi jika Anda tidak mampu mengidentifikasi siapa yang akan menjadi pendamping ketika sedang mendapatkan masalah, Anda tidak akan memiliki tempat bersandar ketika masalah besar terjadi.

Mulailah untuk mengidentifikasikan The Sidekick dalam hidup Anda. Jika sudah menemukannya, jangan lupa untuk memberikan apresiasi terhadapnya karena selama ini telah menemani Anda. Peranan The Sidekick dalam kesuksesan seseorang tidak bisa dianggap enteng, meskipun cukup banyak orang melupakan hal ini.

 

  1. The Connector

the connector

The Connector merupakan orang yang berfungsi sebagai jembatan antara diri Anda dengan The Mark seperti investor baru, rekanan bisnis, atau klien utama Anda. The Connector akan membuat segala sesuatunya bisa berubah secara ajaib. Jika ingin bisnis Anda menyebar dari mulut ke mulut, carilah seorang The Connector yang andal.

Dalam menjalankan bisnis, ingat tiga langkah ketika mempersuasi yaitu observasi, koneksi, dan pengaruh. Jagalah hubungan dengan The Connector, jangan sampai anda melupakan jasanya karena telah berhasil membawa brand Anda kepada tingkat yang lebih tinggi, yaitu ketika The Connector berhasil membawa Anda kepada deal bisnis bersama investor atau klien baru. Ketika bisnis sudah mencapai tahapan realisasi, The Connector adalah orang yang jasanya paling besar diantara yang lain.

Baca juga: 10 Taktik Pemasaran Tepat Sasaran yang Tak Menghabiskan Banyak Uang

 

  1. The Mark

the mark

Tipe The Mark ini adalah orang yang dapat mewujudkan keinginan Anda menjadi kenyataan. Tapi perlu diingat bahwa orang-orang yang masuk dalam kategori The Mark ini juga bisa mengatakan “Tidak” dan hal itu akan mempengaruhi kepercayaan diri Anda dalam melangkah.

Hampir setiap orang memiliki tipe orang seperti ini. Misalnya, bagi anda yang sudah berkeluarga maka suami atau istri anda adalah bagian dari orang-orang dari tipe The Mark ini.

Untuk mencapai tujuanmu terutama dalam bisnis, siapakah orang yang ingin sekali menyetujui rencana-rencana Anda? Apakah itu klien utama? Investor baru? Atau sesama pemilik usaha? Perjelaslah siapa yang dapat menyetujui tujuan atau keinginan Anda sehingga ide-ide Anda bisa terealisasi sesegera mungkin. (leo/editor: erlin)

Baca juga: 5 Cara Agar Konsumen Tertarik Membeli Produk Anda

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top