Business Tips

Tips Mempermudah Proses Purchasing

Proses pemenuhan kebutuhan industri tergolong proses yang cukup melelahkan. Oleh karena itu dibentuk sebuah divisi yang khusus menangani proses pembelian. Proses pembelian barang dibutuhkan untuk menunjang produksi bagi industri dan sering juga untuk pemenuhan kebutuhan proses bisnis yang berjalan. Karena salah satu fungsinya adalah untuk menunjang produksi, maka pemenuhan kebutuhan barang menjadi salah satu proses yang krusial.

Selain krusial dari segi waktu pemenuhan agar produksi tetap berjalan dengan baik, proses purchasing juga diperlukan untuk membantu menekan biaya atau cost sebuah perusahaan. Semakin baik performa sebuah divisi purchasing atau procurement, perusahaan dapat melakukan penghematan finansial yang cukup lumayan. Kunci utama untuk bisa mendapatkan harga terbaik ad alah dengan mendapatkan lebih banyak supplier dengan tujuan agar kita dapat membandingkan harga dari beberapa supplier.

Untuk mendapatkan dan mengumpulkan list vendor memerlukan waktu yang cukup lama. Dan membutuhkan effort atau usaha yang tidak sedikit. Walaupun telah mendapatkan list vendor, tetapi ketersediaan barang dan fluktuasi harga sering harus dilakukan konfirmasi ulang. Proses pemenuhan kebutuhan sering menjadi sebuah tekanan terutama jika end user sangat membutuhkan barang tertentu untuk memenuhi deadline produksi. Deadine atau tenggat waktu, harga dan kontinuitas usaha anda akan berubah menjadi tekanan. Untuk menghindari tekanan dan membantu usaha atau pabrik tetap berjalan dan beroperasi dengan baik. Anda dan divisi procurement/purchasing membutuhkan supplier.

Bagaimana mencari supplier yang dapat memberikan penawaran yang berkualitas?

Indotrading.com menawarkan sebuah fitur aplikasi yang bernama RFQ atau sering juga dinamakan tender online. Fitur RFQ atau tender online ini menawarkan kemudahan bagi para purchasing untuk mendapatkan harga dari ratusan supplier yang telah bergabung dengan Indotrading. Hal ini memudahkan dalam artian pihak purchasing walaupun telah memiliki database supplier tersendiri, tetapi dengan menggunakan fitur RFQ, seorang purchasing bisa mendapatkan gambaran lebih luas akan jumlah supplier yang mungkin dapat melakukan fullfilment BOQ yang direquest end-user.

Bagaimana Indotrading.com dapat membantu purchasing melalui fitur RFQ atau tender online?

Indotrading.com dari awal adalah direktori bisnis terbesar di Indonesia. Sebagai direktori bisnis, Indotrading.com memiliki ribuan member supplier yang telah bergabung. System RFQ yang diluncurkan oleh Indotrading.com adalah system aplikasi tender online yang berfungsi untuk membantu para purchasing menghubungi para supplier secara massal untuk meminta penawaran harga dari para supplier. System ini dibangun dengan mengedepankan kemudahan mendapatkan harga penawaran dan memudahkan para buyer (purchasing) secara otomatis melalui system. Hal ini menghemat waktu purchasing meminta harga penawaran karena telah dibantu oleh system.

System menggunakan kata kunci – kata kunci produk yang diinput oleh pihak purchasing. Kemudian, kata kunci tersebut akan disesuaikan dengan data masing masing vendor yang telah menjadi member Indotrading.com, dan kemudian system akan menotifikasi para member bahwa ada permintaan penawaran dari pihak purchasing. Seluruh komunikasi dapat dimonitor melalui system member yang telah dirancang khusus untuk memudahkan setiap member.

Apa yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur RFQ?

Sebelumnya, anda diharapkan membuka sebuah akun sebagai media berkomunikasi dengan pihak penjual.

Untuk menggunakan system ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, harus ada penjual yang telah mendaftarkan produk yang anda cari. Hal ini dikarenakan proses ini hampir 80% telah diproses otomatis melalui system. System hanya dapat membaca data yang telah dimasukkan ke dalam database. Sehingga jika tidak ada penjual atau produk yang dicari maka system tidak akan dapat berjalan.

Kedua, dibutuhkan kerjasama antara penjual dan pembeli. System hanya mampu menghubungkan supplier dan buyer. Tetapi untuk transaksi selanjutnya, diperlukan interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Untuk hal ini, Indotrading.com telah menyediakan berbagai fitur aplikasi pendukung seperti chat dan lainnya. Semua ini dimaksud untuk memudahkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli.

Ketiga, dari pihak pembeli tetap dibutuhkan partisipasinya dalam memilah penawaran penawaran yang masuk. Seperti disebutkan sebelum purchasinnya, system membantu para buyer atau purchasing untuk mendapatkan lebih banyak informasi terutama harga atas produk barang tertentu, tetapi keputusan membeli dan memilih supplier tetap membutuhkan kemampuan analisa seorang purchasing untuk memilih dan melakukan negosiasi kepada pihak penjual.

Mengenal Aset Digital, yang Tak Kalah Penting dari Aset Real

Indotrading.com telah berevolusi dari hanya sebuah direktori bisnis hingga telah menjadi direktori bisnis utama di Indonesia. Selain itu, Indotrading.com telah melengkapi portalnya bukan hanya menjadi sebuah direktori bisnis saja. Melainkan juga telah melengkapinya dengan berbagai macam fitur yang mendukung bukan hanya para member penjual tetapi juga fitur fitur yang memudahkan member pembeli dalam melakukan bisnis.

Fitur Permintaan Penawaran atau RFQ Indotrading.com adalah salah satu contoh dimana Indotrading.com telah menunjukkan komitmennya membantu usaha para pelaku bisnis UMKM Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin