Digital Marketing

Tips Aman Bertansaksi Di Dunia Digital

Dunia digital dan perkembangannya telah merubah hampir semua aspek kehidupan manusia. Dunia digital telah merubah gaya hidup dan cara kerja manusia. Efisiensi dan efektifitas dalam beraktifitas dan menyelesaikan pekerjaan telah berhasil merubah dan memperbaiki banyak hal dalam kehidupan kita.

Kemudahan yang ditawarkan oleh dunia digital

– Mendekatkan jarak komunikasi

Sebagai makhluk sosial, manusia sangat tergantung dengan teknik sosialisasi yaitu komunikasi. Saat masalah komunikasi dapat dipecahkan dengan teknologi telpon, industri dan perekonomian dunia mulai beranjak naik dengan sangat pesat. Dimulai dari telpon kabel hingga sekarang ini yaitu telepon nirkabel. Cara pengiriman pesan melalui surat yang harus menunggu waktu pengiriman hingga saat ini yang hampir dapat dikatakan instan tanpa pandang jarak. Dunia digital telah merevolusi cara kita berkomunikasi

– Meningkatkan kemudahan beraktivitas

Dunia Digital telah membantu meningkatkan cara kita beraktivitas. Dengan hadirnya komputer, aktifitas manusia terasa lebih efektif. Komputer telah membantu menata data serta pengarsipan. Dengan penataan dan pengarsipan yang lebih baik, tata kelola kita dalam hampir seluruh aspek kehidupan juga lebih baik dan teratur. Dari pengarsipan data siswa, data kurikulum hingga data itinerary dan tiket perjalanan dapat terorganisir dengan baik.

– Memudahkan aktifitas perekonomian

Contoh paling dekat adalah dunia perbankan. Sebelum jaman digital. Seseorang harus hadir dan antri panjang untuk menarik maupun menyetor uang di akun masing masing. Tetapi dengan kemudahan yang ditawarkan oleh dunia digital, ATM telah tersedia. Evolusi terkini, pembayaran dapat dilakukan bahkan dari sofa ruang tamu anda menggunakan aplikasi di smartphone.

Sisi Lain dari Kemudahan Dunia Digital

Dari segala kemudahan yang disuguhkan, dunia digital juga memberikan kemudahan bagi pelaku tindak kejahatan. Berbagai macam tindak kejahatan penipuan sering dijumpai di dunia digital online.

Beberapa diantaranya adalah :

– Penipuan pencari tenaga kerja

Modus yang paling sering dipergunakan adalah memberikan iming iming posisi dengan gaji yang tinggi. Tetapi berhubung lokasi seleksi cukup jauh, para pencari kerja diharuskan menyetor sejumlah uang kepada penyedia lowongan untuk pengurusan tiket dan akomodasi.

– Penipuan Media Sosial

Modus ini masih sering ditemukan saat ini. Walaupun tidak selalu melibatkan nominal uang tetapi termasuk modus penipuan paling marak saat ini. Berbagai modus penipuan untuk berbagai kepentingan telah memaksa dikeluarkannya peratuan UU ITE.

– Penipuan Dunia Ecommerce

Modus yang paling sering dipergunakan adalah meminta transfer dana terlebih dahulu lalu barang akan dikirimkan. Tetapi dalam praktiknya, barang tidak pernah terkirim. Untuk mengantisipasi hal ini, banyak platform Ecommerce yang telah menyediakan layanan Rekening Bersama atau Escrow. Dengan fitur Rekening Bersama, setidaknya meminimalisir modus penipuan di dunia online

Tips Aman Bertransaksi di Dunia Digital

Yang dimaksud dengan bertransaksi dalam pembahasan ini adalah transaksi dalam perdagangan. Beberapa tips yang dapat anda jadikan acuan agar aman bertransaksi di dunia digital antara lain :

– Selalu bertransaksi di platform yang telah terpercaya

Platform seperti Indotrading.com merupakan platform yang telah menjadi kepercayaan selama bertahun tahun bagi para procurement. Kedua, Indotrading.com memiliki fitur Verified Seller. Fitur ini walaupun tidak dapat menjadi jaminan 100% bahwa Seller atau Penjual masih aktif berjualan tetapi fitur ini dapat menjadi acuan atau referensi bagi para pembeli untuk menghubungi hanya para penjual yang telah terpercaya.

– Selalu gunakan rekening bersama

Selain memilih platform yang terpercaya, cobalah menggunakan fitur rekening bersama. Dengan menggunakan fitur rekening bersama, seller dan buyer memiliki jaminan bertransaksi.

– Selalu jeli

Tidak adal salahnya anda melakukan konfirmasi dan bahkan jika diperlukan melakukan kunjungan untuk nilai transaksi yang besar. Jika anda meragukan lokasi penjual. Anda dapat selalu menggunakan fitur Google Maps untuk melihat lokasi walaupun hanya berupa gambar hasil foto. Coba telepon dan telusurin sosial media penjual untuk melihat dan menilai kredibilitas penjual. Begitu juga halnya dalam membaca berita di sosial media. Harap tetap jeli memilah sumber berita.

Semoga tips diatas dapat memberikan sedikit pencerahan. Walaupun demikian, selalu waspada terhadap modus-modus yang baru dan belum disebutkan diartikel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin