Economy and Business

Yuk, Jajal Bisnis Sewa Scissor Lift yang Menguntungkan ini!

scissor lift

Tidak banyak yang tahu jika bisnis sewa scissor lift berpotensi mendatangkan banyak keuntungan. Bagaimana tidak, alat ini biasa digunakan untuk menunjang kinerja logistik sebuah pabrik, perawatan gedung-gedung, dan beragam pekerjaan proyek lainnya. Karena memiliki peran yang sangat penting, maka tak heran jika alat ini banyak diburu oleh pegiat/pebisnis untuk menunjang kinerja mereka. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai peluang bisnis ini, yuk kenali terlebih dahulu apa itu scissor lift!

Apa itu scissor lift?

Scissor lift merupakan jenis platform angkat yang bisa mencapai ketinggian tertentu yang sulit dijangkau secara manual. Alat ini bekerja dengan mekanisme kerja gunting yang hanya bisa bergerak ke secara vertikal sehingga tidak memakan banyak tempat. Scissor lift telah dirancang untuk melakukan berbagai macam tugas seperti perawatan gedung bertingkat, proyek konstruksi, outlet, ritel, lingkungan pabrik, transportasi, dan juga di kantor-kantor.

Jenis-jenis scissor lift?

1. Manual

scissor lift

Jenis scissor lift yang pertama adalah jenis manual yang berfungsi untuk mengangkut serta memindahkan barang. Alat yang satu ini dioperasikan dengan proses pemompaan manual menggunakan tenaga hidrolik saat mengangkat beban. Scissor lift manual dapat mengangkat beban dengan ketinggian mencapai 2 meter.

2. Elektrik

scissor lift

Untuk jenis yang satu ini merupakan inovasi yang terbaru dari jenis manual. Scissor lift elektrik sudah dilengkapi oleh tenaga yang lebih modern menggunakan sistem hidrolik yang dioperasikan secara elektrik. Kapasitas beban yang dapat diangkut oleh alat ini mencapai 500 kg sampai hingga 4 ton dengan daya angkat yang cukup tinggi mulai dari 8-14 meter.

Kelebihan scissor lift?

1. Ideal untuk berbagai aplikasi yang berhubungan dengan akses ketinggian

Alat ini didesain sedemikian rupa untuk melakukan berbagai macam pekerjaan seperti perawatan gedung bertingkat, pusat perbelanjaan, proyek konstruksi, outlet ritel, perawatan ruang gallery, lingkungan pabrik, transportasi dan juga di kantor-kantor.

2. Ramping dan efisien

Dengan mekanisme gunting, memungkinkan alat ini untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya secara vertikal. Bentuknya yang memendek dan memanjang membuat pergerakan scissor lift dinilai lebih efisien karena tidak memakan banyak tempat. Sehingga, cocok digunakan untuk area yang sangat terbatas sekalipun.

3. Mampu mendeteksi kemiringan

Inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa scissor lift lebih digandrungi jika dibandingkan dengan alat angkut jenis lainnya. Ya, alat ini dapat meminimalisasi kecelakaan kerja karena sudah dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi kemiringan sehingga lebih aman ketika digunakan.

4. Lebih aman untuk digunakan

Scissor lift memang dirancang dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Alat ini sudah dilengkapi dengan rem, kunci keselamatan, tombol pemberhentian, dan juga alat deteksi yang mampi membuat alat ini perlahan kembali turun jika mendeteksi kerusakan atau ada sesuatu yang tidak beres. Kelebihan dari scissor lift lainnya adalah alat ini sudah dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi beban. Jika sensor beban mendeteksi kelebihan muatan, maka secara otomatis scissor lift ini tidak akan bergerak naik.

Baca juga: Peluang Bisnis Sewa Toilet Portable Yang Banyak Dicari Orang

Cara kerja scissor lift

scissor lift

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, scissor lift merupakan perangkat yang menggunakan mekanisme gunting untuk menaikkan barang atau orang dari posisi rendah ke yang lebih tinggi. Dilihat dari desainya, alat ini menggabungkan silinder hidrolik dan pompa bertenaga listrik untuk menjalankan mekanisme angkat gunting (pantograph). Scissor lift juga dapat didorong oleh sumber pneumatik, drive sekrup trapesium-threaded, rantai dorong atau pompa kaki hidrolik saat beban yang diangkat tidak terlalu berat.

Scissor lift ini setidaknya memiliki tiga komponen penting yaitu platform, tiang, pusat tombol (remote control).

  1. Platform berfungsi sebgai tempat pijakan operator serta objek yang dibawanya
  2. Tiang berfungsi sebagai penjangkau ketinggian yang diinginkan (menggunakan mekanisme gunting)
  3. Pusat kontrol berfungsi sebagai pengendali tangga elektrik agar dapat bergerak sebagaimana mestinya.

Tips mendapatkan supplier scissor lift

Mengingat scissor lift ini sangat aplikatif untuk menunjang segala kebutuhan, maka tidak heran jika bisnis jual dan sewa scissor lift pun banyak dicari. Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba peluang bisnis jual atau sewa scissor lift, maka alangkah lebih baik jika Anda mulai mencari supllier/distributor scissor lift yang menawarkan harga dan kualitas terbaik.

Jika Anda bingung mencari supplier dan distributor scissor lift terpercaya, cobalah untuk mengunjungi situs Indotrading. Di sini, Anda bisa dengan lebih mudah menemukan supplier/distributor scissor lift terdekat  karena sudah produk sudah dikategorisasi berdasarkan domisili supplier terdekat. Selain itu, kelebihan situs ini juga dapat  memanfaatkan tender pengadaan barang atau RFQ di Indotrading.com dengan sangat mudah.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top