Economy and Business

5 Cara agar Konsumen Tertarik Membeli Produk Anda

Setiap penjual pasti ingin produknya dibeli dan setiap pembeli pasti ingin mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginannya. Lalu, bagaimana caranya menyatukan kepentingan kedua belah pihak?

Bagai dua sisi mata uang, konsumen bisa memberikan efek positif maupun efek negatif dalam sebuah bisnis. Jika kita bisa mengambil hati konsumen dan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka, hal-hal yang positiflah yang akan mereka berikan kepada kita. Sebaliknya, jika kita hanya memandang konsumen sebelah mata dan tidak memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen, niscaya bisnis kita pun tidak akan bertahan lama.

Tidak berlebihan rasanya jika ada ungkapan yang mengatakan bahwa “pembeli adalah raja”. Jika ingin bisnis kita bertahan lama, penanganan terhadap konsumen harus direncanakan secara matang. Agar konsumen tertarik membeli produk Anda, 5 cara ini wajib dilakukan:

  1. Temukan Keunikan Produk Anda

Gambar 550
Hal pertama yang harus dilakukan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang Anda jual ialah menentukan produk barang atau jasa yang akan dijual. Pehatikanlah hal-hal yang membuat produk Anda unik di mata konsumen. Gali keunikan dan ciri khas produk Anda yang tidak bisa ditemukan di produk lain, termasuk dari segi spesifikasi, segi tampilan, maupun hal lainnya.

Jangan lupa sampaikan juga tentang tujuan utama yang ingin dipenuhi oleh produk yang Anda jual. Apa yang bisa perusahaan Anda berikan disaat perusahaan lain tidak bisa memberikannya?

Konsumen adalah mereka yang mencari penawaran unik yang ditawarkan oleh perusahaan. Jangan hanya mengikuti arus dengan membuat produk atau jasa yang sama atau mirip dengan perusahaan lain. Cobalah untuk menciptakan sesuatu yang baru. Dengan memiliki keunikan sendiri yang tidak ada duanya, dijamin Anda akan memiliki konsumen setia nantinya.

  1. Teruslah Konsisten kepada Konsumen

Gambar 551
Siapa orang yang suka jika diberi informasi yang berbeda-beda? Dalam menyampaikan informasi kepada konsumen, konsistensi merupakan hal yang tak dapat dielakkan bila Anda ingin terus dipercaya oleh mereka. Jika perusahaan Anda sudah bisa konsisten dalam hal ini, perusahaan Anda perlahan-lahan akan dapat menjaring konsumen dengan lebih efektif.

Konsistensi informasi yang diberikan perusahaan juga bisa memberikan minat baru terhadap produk atau jasa sebagai produk yang Anda jual. Ketika Anda memungkinkan melakukan poin pertama ini, cobalah untuk mengeluarkan informasi berdasarkan rentang waktu tertentu.

 

  1. Gunakan Testimoni untuk Meningkatkan Reputasi

Gambar 552
Hal terbaik yang dapat membuat konsumen membeli produk yang Anda jual tanpa berpikir dua kali ialah word of mouth marketing yang kuat. Meskipun media sosial merupakan alat yang baik dalam online market, PR (Public Relations) juga memiliki peran penting dalam membantu menjangkau pasar lebih jauh.

Testimoni merupakan salah satu hal yang bisa dijadikan kampanye word of mouth marketing. Hubungi konsumen-konsumen Anda yang merasa puas dengan pelayanan perusahaan. Cobalah untuk meminta mereka mengulas produk atau jasa yang Anda jual.

Setelah mendapatkan testimoni dari para konsumen, Anda dapat menampilkan testimoni tersebut di dalam website, media sosial, atau bahkan dalam packaging produk. Testimonial dari para konsumen ini akan menghilangkan keragu-raguan ketika ingin membeli produk Anda sekaligus membuat kepercayaan mereka terhadap produk Anda meningkat, terlebih lagi bagi konsumen yang membeli produk Anda untuk pertama kali.

Tidak bisa dipungkiri bahwa di era digital ini, pendapat dalam testimoni sebuah produk merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena turut menentukan bagaimana produk Anda dilihat dan dipercaya oleh orang lain.

 

  1. Aturlah Strategi agar Produk Anda Mudah Dicari di Google

Hand drawing a game strategy with white chalk on a blackboard.


Di poin kelima ini anda mungkin akan lebih dihadapkan pada hal-hal yang bersifat teknis. Search Engine Optimization dan kata kunci merupakan dua aspek terpenting untuk membuat perusahaan anda mudah terlihat di Google.

Untuk membuat perusahaan anda mudah dicari di Google, gunakanlah kata-kata yang catchy dan frase yang kemungkinan besar akan diketik banyak orang di search engine dengan Google Keyword Planner. Apalagi jika perusahaan Anda juga mengeluarkan produk atau jasa tertentu, buatlah nama yang unik untuk produk atau paket jasa tersebut.

Anda bisa mempertajam pencarian dengan menggunakan media sosial. Dengan platform Twitter, Anda bisa menggunakan salah satu hashtag yang sedang menjadi trending topic untuk memberikan eksposure terhadap iklan online anda.

Baca juga : 6 Rahasia Melakukan Promosi Email Marketing yang Efektif

  1. Pahami Konsumen Anda 

Gambar 554
Memiliki pengalaman dengan berbagai macam konsumen dan pasar yang telah Anda pilih merupakan sebuah pengalaman berharga. Pasar yang berbeda membutuhkan perbedaan strategi pula. Membangun strategi pemasaran untuk menjangkau varian demografis yang lebih luas akan membuat hubungan Anda dan konsumen menjadi lebih personal.

Jika keakraban dengan konsumen telah terjalin, konsumen akan merasa nyaman dan hasil yang lebih konkret biasanya akan muncul, seperti keputusan untuk membeli barang kepada Anda. (leo/editor: erlin)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top