Insight

Yakin Sudah Tahu Arti Kelima Warna Tempat Sampah Ini?

tempat sampah pilah

Apakah Anda seringkali melihat deretan warna-warni tempat sampah menghiasi taman-taman kota maupun pinggir jalan? Jika Anda belum tahu namanya, tempat sampah tersebut sering kali disebut dengan tempat sampah pilah. Ada yang berwarna Merah, Kuning, Hijau, Biru, bahkan ada yang berwarna Abu-abu. Eits, ternyata warna-warni ini dibuat bukan tanpa maksud, lho! Tempat sampah tersebut diberi bubuhan warna-warni untuk memudahkan proses pemilahan sampah.

Tiap negara, tentu memiliki sistem pemilahan dan pengolahan sampahnya tersendiri. Di Indonesia, umumnya tempat sampah pilah dibedakan menjadi 3 warna berbeda, yakni warna Merah, Kuning, dan Hijau. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada yang menggunakan tempat sampah 4 hingga 5 warna. Lalu, sudah tahukah kamu fungsi dari setiap warna di tempat sampah tersebut? Jika belum, yuk simak artikel berikut ini!

Warna Hijau

Tempat sampah berwarna hijau biasanya digunakan untuk menampung jenis sampah organik. Sampah organik sendiri merupakan jenis sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi), mudah terurai, dan dapat diolah kembali menjadi bahan yang lebih kecil atau disebut dengan kompos. Sampah organik biasanya terdiri dari sisa makanan, daun-daunan, dan sayur mayur, dan lain-lain.

Warna Kuning

Tempat sampah warna Kuning biasanya diperuntukkan bagi jenis sampah-sampah non-organik seperti kemasan plastik, kardus, kertas, karton, kaca, kaleng, serta Alumunium. Sampah non-organik ini kemudian akan didaur ulang dan dijadikan sebagai kerajinan.

Warna Merah

Nah, khusus untuk tempat sampah berwarna Merah, Anda bisa memasukkan sampah-sampah B3 (Bahan berbahaya dan Beracun) di dalamnya. Lalu, apa saja jenis sampah B3 itu? Jenis sampah ini di antaranya baterai bekas, elektronik bekas, semua limbah cair (termasuk oli dan minyak goreng bekas), limbah medis (termasuk obat-obatan, jarum suntik, obat nyamuk, dan lain sebagainya.

Warna Biru

Tempat sampah berwarna biru memang jarang terlihat di antara deretan warna-warni tempat sampah pilah. Namun, sebagian menggunakan tempat sampah biru untuk lebih mempermudah proses pemilahan sampah sebab jenis sampah yang terdapat dalam tong sampah berwarna biru adalah sampah-sampah kertas untuk didaur ulang menjadi kerajinan tangan.

Warna Abu-abu

Terakhir, tempat sampah Abu-abu. Biasanya, selain berwarna Abu-abu, jenis tempat sampah ini diberi label Residu. Artinya, tempat sampah ini diisi dengan sampah-sampah yang tidak termasuk ke dalam ke-empat kategori di atas.

Baca juga: Serba-serbi dan Fungsi Geotextile yang Perlu Kamu Anda Ketahui

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui fungsi dan manfaat tempat sampah pilah, bukan? Yuk, mulai membiasakan buang sampah pada tempat sampah dengan tepat sesuai dengan jenis sampahnya, ya!

To Top